Technology

Universitas AMIKOM Yogyakarta dan AMD Selenggarakan Acara Teknologi AI

Universitas AMIKOM Yogyakarta dan AMD Selenggarakan Acara Teknologi AI

Di era digital saat ini, proses bisnis yang berjalan di segala sektor mulai dari manufaktur, kesehatan, pendidikan, hingga layanan publik tentu tak asing lagi dengan Artificial Intelligence (AI) sebagai salah satu pendorong dalam era transformasi industri. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi AI telah memberikan dampak signifikan tak terkecuali di Indonesia. Pada implementasinya, diperlukan integrasi proses bisnis dan sistem termasuk sumber daya dan teknologi sehingga transformasi AI pun menjadi optimal.

AI juga membawa manfaat bagi dunia pendidikan dan merupakan langkah awal yang penting baik bagi pengajar maupun siswa. Pemahaman sejak dini tentang AI dapat mengoptimalkan proses pembelajaran yang akan berdampak positif dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Latar belakang acara teknologi AMD bersama Universitas AMIKOM, Yogyakarta sebagai sebuah kesempatan melakukan sinergi khususnya dengan pihak universitas sebagai bagian dari komitmen AMD untuk turut serta berpartisipasi mendukung kualitas dari lulusan sumber daya manusia untuk mampu bersaing di tengah gempuran persaingan ketat saat ini.

Acara teknologi AMD ini menghadirkan nara sumber Brando Lubis selaku Commercial Lead AMD Indonesia dan Arief Setyanto, S.Si., MT, Ph.D.; Wakil Rektor 4 Bagian Kerja sama Nasional dan International dari Universitas AMIKOM, Yogyakarta. “Diharapkan nantinya, melalui yang terjalin, para lulusan TI (Teknologi Informasi) lebih siap terjun langsung dengan memberikan kontribusi nyata di Masyarakat,” ujar Brando (04/03/2024).

Universitas AMIKOM, Yogyakarta menjadi universitas pertama yang mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru, dengan platform AM5, fabrikasi 5nm dan menggunakan memory DDR5. Selain itu, AMIKOM juga telah menggunakan solusi PC Desktop terbaik bertenaga AMD Ryzen mulai tahun 2018 dengan standar PC yang digunakan untuk lab minimal prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lainnya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper. Hingga kini, total lebih dari 500 PC dari berbagai lab bertenaga prosesor AMD.

Brando menyampaikan bahwa AMD Indonesia mendukung peningkatan kualitas Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer di Indonesia khususnya implementasi teknologi yang sejalan dengan komitmen AMD untuk terus berinovasi, sehingga mampu mewujudkan sumber daya yang andal di bidangnya. Tentu hal tersebut memerlukan dukungan banyak pihak dimana salah satu nya menggandeng Universitas AMIKOM, Yogyakarta yang diharapkan dapat menjadi salah satu kampus terapan bagi kampus-kampus atau sekolah lain yang menekuni bidang Teknologi Informasi.

Terkait proses digitalisasi yang sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari tak lepas dari pengembangan teknologi kecerdasan buatan/AI untuk mengoptimalisasi proses pengambilan keputusan. Inovasi teknologi kecerdasan artifisial / AI dapat digunakan untuk mempercepat waktu beban kerja, memperluas jangkauan, dan bahkan penurunan biaya operasional yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan pengguna.

Ke depan, melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, AI tetap menjadi teknologi yang menarik dan menjanjikan untuk dapat diterapkan di berbagai bidang dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dan yang tak kalah penting adalah dengan mempersiapkan perangkat teknologi pendukung AI yang handal sehingga mampu memberikan kinerja optimal ditengah tuntutan beban komputasi yang tinggi pula.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved