Technology

AMD Pamerkan Ryzen PRO 7040 Series Mobile Terbaru dan Prosesor Server EPYC Generasi Keempat

AMD Pamerkan Ryzen PRO 7040 Series Mobile Terbaru dan Prosesor Server EPYC Generasi Keempat

AMD mendukung seluruh kebutuhan transformasi Artificial Intelligence (AI) dan data center di era digitalisasi. Hal ini salah satunya ditunjukkan dalam acara teknologi yang dihadirkan AMD bekerja sama dengan Universitas AMIKOM, Yogyakarta.

“Di ajang ini, AMD menampilkan teknologi prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile yang baru dan jajaran prosesor server EPYC Generasi Keempat dalam jajaran laptop premium dan mobile workstation Windows 11 kelas komersial bertenaga prosesor x86 paling canggih dan hemat daya untuk penggunaan bisnis,” jelas Brando Lubis, Commercial Lead AMD Indonesia (05/03/2024).

Dengan arsitektur Zen 4, grafis terintegrasi AMD RDNA 3, teknologi AMD PRO, dan RyzenTM AI pada model tertentu, prosesor Ryzen PRO 7040 Series dirancang untuk memenuhi permintaan pekerja modern. Selain itu, secara global AMD juga telah mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7000 Series untuk desktop, menghadirkan kekuatan grafis terintegrasi Zen 4 dan AMD RDNA 2 untuk pengguna desktop profesional.

AMD juga mempresentasikan kecanggihan dari CPU Server terbarunya secara lengkap sejalan dengan komitmen AMD untuk mendorong batasan dari apa yang mungkin dilakukan di data center, memberikan tingkat kinerja, efisiensi, dan skalabilitas baru. Kehadiran rangkaian prosesor AMD EPYC Generasi Keempat dapat disesuaikan kebutuhan pengguna untuk memberikan kinerja unggul dan terdepan dalam tujuan umum, cloud native, atau beban kerja komputasi teknis.

Terbarunya, AMD merilis prosesor AMD EPYC 8004 Series, melengkapi jajaran prosesor AMD EPYC Generasi Keempat yang dioptimalkan untuk masing-masing beban kerja. Prosesor baru ini menghadirkan core Zen 4c ke dalam CPU yang dirancang khusus, memungkinkan penyedia hardware untuk menciptakan platform yang hemat energi dan terdiferensiasi yang dapat mendukung aplikasi dari sisi kecerdasan, seperti ritel, manufaktur, dan telco, hingga ke data center untuk layanan cloud, penyimpanan dan lainnya.

Brando mengatakan, AMD juga menawarkan mesin AI Ryzen khusus untuk mempercepat beban kerja AI, bersama dengan teknologi AMD PRO untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan pengelolaan.

Di data center, EPYC Generasi Keempat terbaru dari AMD menawarkan rangkaian produk yang sesuai dengan kebutuhan beban kerja pelanggan yang berbeda-beda. Kepadatan core yang tinggi memungkinkan AMD EPYC Generasi Keempat untuk memberikan kinerja terdepan di industri, namun pada saat yang sama, berkat arsitektur Zen terbaru dan teknologi proses terdepan, AMD EPYC juga menawarkan efisiensi energi yang sangat baik sehingga menghasilkan solusi TCO yang menarik bagi para pengguna AMD.

Dibangun dengan teknologi 4nm di industri dan menampilkan hingga 8 core Zen 4 dan grafis terintegrasi RDNA 3, prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series memungkinkan tingkat kinerja dan efisiensi yang baik untuk aplikasi bisnis, dengan penawaran prosesor Ryzen 7 PRO 7840U peningkatan kinerja rata-rata 17% disbanding kompetitor x86.

Prosesor AMD Ryzen 7 PRO 7840U menawarkan kinerja CPU hingga 18% lebih tinggi dan ketahanan daya baterai hingga 15% lebih baik saat konferensi video, dibandingkan dengan prosesor Apple M2 Pro.

Untuk prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series tertentu menampilkan Ryzen AI, mesin AI terintegrasi pertama di dunia pada prosesor x86. Mesin AI ini merevolusi laptop bisnis dengan mengaktifkan pengalaman AI premium. Selain itu juga menawarkan pengalaman kolaborasi yang imersif pada platform seperti Microsoft Teams dan aplikasi konferensi video terkemuka lainnya. Ke depan, hal ini diharapkan membawa beragam keuntungan unik dalam kolaborasi generasi berikutnya, kreasi, produktivitas, UI prediktif, dan fitur keamanan bertenaga AI. Ryzen AI membantu melengkapi laptop tertentu untuk masa depan pekerjaan dengan AI.

“Sempurna untuk pengguna hybrid dan on-the-go saat ini, prosesor AMD Ryzen 7 PRO 7840U memberikan produktivitas canggih dan kolaborasi virtual, dengan kinerja per watt hingga 29% lebih baik dibandingkan dengan kompetitor saat menjalankan benchmark Procyon Overall dan secara bersamaan menggunakan Microsoft Teams. Selain itu, saat melakukan konferensi video di Microsoft Teams, prosesor Ryzen PRO 7840U menawarkan ketahanan daya baterai hingga 70% lebih lama dari kompetitor,” jelas Brando.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved