Ramadhan

Ramadan Dimanfaatkan Balai Kirti Gelar Jelajahi Tempat Bersejarah di Bogor

Ramadan Dimanfaatkan Balai Kirti Gelar Jelajahi Tempat Bersejarah di Bogor

Di bulan suci Ramadan ini, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, unit museum dari Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya atau Indonesian Heritage Agency yang saat ini bertanggung jawab atas pengelolaan 18 museum dan 34 situs cagar budaya nasional di Indonesia menyelenggarakan agenda walking tour berkolaborasi dengan Bogor Historical Walk.

Mengangkat tema ‘Kisah Keberagaman di Kota Bogor’, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti ajak para pecinta sejarah untuk menikmati momen ngabuburit bersama mengelilingi objek sejarah di Kota Bogor.

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, yang terletak di kawasan Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, merupakan museum yang mengabadikan, mengapresiasi, dan memperingati jejak kepemimpinan para Presiden RI. Diresmikan pada 18 Oktober 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, museum ini berfungsi sebagai sarana rekreasi dan edukasi bagi pengunjung untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah dan prestasi para pemimpin negara.

Melalui penyajian memorabilia yang atraktif, museum ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengapresiasi serta meneladani peran dan prestasi. Ketua Tim Museum dan Galeri MC Pustanto mengungkapkan, “Penyelenggaraan kegiatan Walking Tour ‘Kisah Keberagaman di Kota Bogor’ oleh Museum Kepresidenan RI Balai Kirti merupakan salah satu bentuk upaya mewujudkan komitmen IHA dalam menghadirkan museum yang inspiratif dan edukatif di Indonesia. Memanfaatkan momentum Ramadan, kami berharap kegiatan Walking Tour ini terus diselenggarakan sebagai bentuk inovasi program museum yang menarik dan dapat menarik minat generasi muda untuk mempelajari dan menghargai sejarah bangsa.”

Bekerja sama dengan Bogor Historical Walk yang merupakan komunitas penggemar sejarah dan aktif menyelenggarakan kegiatan walking tour untuk mengungkap kisah & sejarah Bogor, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti mengajak generasi muda untuk menjelajahi beberapa lokasi sejarah Kota Bogor dengan rute perjalanan dari titik kumpul di Lawang Suryakencana, dilanjutkan dengan perjalanan ke Vihara Dhanagun, lalu ke Kantor Pos Bogor dan Gereja Zebaoth, dan berakhir Museum Kepresidenan RI Balai Kirti. Agenda Walking Tour telah dilaksanakan pada Jumat, 15 Maret 2024 pukul 15.00 dan diikuti puluhan peserta secara gratis.

Penanggung Jawab Unit Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Linda Siagian menyampaikan, “Kami mengapresiasi kepada pihak-pihak yang terlibat, khususnya komunitas penggemar sejarah BHW yang telah berkolaborasi bersama kami menyelenggarakan agenda walking tour untuk mengisi waktu ngabuburit bersama para pecinta sejarah. Ke depan, event dan kolaborasi tidak berhenti di sini dan akan dilanjutkan demi menghadirkan program dan layanan yang inovatif untuk para anak muda yang tertarik untuk mengetahui dan mempelajari sejarah”.

Menurutnya, Balai Kirti juga memiliki koleksi dan informasi penting terkait dengan karya dan prestasi enam presiden yang terangkum dalam enam klaster juga terdapat Perpustakaan Kepresidenan yang menyimpan buku koleksi presiden ataupun buku mengenai kepresidenan. Perpustakaan ini dibangun dengan memprioritaskan kenyamanan publik, sehingga dapat dimanfaatkan pengunjung untuk membaca dan juga melakukan penelitian.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved