Trends

Pengguna Kredivo Naik 20 Kali Lipat dalam 5 Tahun Terakhir

Pengguna Kredivo Naik  20 Kali Lipat dalam 5 Tahun Terakhir
(Ki-Ka) Nailul Huda, Direktur Ekonomi Digital CELIOS, dan Indina Andamari, SVP Marketing & Communications Kredivo (Foto: Dok. Kredivo)

Popularitas paylater sebagai salah satu layanan keuangan digital terus mengalami perkembangan pesat. Popularitas paylater, di antaranya didorong oleh ketimpangan penetrasi akses kredit diiringi cepatnya adopsi digital serta kemudahan akses dan fleksibilitas pembayaran yang ditawarkan oleh paylater.

Pertumbuhan ini juga dirasakan oleh Kredivo sebagai pelopor penyedia layanan paylater yang memiliki lisensi multifinance. Tercatat, jumlah pengguna Kredivo mengalami peningkatan hingga 20 kali lipat dalam 5 tahun terakhir dengan total jumlah dan nilai transaksi juga meningkat masing-masing hingga 58,59% (CAGR) dan 78.42% (CAGR) dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

“Pertumbuhan jumlah pengguna maupun transaksi Kredivo menunjukkan tingginya animo masyarakat terhadap paylater. Di lain sisi, masih banyak mispersepsi yang berkembang mengenai paylater. Paylater seringkali dianggap sebagai pinjaman online (pinjol) atau fintech P2P lending, alih-alih sebagai alat pembayaran. Hal ini tentunya dapat berpotensi mempengaruhi perkembangan industri paylater yang tengah tumbuh menjanjikan”, ujar Indina Andamari, SVP Marketing & Communications Kredivo.

Kondisi ini mendorong Kredivo untuk gencar melakukan edukasi mengenai paylater termasuk juga penggunaannya yang perlu dilakukan secara bijak. “Kami berharap literasi keuangan dan popularitas paylater berkembang beriringan sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat dan dampak optimal dari akses yang dihadirkan oleh layanan paylater dari Kredivo,” lanjut Indina.

Temuan dari riset yang dilakukan oleh Kredivo dan Katadata Insight Center menunjukkan bahwa sebanyak 56,8% pengguna paylater menggunakan layanan ini untuk membayar kebutuhan bulanan dengan cicilan tenor kurang dari 1 tahun, sementara 52,1% menggunakannya untuk keperluan yang mendesak. Selain itu, penggunaan paylater tidak lagi terbatas pada merchant online saja, tapi juga telah merambah ke merchant offline. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah transaksi di merchant offline Kredivo pada tahun 2023 tumbuh hingga 2 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Nailul Huda, Direktur Ekonomi Digital CELIOS, mengatakan, paylater kini telah menjadi salah satu layanan pembiayaan digital dengan potensi yang menjanjikan, seiring dengan masih tingginya kebutuhan masyarakat akan akses kredit yang mudah dan aman. Namun demikian, edukasi mengenai penggunaan paylater masih perlu ditingkatkan, terutama dalam memahami manfaat, tanggung jawab, serta risiko dari paylater.

“Dampak paylater juga sangat tergantung dari penggunaannya. Jika digunakan dengan bijak, Paylater dapat membantu dalam mengatur cash flow dan memenuhi berbagai kebutuhan, bahkan membantu meningkatkan skor kredit. Jika tidak dikelola dengan baik, layaknya inovasi layanan keuangan pada umumnya, penggunaan paylater bisa berdampak negatif, termasuk potensi kredit macet hingga penurunan skor kredit. Akibatnya, pengguna tidak dapat mengakses layanan pembiayaan lembaga jasa keuangan lainnya. Oleh karena itu, kesadaran dari pengguna menjadi kunci utama,” ungkap Nailul Huda.

Apa saja hal yang harus diperhatikan pengguna supaya dapat mengoptimalkan manfaat dari Paylater? Tips penting dari Kredivo, posisikan paylater sebagai alat pembayaran bukan alat berhutang; sadar akan kemampuan finansial sebelum menggunakan paylater; ingat, perhitungkan bunga dan biaya layanan yang dikenakan penyedia paylater; dan gunakan paylater untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan skala prioritas.

Hingga saat ini, Kredivo telah melaksanakan berbagai inisiatif edukasi, termasuk kampanye kreatif seperti #AutoMikir dan Generasi Djempolan yang berhasil menyasar ribuan masyarakat di belasan kota di Indonesia. Dalam waktu dekat, Kredivo juga akan meluncurkan kampanye khusus untuk mengedukasi aspek positif dan negatif dari penggunaan paylater.

“Sedangkan dari sisi produk, Kredivo juga terus menerapkan praktik responsible lending, dengan melakukan seleksi ketat terhadap calon pengguna dan memberikan limit kredit yang sesuai dengan kemampuan pembayaran masing-masing pengguna. Kami optimis dengan dukungan edukasi yang baik, ke depan paylater dapat terus berkembang menjadi solusi pembayaran digital favorit masyarakat,” tutur Indina.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved