Management

JLL Indonesia Raih Sertifikasi WELL Platinum Pertama untuk Tempat Kerja

JLL Indonesia Raih Sertifikasi WELL Platinum Pertama untuk Tempat Kerja

Perusahaan real estate komersial dan manajemen investasi global, JLL mengumumkan bahwa kantor JLL Indonesia menjadi tempat kerja pertama yang berhasil meraih sertifikasi WELL Platinum di Indonesia. Sebagai akreditasi dengan predikat tertinggi yang dikeluarkan oleh Green Business Certification Inc. (GBCI), JLL Indonesia dinilai telah memprioritaskan kesejahteraan karyawan serta memupuk budaya keberlanjutan di tempat kerjanya.

Farazia Basarah, Country Head JLL Indonesia mengatakan, pencapaian ini menunjukkan kesungguhan pihaknya untuk membangun lingkungan berkelanjutan yang tidak hanya inklusif dan memenuhi standar industri, tetapi juga melebihi standar yang ada selama ini.

"Meraih sertifikasi WELL Platinum merupakan momen yang membanggakan bagi kami. Ini juga menegaskan komitmen kami untuk menciptakan lingkungan yang mengutamakan kesehatan dan kesejahteraan seluruh karyawan. Dan juga merupakan bukti nyata kerja keras dan kontribusi kami untuk menaikkan standar kesejahteraan tempat kerja di Indonesia," ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (22/03/2024).

Sertifikasi WELL secara ketat menilai fitur-fitur bangunan yang memiliki dampak bagi kesehatan, meliputi kelayakan kualitas udara dan air, ketersediaan makanan sehat, kapasitas pencahayaan, dan kesehatan mental. JLL Indonesia dinilai berhasil melampaui standar persyaratan dengan memprioritaskan kesejahteraan karyawan sehingga menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan nyaman.

Adapun sejumlah inisiatif utama yang dilakukan JLL Indonesia untuk mencapai standar sertifikasi WELL di antaranya kantor JLL Indonesia menggunakan teknologi IAQ untuk memonitor variabel kualitas udara, meliputi suhu, kelembaban, serta kadar CO2 dan VOC. Hal ini memungkinkan identifikasi dan optimalisasi kualitas udara dalam ruangan secara cepat guna memastikan lingkungan dalam ruang yang lebih sehat.

Kemudian tersedianya titik-titik penyediaan air minum (hydration points) yang ditempatkan secara strategis di seluruh sudut kantor JLL Indonesia guna menghindari karyawan mengalami dehidrasi. Kantor JLL Indonesia juga menawarkan dapur dan ruang makan khusus yang dengan mudah diakses oleh karyawan. Selain itu, budaya hidup sehat diterapkan dengan menyediakan buah-buahan segar setiap minggu.

Dari sisi pencahayaan, kantor ini didesain secara cermat dengan memaksimalkan cahaya alami demi meningkatkan produktivitas dan kenyamanan karyawan. Area kerja (workstations) dapat dengan mudah diubah untuk menyesuaikan postur, preferensi, serta berbagai gaya kerja dan projek sembari mendorong terciptanya lingkungan kerja yang inklusif dan dinamis.

Adanya sistem kontrol suhu individual memungkinkan karyawan untuk mempersonalisasi tingkat kenyamanan mereka dalam zona termal yang ditentukan. Material bangunan dipilih secara strategis berdasarkan prioritas akan kenyamanan akustik sehingga menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan fokus dengan tingkat kebisingan yang minimal.

Menurut Farazia, kantor JLL Indonesia juga menggunakan material rendah VOC guna meminimalkan dampak negatif terhadap kualitas udara dan kesehatan karyawan. Tanaman hijau terintegrasi di seluruh area kerja sehingga mampu meningkatkan kualitas udara, dan menciptakan ruangan yang menarik secara visual. JLL Indonesia juga menawarkan program kesehatan yang komprehensif untuk kesejahteraan karyawan.

"Kami juga turut merayakan keragaman budaya nasional melalui mural ikon daerah serta tarian tradisional, dan menamai ruang pertemuan dengan kota-kota di Indonesia," tambahnya.

Selain meraih sertifikasi WELL, tahun lalu, kantor JLL Indonesia telah menerima sertifikasi Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) Gold. Pengakuan ganda ini menguatkan komitmen JLL terhadap aspek keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan karena bagi JLL, memprioritaskan tempat kerja ramah lingkungan tidak hanya tentang mendorong keberlanjutan, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan karyawan.

"Melalui desain interior inovatif, penerapan sistem kontrol pencahayaan pintar, dan integrasi peralatan berperingkat EnergyStar, kantor JLL Indonesia telah berhasil mengurangi konsumsi energi sebesar 32,2%. Penerapan fitur sensor otomatis mampu mengurangi konsumsi air hingga 25,37%. Pengurangan konsumsi energi dan air ini menunjukkan dedikasi JLL dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan," ungkap Farazia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved