Marketing

Cara Tingkatkan Penjualan Saat Ramadan di Tokopedia dan Tiktok

Cara Tingkatkan Penjualan Saat Ramadan di Tokopedia dan Tiktok

Ramadan menjadi berkah bagi para UMKM. Biasanya, barang-barang tertentu laris manis diburu pembeli. Pada minggu pertama puasa (11-17 Maret 2024), terdapat sejumlah produk yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan di aplikasi maupun website Tokopedia dan platform Tiktok Shop.

Pada platform Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, produk baju Muslim wanita, skincare dan atasan wanita mengalami peningkatan transaksi 1,4 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024. Sedangkan di Tokopedia, produk hadiah, fashion Muslim serta daging dan seafood mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 5 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.

“Kenaikan transaksi pada sejumlah produk tersebut menandakan bulan Ramadan menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM untuk semakin meningkatkan penjualan. Tokopedia bersama TikTok pun membagikan lima tips meningkatkan penjualan di bulan puasa untuk para pelaku UMKM loka,” kata Head of Communications Tokopedia,Aditia Grasio Nelwan, Jumat (22/03/2024).

1. Membuat bundling produk

Strategi bundling produk bisa meningkatkan penjualan dan dapat diterapkan UMKM khususnya yang berjualan produk kebutuhan sehari-hari atau Fast Moving Consumer Good (FMCG). Pelaku usaha disarankan menggabungkan maksimal tiga produk dan menambahkan diskon khusus agar menarik minat calon pembeli.

“Pelaku UMKM bisa memanfaatkan fitur paket bundling di Tokopedia maupun Tiktok Shop. Agar makin dilirik calon pembeli, gunakan nama unik yang identik dengan Ramadan, misalnya, paket beduk yang berisi produk yang berkaitan dengan buka puasa, seperti teh celup, gula pasir dan kurma,” ujar Aditia.

2. Buat hampers spesial Ramadan

Menjelang Idulfitri, masyarakat biasanya saling berkirim hampers untuk kerabat atau teman. Ini adalah kesempatan bagus bagi pelaku usaha di Tokopedia dan Tiktok Shop pada aplikasi TikTok untuk menaikkan penjualan dengan cara membuat hampers edisi spesial Ramadan.

“Lakukan penamaan produk secara tepat dengan memakai kata kunci yang paling banyak dicari pembeli. Rekomendasi kata kunci untuk berjualan hampers, antara lain hampers, hadiah, gift, kado, parcel,” ungkapnya.

3. Kolaborasi dengan KOL yang relevan

Pemilihan Key Opinion Leader (KOL) untuk mendukung strategi marketing atau sales sebaiknya disesuaikan dengan anggaran dan objektif penjual. Jika penjual punya anggaran besar dan ingin meningkatkan brand awareness di tengah masyarakat luas, maka penjual bisa berkolaborasi bersama KOL dengan ratusan ribu hingga jutaan pengikut yang relevan dengan produk penjual.

Namun jika penjual ingin menyasar calon pembeli yang lebih niche, Nano KOL dengan pengikut 1.000-10.000 bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau. Salah satu fitur Tokopedia yang dapat membantu penjual berkolaborasi dengan Nano KOL atau Tokopedia Affiliate adalah Dipromosikan Affiliate.

“Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate. Di sisi lain, penjual di Tiktok SHop juga dapat bekerja sama dengan affiliate creator yang sudah terdaftar di TikTok,” katanya.

4. Lakukan live streaming

Untuk menjangkau target audiens yang tepat, pelaku usaha dapat memanfaatkan fitur live shopping di Tiktok Shop. Beberapa tips untuk memastikan live tersebut menarik untuk pengguna antara lain pastikan untuk selalu menyambut audiens baru, menjaga konten tetap menarik, dan meningkatkan waktu tayang live dan mendorong pembeli. Pelaku usaha juga dapat menyerukan promosi terus-menerus karena selalu ada penonton baru di ruang live.

5. Terapkan strategi pasang iklan

Penjual bisa memanfaatkan solusi pemasaran komprehensif Tokopedia Marketing Solutions, salah satunya fitur beriklan TopAds. Agar produk tampil di hasil pencarian teratas, penjual bisa mengaktifkan biaya iklan otomatis agar anggaran dan kata kunci diatur secara otomatis oleh sistem TopAds dengan tingkat relevansi terbaik.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved