Technology

IOH Siap Integrasikan Platform AI NVIDIA Blackwell ke Infrastrukturnya

IOH Siap Integrasikan Platform AI NVIDIA Blackwell ke Infrastrukturnya

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Group bersiap mengintegrasikan platform NVIDIA Blackwell ke dalam infrastrukturnya, dengan tujuan memberdayakan Indonesia ke era baru kemajuan teknologi berbasis kedaulatan AI. Adopsi platform NVIDIA Blackwell akan mendorong pemanfaatan AI dan machine learning di Indonesia. Dengan teknologi transformatif platform Blackwell, Indosat siap membawa inovasi dalam layanan AI cloud di Indonesia.

President Director and Chief Executive Officer IOH Vikram Sinha menyatakan, integrasi produk NVIDIA Blackwell ke dalam infrastruktur perusahaan menegaskan komitmen terhadap kemajuan teknologi dan kedaulatan nasional. “Dengan teknologi Blackwell, IOH satu langkah lebih dekat ke tujuan besar dalam memberdayakan Indonesia dan memimpin perubahan dalam kedaulatan AI, mendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan kemakmuran bagi generasi mendatang,” katanya dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Ronnie Vasishta, Senior Vice President Telecom NVIDIA mengatakan kedaulatan AI semakin menjadi perhatian utama bagi negara-negara yang ingin mengakselerasi inovasi dan meningkatkan produktivitas. Dengan mengintegrasikan platform Blackwell, IOH siap untuk mengembangkan bisnisnya lebih jauh dan mendorong pengembangan Large Language Model yang akan membantu memberdayakan Indonesia dengan AI generatif.

Melalui integrasi platform NVIDIA Blackwell ke dalam infrastrukturnya, Indosat memberdayakan ekosistem bisnis dan mempersiapkan dasar bagi Indonesia untuk sebagai pemimpin global dalam kedaulatan AI. Dengan memanfaatkan kekuatan pemrosesan platform Blackwell NVIDIA, IOH dapat membuka peluang baru, membantu bisnis di berbagai industri memanfaatkan potensi penuh AI dan machine learning sebagai pendorong produktivitas, efisiensi, dan inovasi.

Indosat akan memanfaatkan GPU Tensor Core NVIDIA berbasis platform Blackwell, untuk memberikan percepatan besar pada beban kerja inferensi, memungkinkan kinerja real-time untuk model bahasa multitriliun-parameter yang membutuhkan sumber daya besar. Selain itu, GPU Tensor Core NVIDIA, yang mencakup DPU NVIDIA BlueField-3, akan memungkinkan percepatan jaringan cloud, composable storage, keamanan zero-trust, dan elastisitas komputasi GPU di hyperscale AI clouds.

GPU Tensor Core NVIDIA, juga berbasis platform Blackwell, akan tersedia di NVIDIA DGX Cloud. Layanan super komputasi AI ini memberikan akses langsung kepada perusahaan untuk infrastruktur dan perangkat lunak yang diperlukan untuk melatih model AI generatif yang canggih.

Indosat pertama kali mengumumkan kolaborasi strategisnya dengan NVIDIA di Mobile World Congress 2024, pada bulan Februari. “Dengan platform NVIDIA Blackwell, Indosat siap untuk membuka potensi penuh AI dan machine learning, serta membantu membuka jalan bagi Indonesia untuk menegaskan dirinya sebagai kekuatan global dalam era baru kedaulatan AI,” ujar Vikram.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved