Capital Market & Investment

BTN (BBTN) Merilis BTN Prospera, Bidik Nasabah Berduit Rp 100-500 Juta

Bank Tabungan Negara meluncurkan BTN Prospera di Jakarta pada Jumat, 22 Maret 2024. (Foto: BTN).

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN meluncurkan BTN Prospera, sebuah layanan eksklusif dan komprehensif untuk mendukung nasabah segmen emerging affluent guna mencapai aspirasi keuangan serta memenuhi kebutuhan gaya hidup nasabah di segmen ini. Mengusung brand promise bertajuk Unlocking Your Potential, perseroan berinisiatif meningkatkan layanan dan kebutuhan nasabah untuk membangun kekayaan secara berkelanjutan seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Jasmin, Direktur Distribution and Institutional Funding BTN, mengatakan perseroan menghadirkan layanan BTN Prospera untuk nasabah segmen emerging affluent, yang memiliki dana simpanan sekitar Rp100 juta hingga Rp 500 juta. Layanan BTN

Prospera diharapkan menjadi batu loncatan bagi para nasabah menuju segmen lanjutan yakni BTN Prioritas, yang merupakan kategori untuk nasabah pemilik dana dengan nilai di atas Rp 500 juta. “Kami memahami dan mengerti bahwa setiap individu memiliki kesempatan dan potensi yang luar biasa, yang perlu diwujudkan dan diselaraskan dengan kebutuhan masing-masing dari mereka. BTN Prospera hadir dengan solusi perbankan dan keuangan yang tepat untuk membantu nasabah dalam mengoptimalkan kekayaan secara jangka panjang,” ujar Jasmin pada peluncuran BTN Prospera di Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Berdasarkan survei Hakuhodo Institute of Live and Living (Hill) ASEAN pada 2023, 10% dari populasi di kawasan ASEAN merupakan segmen emerging affluent, dan 9% dari total populasi Indonesia masuk dalam kategori tersebut. Survei tersebut memperkirakan, masyarakat segmen emerging affluent akan bertumbuh tiga kali lipat pada tahun 2023 dan 2024.

Dengan potensi yang besar tersebut, Jasmin menargetkan BTN Prospera bisa mendorong pertumbuhan dana porotfolio nasabah BTN Prospera dan membidik nasabah baru lebih dari 6.000 nasabah dengan total target pertumbuhan dana mencapai Rp 8 triliun hingga akhir tahun ini. Saat ini, jumlah nasabah BTN yang memiliki dana kelolaan antara Rp 100 juta hingga Rp 500 juta mencapai lebih dari 44.000 nasabah dengan nilai dana kelolaan mencapai lebih dari Rp 9 triliun. “Kami optimistis target tersebut bisa dicapai dengan berbagai strategi yang perseroan terapkan ditambah potensi nasabah yang masih bisa dibidik masih sangat besar di Indonesia,” jelas Jasmin.

Emiten bank yang sahamnya bersandi BBTN ini akan melakukan beberapa hal untuk mencapai target itu, diantaranya melakukan pelatihan terhadap 128 Prospera Banking Officer (PBO) di seluruh cabang BTN. Perseroan juga akan melakukan penawaran BTN Prospera melalui ekosistem bisnis dan optimalisasi telemarketing dalam menawarkan produk bank dan layanan BTN Prospera. “Yang tidak kalah pentingnya adalah benefit yang ditawarkan BTN Prospera sangat banyak. Kami memahami dan mengerti bahwa setiap individu memiliki kesempatan dan potensi yang luar biasa, yang perlu diwujudkan dan diselaraskan dengan kebutuhan masing-masing dari mereka. BTN Prospera hadir dengan solusi perbankan dan keuangan yang tepat untuk membantu nasabah dalam mengoptimalkan kekayaan secara jangka panjang,” katanya.

Benefit yang ditawarkan BTN Prospera berbasis pada tiga keistimewaan untuk mengelola potensi yang besar dari setiap nasabah sesuai pribadi mereka, yakni pertumbuhan kekayaan (wealth growth), stabilitas keuangan (financial stability), dan pemenuhan gaya hidup serta manfaat loyalitas (lifestyle and loyalty). Pada wealth growth, nasabah dapat menikmati berbagai macam solusi produk dan transaksi perbankan yang dapat mengoptimalkan kekayaan.

Terkait financial stability, BTN berupaya memprioritaskan kebutuhan hari tua nasabah dan mengutamakan kenyamanan keluarga mereka. Sedangkan terkait lifestyle and loyalty, perseroan memberikan layanan bertransaksi yang cepat dan mudah, serta manfaat loyalitas untuk memenuhi gaya hidup yang disesuaikan dengan pribadi masing-masing nasabah. “Nama Prospera ini mengandung unsur kata sejahtera atau prosperity, yang bermakna bahwa BTN mendukung nasabah tidak hanya dalam mencapai kekayaan materi, tetapi juga melibatkan keseimbangan hidup dan kebahagiaan melalui berbagai macam tujuan finansial nasabah,” tegas Jasmin.

Lebih lanjut, Jasmin mengatakan, inisiatif BTN Prospera merupakan salah satu upaya strategis perseroan dalam meningkatkan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), yang hingga akhir tahun 2023 telah mencapai Rp 349,93 triliun. Selain itu, dengan adanya BTN Prospera, perseroan berharap inisiatif ini dapat turut mendorong peningkatan fee based income (FBI) dan penyaluran kredit perseroan. Dengan begitu, lanjut Jasmin, BTN dapat menjadi bank penyedia solusi keuangan satu atap (One Stop Financial Solution) para nasabah.

Beragam Layanan & Produk

Nasabah BTN Prospera dapat menikmati beragam produk dan layanan perbankan dan keuangan yang tersedia di BTN secara eksklusif, baik secara offline maupun digital. Sebagai contoh, nasabah akan mendapatkan layanan eksklusif dari 128 Prospera Banking Officer (PBO) yang tersedia di 81 Kantor Cabang dan 541 Kantor Cabang Pembantu di seluruh Indonesia. Para PBO siap memberikan pendampingan untuk bisnis dan pengelolaan kekayaan (business & wealth advisory) nasabah. Tidak hanya itu, nasabah akan mendapatkan berbagai infomasi terkini mengenai pengembangan bisnis dan investasi melalui layanan business corner, e-booklet, dan saran lainnya.

Nasabah BTN Prospera dapat mengakses berbagai fitur dan layanan melalui kanal digital BTN, contohnya BTN Mobile dan Internet Banking Business. Sebagai bentuk apresiasi bagi kesetiaan nasabah, BTN memberikan manfaat loyalty melalui BTN Spekta Poin dan Plus Loyalty Platform.“Untuk menunjang gaya hidup nasabah, BTN memberikan sejumlah manfaat yang menarik untuk bertransaksi perbankan, yakni di antaranya kartu debit, kartu kredit co-branding dan layanan pinjaman lainnya yang akan diluncurkan segera, serta layanan eksklusif di lounge bandara,” ucap Jasmin.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved