Best CEO

Inklusivitas dan Budaya Kolaborasi jadi Strategi BAT Indonesia Akselerasi Transformasi Bisnis

Oleh Editor
Inklusivitas dan Budaya Kolaborasi jadi Strategi BAT Indonesia Akselerasi Transformasi Bisnis

Presiden Direktur BAT (British American Tobacco) Indonesia, William Lumentut, baru saja terpilih sebagai salah satu penerima penghargaan Indonesia Best CEO 2023 yang diadakan oleh SWA Media Group. Penghargaan Best CEO tersebut dinilai dari empat aspek utama yakni: Inspire Trust, Create Vision, Execute Strategy, dan Coach Potential. Dalam wawancaranya bersama SWA, salah satu yang menjadi fokus William dalam mempercepat transformasi bisnis BAT Indonesia adalah menciptakan organisasi yang lebih terbuka dan minim hirarki. Lantas, bagaimana lingkungan kerja di BAT Indonesia saat ini?

Seiring dengan transformasi bisnis perusahaan untuk menjadi perusahaan multi-kategori dan mewujudkan visi A Better Tomorrow™, BAT Indonesia juga mempromosikan cara kerja baru yang lebih kolaboratif dan inklusif bagi semua karyawan, salah satunya diwujudkan dengan renovasi ruang kerja baik di Jakarta maupun Malang. Terinspirasi dari semangat baru pasca pandemi Covid-19, kantor baru BAT Indonesia yang selesai direnovasi pada awal tahun 2022 mengusung konsep kolaborasi. BAT Indonesia membangun berbagai fasilitas kerja yang mendukung produktifitas setiap karyawan. Dengan tiga nilai utama; collaborative, intimate, dan energizing, perusahaan ini menerapkan cara kerja yang gesit untuk mencapai organisasi yang lebih kuat, cepat, dan efisien dengan menjunjung nilai inklusivitas.

Untuk mendukung kolaborasi yang lebih cepat, kantor BAT Indonesia mengusung konsep open-space dengan pengaturan meja kerja yang fleksibel (flexible seating arrangement). Tidak ada lagi kubikel dengan dinding penyekat sehingga karyawan dapat berinteraksi dengan mudah. Selain itu, karyawan juga dapat duduk di manapun (first come first get) dan dapat berganti tempat duduk setiap harinya. Hal ini tentunya akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih dinamis, kolaboratif dan inklusif. Selain itu, kantor BAT Indonesia juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung kolaborasi seperti collaboration table yang tesebar di berbagai sudut kantor, focus room yang berjumlah lebih dari 10 ruang dengan tema pulau-pulau eksotis di Indonesia, snack corner yang juga dapat dipakai untuk ruang diskusi, serta meeting room terbuka yang dilengkapi dengan monitor dan glassboard.

Selain itu, guna mendukung well-being karyawan, BAT Indonesia menyediakan berbagai fasilitas tambahan seperti coffee shop, moms corner untuk ruang laktasi, GWS room yang dapat dipakai sebagai tempat istirahat dan chillax room yang dilengkapi dengan kursi pijat hingga konsol permainan yang dapat digunakan saat waktu senggang. Ditambah, setiap karyawan juga dapat menikmati fasilitas gym gratis yang terletak di gedung yang sama.

Dari sisi kebijakan, perusahaan juga menyediakan berbagai fasilitas seperti paternity leave selama 5 hari, Employee Assistance Program yang menyediakan jasa konsultasi psikolog, pengaturan keuangan dan nutritionist, serta Sports Club yang memberikan dukungan berbagai olahraga seperti badminton, futsal, tennis, basket, Zumba dan yoga.

Jonathan Sembiring, Direktur HR & Inklusi BAT Indonesia mengatakan bahwa transformasi bisnis perlu diiringi dengan transformasi cara kerja.“Sejalan dengan transformasi bisnis yang begitu cepat, kami merasa bahwa cara kami bekerja juga harus bertransformasi. Kami percaya bahwa talenta merupakan salah satu aset terpenting dari perusahaan, oleh karena itu, kami berusaha untuk menciptakan tempat kerja terbaik yang mendorong karyawan untuk berkolaborasi, belajar, serta berinovasi. Ruang kerja yang dinamis hingga kebijakan internal kami susun sedemikan rupa untuk mendukung terciptanya budaya dan lingkungan kerja yang positif agar karyawan dapat tumbuh bersama perusahaan.” Tutur Jonathan.

Ia menambahkan bahwa walaupun kantor telah dirancang sedemikian rupa agar karyawan dapat bekerja secara produktif di kantor, Perusahaan masih memberikan kesempatan karyawan untuk bekerja dari rumah.

“Menciptakan desain kantor yang mendukung produktivitas karyawan kami adalah prioritas, namun kami juga menghargai kebutuhan akan fleksibilitas. Memberikan kesempatan bagi karyawan kami untuk bekerja dari rumah adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam menciptakan lingkungan kerja yang seimbang dan inklusif.” Tutup Jonathan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved