Economic Issues

Mind ID Disebut Legislatif sebagai Juru Kunci HIlirisasi Tambang RI

Mind ID Disebut Legislatif sebagai Juru Kunci HIlirisasi Tambang RI

Upaya proaktif BUMN Holding Industri Pertambangan Mind ID untuk menjadi ‘juru kunci’ bagi kesuksesan hilirisasi pertambangan di dalam negeri mendapat apresiasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Hal tersebut semakin nampak dari keberhasilan holding dalam menyelesaikan divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk. Lewat arahan pemerintah, Mind ID akan segera menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan nikel terintegrasi tersebut.

Anggota Komisi VII DPR RI Nasyirul Falah Amru menyampaikan upaya Mind ID meraih saham mayoritas di Vale, merupakan wujud komitmen memastikan hilirisasi sukses, sebab PT Vale Indonesia ini adalah produsen nikel matte yang bermanfaat bagi pembangunan ekosistem kendaraan Listrik

Mind ID juga sedang mengawal penuntasan projek Smelter Grade Alumina (SGAR) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Infrastruktur ini akan melengkapi proses penghiliran bijih bauksit hingga menjadi produk alumina. Projek ini dimiliki bersama oleh dua anggota holding yakni PT Inalum dan PT Antam Tbk lewat pembentukan PT Borneo Alumina Indonesia. Nantinya hasil alumina dikirim ke Sumatra Utara untuk dilebur oleh Inalum menjadi logam aluminium.

Anggota Holding lainnya yakni PT Freeport Indonesia juga terus mengebut progres pengerjaan projek smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur. Fasilitas pengolahan dan pemurnian ini ditargetkan mulai beroperasi pada Juni 2024.

“Bukti-bukti tersebut menunjukkan Mind ID telah memainkan peran sebagai ‘juru kunci’ bagi kesuksesan hilirisasi industri pertambangan Indonesia. Maka, kita patut optimistis, dan mengawal proses hilirisasi dibawah naungan Mind hingga menuai kesuksesan di masa depan,” ujar Falah dalam keterangan tertulis (27/03/2024).

Sementara itu, Direktur Utama Mind ID Hendi Prio Santoso mengungkapkan bahwa pihaknya bersama anggota Grup Mind ID tkonsisten untuk mengelola produk pertambangan mineral dan batu bara secara berkelanjutan untuk bangsa dan negara.

Pemerintah juga menaruh harapan dan ekspektasi besar atas pembentukan holding ini. Melalui program hilirisasi, megara berharap adanya peningkatan nilai tambah dari ekspor produk hasil tambang.

“Kami bersyukur mendapat amanah ini. Tentu kami akan terus proaktif menjalankan tugas ini guna mengangkat seluruh Anggota Holding serta industri tambang Tanah Air dari good to great,” katanya.

Di samping itu, holding pelat merah ini juga ditugaskan sebagai perencana, koordinator sekaligus evaluator. Amanah ini kata Hendi diperlukan untuk menjaga kinerja anggota Mind tetap on the track. Upaya tersebut diyakini ikut berdampak positif pada penerimaan negara. “Mind ID bersama para anggota holding akan terus berkolaborasi demi menciptakan nilai tambah yang lebih tinggi di setiap komoditas tambang yang dikelola,” tuturnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved