Business Update

Ide Renovasi Rumah Makan Tradisional, Bikin Laris!

Oleh Editor
Ide Renovasi Rumah Makan Tradisional, Bikin Laris!

Penting untuk merenovasi rumah makan tradisional agar semakin laris, terutama jika rumah makan milikmu masih belum memiliki ciri khas. Tenang saja, renovasi ini bisa kamu lakukan dengan kredit tanpa agunan.

Untuk itu sebelum melakukan renovasi, kamu harus mengetahui ide apa saja yang bisa membuat rumah makan tradisionalmu semakin menarik. Artikel ini akan mengeksplorasi berbagai ide renovasi yang dapat membuat rumah makan tradisional kamu menjadi lebih laris dan diminati oleh pelanggan.

Tips Renovasi Restoran Tradisional dengan Kredit tanpa Agunan

Rumah makan tradisional memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Sebab, tidak hanya menawarkan hidangan lezat dengan cita rasa autentik, tetapi juga menyajikan pengalaman kuliner yang kaya akan budaya dan warisan lokal.

Namun, dalam menghadapi persaingan industri kuliner yang semakin ketat, kamu memerlukan berbagai inovasi, misalnya renovasi bangunan. Berikut ini tips untuk renovasi restoran tradisional.

Pikirkan Ciri Khas Restoran

Memikirkan ciri khas rumah makan tradisional sangatlah penting karena memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu bisnis kamu berkembang. Misalnya saja, bisa membedakan antara restoran kamu dengan pesaing.

Selain itu, kamu harus membuat ciri khas ini tetap bisa mewakili pesan dari rumah makan. Sebab, rumah makan tradisional sering kali menjadi wadah untuk melestarikan budaya dan warisan lokal.

Dengan mempertahankan dan mempromosikan hidangan-hidangan tradisional serta cara penyajian yang khas, kamu ikut berperan dalam menjaga keberlangsungan dan apresiasi terhadap budaya dan warisan lokal. Identitas brand kamu pun menjadi semakin kuat.

Perbarui Interior Rumah Makan

Setelah memikirkan ciri khas restoran, sebaiknya kamu segera melakukan pembaruan terhadap interior rumah makan. Hal ini untuk menjaga daya tariknya tetap relevan dengan bisnis saat ini.

Sebaiknya, perhatikan elemen tradisional saat melakukan pembaruan. Beri sentuhan seni dan dekorasi tradisional yang sesuai dengan ciri khas rumah makan.

Jangan lupa untuk mengatur warna yang sesuai dengan nuansa rumah makan. Biasanya, untuk rumah makan tradisional, menggunakan palet warna yang hangat dan alami. Tujuannya adalah supaya semakin menciptakan suasana yang ramah dan nyaman.

Selanjutnya, pencahayaan adalah faktor penting dalam menciptakan atmosfer yang nyaman dan menarik. Gunakan kombinasi pencahayaan alami dan buatan untuk menciptakan suasana yang tepat sesuai dengan kebutuhan ruang makan kamu.

Lampu gantung, lampu meja, dan lampu lantai adalah pilihan yang bagus untuk menambahkan karakter pada ruangan. Detail kecil seperti taplak meja, bunga segar, atau hiasan dinding juga dapat membuat perbedaan dalam estetika keseluruhan ruangan. Pastikan semuanya senada supaya indah dipandang mata, ya!

Konsep Desain Tematis

Pembaruan interior juga diikuti oleh konsep desain yang tematis. Dengan mengadopsi tema tertentu, kamu dapat menghadirkan suasana yang unik dan memikat, sehingga suasana tersebut dapat membedakan rumah makan milikmu dari tempat makan lainnya.

Misalnya, ketika kamu ingin menciptakan suasana seperti berada di sebuah desa tradisional. Maka, kamu bisa memilih desain interior yang menghadirkan elemen-elemen arsitektur dan dekorasi dari desa tradisional. Beberapa elemen yang disajikan bisa menggunakan kayu, anyaman, dan batu alam.

Pada pemilihan menu makanan pun harus sesuai tema. Pada rumah makan berkonsep desa misalnya, kamu bisa menawarkan menu khas dari desa. Misalnya, menghadirkan sambal terasi, nasi jagung, ikan laut, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menambahkan gubuk seperti di persawahan, kemudian membuat sungai buatan dengan ikan yang berenang. Semua itu dinamakan desain yang tematis.\

Perluas Area Parkir

Salah satu pertimbangan pelanggan untuk memilih rumah makan adalah area parkir. Kebanyakan restoran yang tidak menyediakan lahan parkir, kurang diminati pengunjung.

Mulanya, kamu bisa melakukan evaluasi terhadap kebutuhan parkir saat ini dan proyeksikan kebutuhan masa depan. Perhatikan jumlah pelanggan yang biasanya datang dan pola penggunaan parkir, serta pertimbangkan perkiraan pertumbuhan bisnis kamu.

Keuntungan lahan parkir luas adalah mampu menampung banyak pelanggan sekaligus. Rumah makan kamu juga bisa disewakan untuk berbagai acara. Sebagai contoh, untuk acara pernikahan, rapat penting, atau beberapa kegiatan bersamaan dalam satu waktu sekaligus.

Perbarui Fasilitas

Fasilitas sangat penting dalam menunjang pelayanan terhadap pelanggan. Dengan memperbarui fasilitas yang ada, kamu dapat mendukung pelanggan melakukan berbagai hal.

Fasilitas yang bisa disediakan misalnya area outdoor, kamar mandi, ruang ibadah, spot foto, kolam buatan, hingga berbagai ruang lain. Sesuaikan dengan konsep rumah makan dan kebutuhan pelanggan.

Apabila pelangganmu kebanyakan adalah pegawai perkantoran, maka kamu bisa menyediakan ruang meeting juga. Ruangan ini bisa menerima berbagai kegiatan perkantoran.

Tidak lupa untuk memperhatikan perlengkapannya. Furnitur adalah salah satu bagian penting dari interior rumah makan. Investasikan pada furnitur yang berkualitas tinggi dan nyaman, sesuai dengan gaya tradisional rumah makan kamu.

Pilih Bahan yang Tahan Lama

Sebaiknya, kamu memilih bahan atau material yang tahan lama, supaya meminimalisir biaya untuk kerusakan pada perabotan atau bahkan bangunan.

Pada rumah makan tradisional, biasanya menggunakan material alami. Seperti kayu, bambu, batu, atau anyaman, yang dapat menambahkan sentuhan alami pada rumah makan.

Gunakan material-material ini untuk furnitur, dinding, lantai, atau dekorasi, untuk menciptakan suasana yang autentik dan ramah lingkungan. Selain itu, material ini juga tahan lama jika kamu benar dalam memilihnya.

Apabila materialnya terlihat rapuh, maka kamu bisa meminta arsitek untuk melapisi dengan bahan yang lebih kuat. Misalnya anyaman, ada bahan kuat yang bisa digunakan untuk membuatnya jadi tahan lama.

Perhatikan Keamanan

Hal wajib yang harus kamu perhatikan dalam menjaga rumah makan tetap laris adalah keamanannya. Rumah makan yang aman, mampu membuat pelanggan betah untuk berkunjung.

Kamu bisa merekrut pihak keamanan yang berjaga selama 24 jam di rumah makan, supaya restoran kamu juga aman meski sudah tutup operasionalnya.

Selain itu, tempatkan pula CCTV atau kamera pengintai yang jelas di berbagai titik rumah makan. Kamu juga bisa memilih kamera pengintai yang bisa mendeteksi gerakan mencurigakan, untuk lebih mengamankan restoran.

Pastikan pula karyawan yang kamu rekrut jujur dan amanah, sehingga kamu bisa membentengi rumah makan dari luar maupun dari dalam.

Penting untuk melakukan renovasi pada rumah makan tradisional, apalagi jika rumah makan kamu masih sangat sepi pengunjung. Renovasi bisa mendatangkan lagi pengunjung yang ingin tahu inovasi dari usaha kamu.

Ide renovasi ini bisa kamu penuhi dengan memilih KTA bunga rendah paling tepat, yaitu digibank KTA. Produk kredit tanpa agunan ini menawarkan segudang kemudahan dan keuntungan!

Beberapa di antaranya yakni limit dana yang bisa dicairkan mencapai Rp200 juta dengan approval 60 detik. Apply bisa dilakukan tanpa perlu melampirkan dokumen fisik. Selain itu, cicilan dapat kamu lakukan sampai 36 bulan.

Tertarik untuk apply kredit tanpa agunan demi renovasi rumah makan tradisional milikmu? Maka segera lakukan!


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved