Marketing

Insan Corporate Communication Dituntut Piawai Membangun Corporate Brand di Era Digital

Insan Corporate Communication Dituntut Piawai Membangun Corporate Brand di Era Digital

Perusahaan milik negara, BUMN, anak usaha BUMN, dan BUMD dituntut untuk dapat mengimplementasikan digital corporate brand yang mempunyai keunggulan kompetitif dalam tingkat persaingan antarkorporat di era digital.

“Untuk itu saat ini sudah semakin banyak insan-insan corporate communication di perusahaan-perusahaan milik negara yang telah mengimplementasikan transformasi digital yang tidak hanya memanfaakan saluran online dan offline untuk berkomunikasi, namun juga untuk transaksi,” ujar CEO InfoEkonomi.ID Arief Munajad saat mengadakan Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 bermitra dengan Trans N Co Indonesia.

Acara ini lanjut Arief, sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja corporate communication perusahaan milik negara yang berhasil membangun citra brand perusahaan di ranah digital. “Dalam upaya untuk lebih mendekatkan jarak dengan masyarakat, perusahaan juga harus memenuhi keinginan pelanggan dan memenangkan persaingan sekaligus menjadi parameter keberhasilan bisnis yang dijalankan,” kata Arief dalam sambutannya.

Sementara Staf Ahli Menteri Kominfo RI Bidang Komunikasi dan Media Massa Prof. Widodo Muktiyo menyampaikan dalam sambutan keynote speech, Indonesia masih terus bergerak dari masyarakat 4.0 ke arah masyarakat 5.0 menjadi supersmart society. Hal ini menunjukkan tantangan yang luar biasa dan peran corporate communication di berbagai institusi menjadi sangat menentukan.

“Oleh karena itu event penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 betul-betul menjadi pemicu untuk kita yang bergerak di dunia bisnis dan komunikasi,” papar Widodo di Jakarta dalam keterangan resmi (28/03/2024).

Dalam sesi Info Ekonomi Forum 2024 for Corporate Communication yang diisi dengan webinar nasional bertema ‘Effective Strategies for Digital Corporate Brand Competitive Advantage’ yang dibawakan oleh Tri Raharjo, CEO Tras N Co dan Chairman Indonesia Brand Community yang membahas tentang bagaimana corporate brand bisa tampil dan mendominasi di ranah digital sebagai salah satu kunci keberhasilan perusahaan.

“Brand bukan sekadar nama atau logo. Brand adalah nama yang memiliki makna, bahwa sebuah brand bukan hanya terbatas pada aspek visualnya, tetapi juga mencakup persepsi dan emosi yang dirasakan oleh konsumen terhadap produk atau layanan tersebut. Brand yang kuat dapat membangun kepercayaan, loyalitas dan nilai yang dirasakan lebih tinggi di mata konsumen,” terang Tri Raharjo.

Dalam acara ini, 9 perusahaan lingkup BUMN, Susidiary BUMN, dan BUMD menerima penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, yaitu PT Patra Jasa, PT Mandiri Tunas Finance, PT Angkasa Pura Aviasi, dan PT Railink untuk kategori Subsidiary BUMN, PT BPD Kalimantan Selatan dan PT BPD Bali untuk kategori BUMD, serta penghargaan untuk kategori BUMN berhasil diraih oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., PT Brantas Abipraya (Persero), dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero).


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved