Automotive

Mobil Baic Asal China Ini Siap Meluncur di Indonesia

Mobil Baic Asal China Ini Siap Meluncur di Indonesia

Pasar otomotif di Tanah Air bakal dimasuki satu merek otomotif lagi. Kali ini salah satu produsen mobil asal China, Beijing Automotive Group Co., Ltd. akan membawa salah satu merek andalannya yaitu Baic untuk memulai penjualannya di Indonesia dengan menggandeng PT Jio Distribusi Indonesia (JDI).

Beijing Automotive Group Co., Ltd. merupakan produsen kendaraan bermotor nomor lima besar di China dan memiliki banyak merek lain untuk penjualan di China dan dunia. Sebelumnya, perusahaan ini dikenal dengan produk-produk mobil untuk kepentingan militer China.

Sedangkan JIO Distribusi Indonesia adalah salah satu anak perusahaan baru di bawah naungan PT JHL Group yang secara total memiliki 32 anak perusahaan dalam berbagai bidang usaha.

Melalui kesepakatan yang dilanjutkan dengan pengesahan PT Jio Distribusi Indonesia oleh pihak Beijing Automotive Group Co., Ltd. melalui Baic International, maka secara resmi penjualan Baic akan segera dilakukan di Indonesia.

Beijing Automotive Group Co., Ltd. sudah berdiri di China sejak tahun 1958, dengan markas besar berada di kota Beijing, China. “Kami senang JDI telah mendapatkan kepercayaan dari pihak principal Beijing Automotive Group Co., Ltd. untuk memasarkan merk Baic di Indonesia” ujar Chief Operating Officer JDI Dhani Yahya. Perusahaan ini juga memiliki kerja sama dengan produsen otomotif dunia, seperti Beijing-Benz dan Beijing-Hyundai.

Khusus untuk pasar Indonesia, Baic akan memulai pemasarannya melalui dua model yaitu Baic BJ-40 Plus dan Baic X55-II, dan kedua model tersebut akan bertarung dalam kelas SUV di pasar otomotif Indonesia yang dikenal sangat menyukai model SUV. Mobil SUV 4X4 ini telah beberapa kali mengikuti kejuaraan rally terberat di dunia yaitu Paris-Dakkar.

Baic BJ-40 Plus di Indonesia hadir dengan satu pilhan mesin yaitu mesin bensin 4 silinder, 16 valve, 2.000cc DOHC dengan Turbocharger, dipadukan dengan transmisi 8-percepatan lansiran pabrik transmisi ternama dari Jerman yaitu ZF Friedrichshafen. Sistem penggerak pun sudah menggunakan Electronic Transfer Case dengan Rear Differential Lock dari Borg-Wagner Jerman, yang sangat mumpuni untuk menerabas medan berat. Mesin mobil ini menghasilkan tenaga maksimum 221 Hp dengan torsi maksimal 380 Nm, yang dirasa cukup mumpuni untuk kondisi jalan dan alam di Indonesia.

Model kedua yang dihadirkan untuk pasar Indonesia adalah Baic X55-II yang merupakan kendaraan jenis medium SUV penggerak roda depan (FWD) dengan mesin yang disebut Magic-Core dengan konfigurasi 4 silinder, 16 valve, 1500cc DOHC Turbocharger, yang dibangun atas kerjasama BAIC Motor dengan Meta Engineering dari Jerman, yang terkenal sebagai pemasok mesin dan teknologi tinggi lainnya kepada merk-merk otomotif ternama di dunia. Mobil ini ilengkapi dengan transmisi 7-Percepatan Double Clutch (7-Speed DCT) yang mendapatkan penghargaan sebagai China Top-Ten Transmission dan memiliki kemampuan 175 Hp dan tenaga 300 Nm, sehingga mampu ber-akselerasi dari 0 km/h hingga 100 km/h hanya dalam 7 detik.

“Kami juga tengah membangun jaringan dealer resmi dan berkomitmen untuk menjadi bagian dari industri otomotif di Indonesia dengan bergabung sebagai anggota GAIKINDO," ucapnya dalam siaran pers di Jakarta (01/04/2024).


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved