Management

Sinergi Manfaatkan Tumbuhan Indonesia untuk Kosmetik

Sinergi Manfaatkan Tumbuhan Indonesia untuk Kosmetik

PT Nose Herbal Indo (NHI) bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan kekayaan tanaman Indonesia. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman yang berlangsung di gedung BRIN, Jakarta Pusat.

Manager Research & Development PT Nose Herbal Indo Netty Kristina menjelaskan, Indonesia memiliki kekayaan alam yang tak terhingga, khususnya dalam hal keanekaragaman hayati tanaman. Terletak di garis khatulistiwa dan memiliki ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, Indonesia menawarkan habitat yang ideal untuk berbagai jenis flora. Keanekaragaman ini tidak hanya menawarkan keindahan estetika tetapi juga menyimpan potensi besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan, kesehatan, dan industri.

Oleh karenanya, perusahaan menggandeng BRIN untuk melakukan penelitian dan pengembangan bersama. “Tujuannya untuk meneliti dan mengidentifikasi tanaman-tanaman berkhasiat yang terdapat di Indonesia yang dapat diolah menjadi sediaan bahan baku produk kosmetik,” ujarnya.

Dia berharap projek pertama dengan BRIN ini berjalan dengan baik dan lancar, agar ke depannya NHI dapat bekerja sama dengan beberapa lembaga pemerintahan lainnya untuk menunjang budidaya tanaman Indonesia sebagai sumber daya yang dapat dimanfaatkan di industri kosmetik.

“Semoga kerja sama ini ini bisa membuka peluang baru di industry kosmetik Indonesia untuk bersaing di pasar global dengan produk yang unik dan berkulitas tinggi,” tuturnya.

Mulyadi Sinung Harjono, Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Industri menambahkan, pihaknya ingin memberikan kontribusi konkret secara nyata dan mendorong kegiatan-kegiatan di industri. Menurutnya, pelaku usaha merupakan mitra strategis untuk BRIN.

“Kami juga berharap ini bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat dengan adanya pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan dan pengembangan keahlian dalam pengolahan bahan baku,” jelasnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved