Capital Market & Investment

Ekspor Rumput Laut AGAR Meningkat 18%, China Tujuan Utama

Ekspor Rumput Laut AGAR Meningkat 18%, China Tujuan Utama
Ekspor rumput laut AGAR pada tahun 2023 meningkat hingga 18%.

PT Asia Sejahtera Mina Tbk (AGAR) mencatat peningkatan volume ekspor pada tahun 2023. Pada tahun 2023, perseroan mencatatkan penjualan sebanyak 21 ribu ton rumput laut kering, di mana sebelumnya volume penjualan tercatat 17,8 ribu ton pada tahun 2022.

Direktur Utama AGAR Indra Widyadharma mengatakan, peningkatan ekspor tersebut menandai adanya peningkatan volume penjualan, khususnya ekspor sebesar 18%. Selama tahun 2023, penjualan rumput laut kering didominasi oleh rumput laut jenis Eucheuma Cottonii yaitu sebanyak 81% dari total penjualan, diikuti rumput laut jenis Gracilaria sebanyak 14% dan jenis Eucheuma Spinosum sebanyak 5%.

Menurutnya, rumput laut kering jenis Eucheuma Cottonii masih menjadi produk andalan karena penggunaan dari jenis rumput laut tersebut sangat luas. Pada segmentasi negara tujuan ekspor, China masih menjadi tujuan ekspor utama perseroan dengan nilai ekspor mencapai 93% dari total penjualan disusul.

“Negara tujuan ekspor terbesar kedua Vietnam sebanyak 3,5% dan ketiga Chile sebesar 1,4% dari total penjualan. Sisanya produk rumput laut kering diekspor ke Filipina, Hong Kong, Spanyol dan di-supply ke beberapa perusahaan di dalam negeri,” ujarnya dalam siaran pers, kemarin.

Indra mengaku peningkatan volume ekspor pada tahun 2023 menjadi angin segar bagi perseroan di tengah kondisi ketidakpastian ekonomi dunia yang melanda pada tahun 2023. Tentunya pada tahun 2024 perseroan menargetkan adanya pertumbuhan penjualan sekitar 5 - 10%.

“Selain target peningkatan volume ekspor, kami pun menargetkan cakupan ekspor yang lebih luas. Kami berupaya untuk tetap menjaga standar kualitas rumput laut kering yang kami supply. Selain itu, berupaya dalam hal meningkatkan nilai tambah produk, salah satu nya dengan memproduksi Semi Refine Carrageenan dan Alkali Treated Cottonii ,” ujar Indra.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved