Best CEO

Edhi Tjahja Negara: Jadikan Teknologi Digital dan Data sebagai Mesin Pertumbuhan

Edhi Tjahja Negara, CEO PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk.

Di industri asuransi umum, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk. (ZAI) merupakan salah satu pemain yang diperhitungkan. Bahkan, di kalangan asuransi umum joint venture, nama ZAI ada di posisi teratas.

Sejarah perusahaan asuransi ini dimulai dengan diperolehnya izin usaha di bidang asuransi umum oleh PT Asuransi Kerugian Nexus pada 1997. Tahun 2002, perusahaan asuransi umum tersebut mengubah nama menjadi PT Asuransi Adira Dinamika.

Perusahaan ini kemudian menjadi perusahaan terbuka (go public) di tahun 2019. November 2019, perusahaan asuransi ini menjadi bagian dari Zurich Insurance Group dengan nama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk. (ZAI), dengan produk utama asuransi kendaraan bermotor.

Keberhasilan ZAI tak lepas dari tangan dingin sang CEO, Edhi Tjahja Negara. Sebelum memimpin perusahaan asuransi umum ini, Edhi memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun di industri jasa keuangan. Ia juga punya latar belakang yang kuat di berbagai jabatan senior di perusahaan jasa keuangan di Indonesia, di antaranya Maybank Indonesia, Bank Permata, dan terakhir di HSBC Indonesia sebagai Direktur Wealth & Personal Banking.

Soal kunci sukses ZAI, menurut Edhi, pada dasarnya tidak lepas dari penerapan strategi inovasi dan pendekatan yang adaptif terhadap perubahan pasar dan teknologi. Pihaknya berkomitmen untuk memberikan pengalaman asuransi yang mengesankan bagi nasabah, termasuk melalui teknologi digital yang nyaman dan mudah diakses.

ZAI dalam dua tahun terakhir berfokus pada strategi mempertahankan core business dan menumbuhkan mesin pertumbuhan baru. “Kami menyadari peran teknologi dalam meningkatkan layanan dan aksesibilitas,” ujarnya.

Melalui platform asuransi digital, ZAI dapat mendistribusikan produknya kepada nasabah dan mitra. Selain melalui digitalisasi, ZAI juga memperluas penetrasi dengan meluncurkan berbagai produk untuk menjangkau lebih banyak kategori nasabah.

“Dua pilar utama dari mesin pertumbuhan baru kami adalah digital dan data. Dalam dua tahun terakhir, kami telah secara khusus memusatkan perhatian pada kedua aspek ini,” kata Edhi.

“Kami optimistis peran channel digital akan semakin berkembang.” Edhi Tjahja Negara, CEO PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk.

Menurutnya, ZAI telah berhasil mencapai tujuan signifikan di bidang digital, dengan fokus utama untuk meningkatkan kenyamanan nasabah dan memperluas jangkauan layanan kepada lebih banyak nasabah. Sementara itu, proyek pengembangan data sedang berlangsung. “Tahun lalu, kami berhasil membangun dasarnya dengan membangun database manajemen pelanggan,” ungkapnya.

Edhi mengakui kontribusi dari aspek digital saat ini belum signifikan, tapi pertumbuhannya terus berlanjut, sekitar 5%. “Kami optimistis peran channel digital akan semakin berkembang. Oleh karena itu, perusahaan telah berkomitmen untuk memperkuat fondasi digitalnya, meningkatkan platform, dan melakukan investasi dalam pengembangan sumber daya manusia,” kata lulusan Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Negeri Jember itu.

Sebagai pemimpin, Edhi berupaya menggabungkan kearifan lokal dan pengalaman karyawan Zurich Indonesia dengan keahlian global. Bagi dia, tantangannya adalah bagaimana menggabungkan pengetahuan lokal yang sangat kuat ‒sebelumnya dari Adira Group‒ dengan keahlian dan pengetahuan global dari Zurich.

“Tantangan inilah yang memotivasi saya untuk mencoba mengubah perusahaan asuransi lokal yang sudah sangat kuat menjadi pemain global di Indonesia,” kata Edhi. Ia sendiri mengaku dalam memimpin perusahaan, lebih fokus pada mengorkestrasi, mengamplifikasi, dan memberdayakan karyawan.

Edhi mengungkapkan, Zurich memiliki tujuan yang sederhana tapi sangat relevan, yakni bagaimana bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik. Ia memaknai tujuan ini dalam konteks bisnis sebagai upaya bersama untuk memproteksi lebih banyak orang.

Pihaknya merancang strategi yang didasarkan pada lima pilar. Yakni, memperkuat distribusi, melakukan diversifikasi (melibatkan kanal konvensional dan digital), mendirikan customer center, menjalankan operational excellence, serta menjaga performa yang berkelanjutan.

Pihaknya juga berupaya memperkuat masyarakat secara keseluruhan dengan memberikan lebih banyak proteksi. Karena itu, ZAI aktif berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempermudah konsumen dalam pembelian produk. “Asuransi hadir untuk memproteksi semua aspek, tidak hanya untuk yang besar, tetapi hal kecil (juga),” katanya lagi. (*)

Jeihan K. Barlian & Sri Niken Handayani


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved