Trends

Elnusa Petrofin Dukung Satgas RAFI 2024 Pertamina Patra Niaga

Elnusa Petrofin Dukung Satgas RAFI 2024 Pertamina Patra Niaga

PT Elnusa Petrofin (Elnusa Petrofin), anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) kembali mendapat amanah untuk mendukung Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan Idul Fitri (RAFI) 2024 PT Pertamina Patra Niaga. Satgas RAFI ini dimulai dari tanggal 25 Maret lalu hingga 21 April 2024 mendatang. Satgas RAFI memegang peranan penting dalam menjaga ketahanan energi.

Menjelang Idulfitri 2024 diperkirakan sekitar 56% pergerakan masyarakat akan meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Dalam Satgas ini, Elnusa Petrofin turut serta menjadi bagian untuk mendukung Pertamina Patra Niaga dalam mendistribusikan energi ke seluruh penjuru negeri demi menjaga ketahanan energi. Dalam menjalankan tugas Satgas RAFI 2024, beberapa hal yang telah disiapkan PT Elnusa Petrofin untuk mendukung PT Pertamina Patra Niaga dalam menjaga ketahanan energi khususnya direntang waktu tersebut.

Dalam Operational Excellence, Elnusa Petrofin mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dan kendaraan yang akan beroperasi di seluruh wilayah operasi. Untuk kesiapan Awak Mobil Tangki (AMT) yang akan mengoperasikan mobil, Elnusa Petrofin telah menyiapkan 6.130 AMT. Selain itu, Elnusa Petrofin mempersiapkan backup mobilisasi AMT dari lokasi lain ke lokasi yang terdampak satgas RAFI secara siginifikan.

Putiarsa Bagus Wibowo, Manager Corporate Communication & Relations Elnusa Petrofin menjelaskan, Satgas RAFI menjadi salah satu fokus utama Elnusa Petrofin setiap tahunnya. “Oleh karena itu, kami selalu mempersiapkan dengan optimal. Kami melakukan koordinasi baik internal maupun eksternal, mengingat pada masa mudik 2024 aktivitas warga dipastikan meningkat secara signifikan dan kami harus memastikan pasokan energi tetap terjaga”, ujar Putiarsa.

Dari segi kesiapan armada Mobil Tangki (MT), sebanyak 1.965 unit telah disiapkan untuk mendistribusikan energi kepenjuru negeri. Elnusa Petrofin pun memastikan seluruh sarana dan fasilitas serta unit kendaraan operasional telah dilakukan kalibrasi, upgrading, dalam kondisi baik. Selain Mobil Tangki (MT) Reguler, Elnusa Petrofin juga menyediakan SPBU Storage di beberapa wilayah, serta MT Spot Charter sebanyak 132 unit yang tersebar di lokasi Satgas RAFI.

Putiarsa menambahkan bahwa seluruh sarana dan fasilitas yang dimiliki Elnusa Petrofin pun dipastikan beroperasi dengan prima. Unit kendaraan yang akan menjalankan tugas operasional telah melalui proses kalibrasi dan upgrading, semuanya dipastikan dalam kondisi optimal. Sarana penunjang seperti bengkel kendaraan atau workshop serta ratusan rest area bagi AMT juga dipastikan berfungsi dengan optimal.

AMT yang bertugas dalam Satgas RAFI 2024 ini telah memiliki kompetensi serta sertifikasi terkait yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan. Pelatihan untuk AMT pun telah dilaksanakan sepanjang tahun.

Untuk memastikan pendistribusian BBM/BBK berjalan lancar dan aman saat Satgas, Tim Pusat Kontrol Distribusi Area (PKDA) siap siaga 24 jam setiap hari untuk memantau pengiriman BBM/BBK dan perilaku mengemudi Awak Mobil Tangki (AMT) secara real-time. Tim PKDA tersebar di 6 daerah wilayah operasi seperti Medan (Region Sumbagut), Palembang (Region Sumbagsel), Surabaya (Region Jabalinus), Balikpapan (Region Kalimantan), Makassar (Region Sulawesi), dan Jayapura (Region Maluku Papua).

Sebagai pelengkap keamanan, Mobil Tangki dipasang CCTV berteknologi kecerdasan buatan (AI) dan GPS Two Ways Communication yang dapat mendeteksi fatigue face dan unsafe condition saat AMT bertugas. Tim PKDA dapat segera mengintervensi ketika terjadi pelanggaran dalam perilaku mengemudi oleh AMT, dengan melakukan kontak langsung melalui GPS Two Ways Communication.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Marketing PT Elnusa Petrofin Ferdiansyah menyampaikan, sebagai bagian dari Satgas RAFI, segala hal yang telah disiapkan dengan optimal demi mewujudkan komitmen dukung Pertamina Patra Niaga untuk memastikan kelancaran pasokan dan penyaluran BBM dan LPG kepada masyarakat selama periode Ramadan – Idulfitri 2024.

Selain menjaga distribusi BBM tetap lancar, Elnusa Petrofin juga memastikan menjaga kestabilan dan ketersediaan LPG di wilayah unit operasi Depot LPG Amurang di area distribusi Minahasa Selatan, Manado, Gorontalo dan Wilayah Unit Operasi SPBE dan SPPBE PT Elnusa Petrofin seperti di Bima Nusa Tenggara Barat, Semper Jakarta Utara, dan Gunungsitoli Nias Sumatera Utara.

Ferdiansyah menambahkan, selain kesiapan yang telah dipaparkan, Elnusa Petrofin memastikan seluruh pihak yang terlibat menjalankan tugas dengan kaidah HSSE yang berlaku. Karena HSSE merupakan prioritas utama, agar seluruh operasional dapat berjalan dengan baik. Serta personil yang menjalankan tugas pun bisa menjaga kesehatan. Karena itu, dilakukan pengecekan kesehatan dan keselamatan seluruh personil yang bertugas. Baik Daily Fit To Work, Medical Check Up, dan pemberian Vitamin agar pihak yang bertugas tetap fit.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved