Technology

Transformasi Lintasarta untuk Akselerasi Pertumbuhan Indonesia dengan AI

Transformasi Lintasarta  untuk Akselerasi Pertumbuhan Indonesia dengan AI

Hingga tahun 2024 ini, perjalanan Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solution telah mencapai 36 tahun. Momen ini merefleksikan sebagai mitra terpercaya bagi industri di Indonesia, serta komitmen melakukan transformasi perusahaan secara menyeluruh guna mendorong penguatan bisnis dan industri di Indonesia melalui teknologi Artificial Intelligence (AI).

Kini, Lintasarta memiliki 3 Data Center, 3 Cloud Infrastructure, menjangkau kurang lebih 397 kota dengan jaringan Fiber Optic, memiliki 1.800 lebih VSAT remote, dan memperkuat 2.400 lebih pelanggan di seluruh Indonesia.

Sejak didirikan tahun 1988, Lintasarta telah menjadi mitra bagi ribuan bisnis Business to Business (B2B) di Indonesia. Selama 36 tahun, Lintasarta telah berevolusi menghadirkan solusi jaringan & ICT yang kini diperkuat dengan teknologi AI terdepan. Komitmen Lintasarta dalam menghadirkan solusi inovatif dibuktikan dengan berbagai pencapaian, seperti layanan ATM Bersama di era 90-an. Di dekade yang sama pula, Lintasarta menjadi perusahaan penyedia data communications pertama di Indonesia.

Kemudian, merespons semakin beragamnya kebutuhan industri dan pelanggan akan layanan ICT, Lintasarta menciptakan berbagai produk dan layanan infrastruktur jaringan dan pendukungnya. Di awal 90an, Lintasarta mulai membangun layanan jaringan (Frame Relay, Internet Dedicated, Datacom, VSAT) dan Data Center.

Memasuki era 2000an, Lintasarta mendirikan Artajasa sebagai perusahaan penyedia jasa transaksi elektronik pertama di Indonesia dan ATM Bersama. Selanjutnya, merilis berbagai solusi untuk industri seperti Skota, Collaboration, Owlexa Healthcare, Media Analytics, TPCM, e-KYC, dan Leaps untuk solusi Managed Service.

“Kami meyakini bahwa kolaborasi merupakan kunci untuk mencapai kemajuan. Untuk itu, bersama induk perusahaan Indosat Ooredoo Hutchison dan Nvidia, kami telah berkomitmen untuk menghadirkan solusi inovatif yang akan mendorong bisnis Indonesia berkembang pesat. Kolaborasi ini meliputi penyediaan teknologi cloud terdepan melalui produk Deka GPU dengan added value dari produk Nvidia, untuk memperkuat platform AI Lintasarta dan bisnis para pelanggan, ” ujar Bayu Hanantasena, Presiden Direktur & CEO Lintasarta dalam keterangan tertulis di Jakarta (04/04/2024).

Lintasarta juga menawarkan berbagai produk untuk mendukung akselerasi bisnis di Indonesia. Di bidang konektivitas, Lintasarta menghadirkan solusi jaringan cerdas SD-WAN, koneksi internet dedicated berkecepatan tinggi dan stabil, serta MPLS VPN, jaringan virtual private yang aman dan andal. Layanan Cloud (Deka GPU) meliputi infrastruktur Cloud yang scalable dan secure, Deka GPU yang dioptimalkan untuk komputasi intensif berbasis AI, dan Managed Services untuk membantu pengelolaan infrastruktur Cloud dengan mudah dan efisien. Untuk keamanan siber, Lintasarta menawarkan Managed Security Services yang kini disebut Squra Cybersec. Semua pengembangan inovasi produk dan layanan ini dilengkapi dengan kepatuhan terhadap sertifikasi di setiap lini bisnis dan produk.

Talenta Lintasarta memiliki peran penting dalam menggerakkan inovasi dan pertumbuhan Lintasarta. Dengan demografi yang beragam terdiri atas 63% Generasi Y dan Generasi Z serta 37% Generasi X, menjadi kekuatan pendorong transformasi Lintasarta menuju masa depan. Kontribusi talenta-talenta Lintasarta meliputi pengembangan solusi AI, pengembangan budaya kerja yang kreatif, dinamis, dan kolaboratif, serta pengembangan produk dan layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan era digital.

Lintasarta berusaha menciptakan lingkungan yang mampu mendorong karyawan untuk dapat berkontribusi pada inovasi dan pertumbuhan perusahaan melalui program-program seperti Best Employee Award sebagai bentuk apresiasi terhadap karyawan yang berprestasi, Lintasarta Innovation Competition sebagai wadah karyawan untuk memberikan ide inovasi, Lintasarta Future Leader sebagai program pengembangan pimpinan perusahaan, Lintasarta Future Generation yaitu program pembinaan karyawan sejak fresh graduate, employee experience yang terdiri dari berbagai aktifitas untuk meningkatkan engagement karyawan seperti morning breakfast with Director, serta Lintasarta Development Program yang salah satunya melalui partnership dengan mitra global online learning.

Tidak hanya produk, Lintasarta juga memberikan sumbangsihnya kepada Indonesia melalui berbagai program CSR. Setiap tahunnya, Lintasarta membantu rata-rata lebih dari 90.000 penerima manfaat CSR melalui ‘Pilar Pintar, Sehat, Sejahtera, Cinta Bumi’ yang bermitra dengan berbagai mitra nasional dan lokal. Program CSR Lintasarta meliputi Pilar Pintar yang memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat, Pilar Sehat yang meningkatkan akses layanan kesehatan, Pilar Sejahtera yang memberikan bantuan dan pemberdayaan kepada masyarakat kurang mampu, serta Pilar Cinta Bumi yang berfokus pada pelestarian lingkungan hidup.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved