Marketing

Menggali Potensi Perdagangan dan Investasi Thailand dalam Berbagai Industri di Indonesia

Menggali Potensi Perdagangan dan Investasi Thailand dalam Berbagai Industri di Indonesia

Thailand memiliki sektor manufaktur yang mapan, khususnya di industri elektronik, peralatan rumah tangga, termasuk AC dan refrigeration machine, dan otomotif. Selama bertahun-tahun, Thailand telah berhasil membangun infrastruktur manufaktur yang kuat sesuai standar Asia Tenggara.

Tingginya ketergantungan pada pemasok lokal, jaringan, dan ekosistem bisnisnya menjadikan relokasi ke negara-negara terdekat bukan merupakan prioritas bagi beberapa perusahaan. Lalu, bagimanakah peluang pasarnya serta kemungkinan kerjasama dengan perusahaan perusahaan sejenis di Indonesia?

Hal inilah yang akan diungkap dalam event ‘Thailand Industrial Business Matching’, yang diselenggarakan oleh Thai Trade Center di bawah naungan Department of International Trade Promotion di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta pada 02 Mei 2024 mendatang.

Acara ini menyediakan sarana untuk pertemuan tatap muka antara pengusaha Thailand dan Indonesia untuk menggali potensi dan peluang bisnis. Acara ini dihadiri oleh sekitar 19 pengusaha Thailand dari berbagai sektor, khususnya industri elektronik dan peralatan rumah tangga, termasuk AC, refrigeration machine, dan otomotif.

Sementara dari Indonesia, event ini didukung oleh pengusaha dari industri terkait, seperti Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif Indonesia, Gabungan Perusahaan Industri Elektronik dan Alat-alat Listrik Rumah Tangga Indonesia serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia, organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

“Lanskap industri Thailand menawarkan banyak peluang untuk ekspansi dan kerja sama. Dengan basis manufaktur yang mapan dan keahliannya, Thailand berusaha untuk menjajaki sinergi dengan rekan bisnis di Indonesia untuk meningkatkan penetrasi pasar dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada,” ujar Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta (02/04/2024).

Acara ini juga berfungsi sebagai platform untuk memperkuat aliansi strategis, memfasilitasi dialog antara pemimpin industri, dan menjajaki kerjasama yang lebih mendalam tentang dinamika pasar. Pihak-pihak terkait dari Thailand dan Indonesia akan berkumpul untuk mengeksplorasi peluang kerja sama, menjajaki potensi pasar, dan merancang strategi untuk memanfaatkan kekuatan masing-masing demi pertumbuhan dan keberhasilan bersama.

Hataichanok mengatakan bahwa faktor-faktor seperti infrastruktur yang terus berkembang, dukungan pemerintah terhadap industri otomotif, serta penetrasi pasar yang terus meningkat membuat Thailand menjadi destinasi yang menarik bagi produsen kendaraan dan suku cadang otomotif. Dengan potensi pertumbuhan yang kuat, disertai dengan infrastruktur yang solid dan dukungan pemerintah, Thailand membuka peluang bagi para pemangku kepentingan di industri otomotif untuk berinvestasi dan berkembang. Inovasi, kolaborasi, dan adaptasi terhadap perubahan pasar menjadi kunci bagi kesuksesan di dalam lingkungan bisnis yang dinamis ini. Thailand terbukti tidak hanya sebagai pemain regional yang signifikan, tetapi juga sebagai aktor global yang berpengaruh dalam industri otomotif.

Perlu diinformasikan pula, bahwa akan ada dua event menarik, yang masih berkaitan dengan topik ini, yakni di EH 98 – 100 BITEC, Bangkok, Thailand, 4 -7 September 2024. Pertama, acara Bangkok RHVAC, The 13th Bangkok Refrigeration, Heating, Ventilation and Air-Conditioning Exhibition. Acara yang dianggap sebagai salah satu dari lima event pameran dan perdagangan penting di dunia untuk bidang refrigeration, heating, ventilation dan AC. RHVAC merupakan acara pameran dan perdagangan terbesar kedua di kawasan Asia-Pasifik dan terbesar di Asia Tenggara.

Kedua, acara Bangkok E&E The 9th Bangkok Electric & Electronics 2024 (Bangkok E&E), pameran barang-barang listrik dan elektronik terbaru Thailand, yang akan menampilkan perkembangan terkini di bidang kelistrikan dan elektronika yang berkaitan dengan penghematan energi. Bangkok E&E 2024 akan menampilkan inovasi dan teknologi terkini dari Thailand dan negara negara produsen terkemuka lainnya termasuk Tiongkok, ASEAN, Korea, India, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Serikat.

Kedua event tersebut boleh dikatakan sebagai one stop solutions, juga merupakkan kesempatan emas untuk bertemu langsung dan melalui platform online dengan produsen dan produsen terkemuka dari seluruh dunia.

Yang jelas, saat ini Thailand terus mempertahankan reputasinya sebagai kekuatan industri, kerja sama dengan perusahaan Indonesia, membuka peluang baru untuk inovasi, ekspansi pasar, dan pertumbuhan berkelanjutan. Acara ‘Thailand Industrial Business Matching’ di Jakarta nanti siap mempercepat upaya-upaya ini, membuka jalan bagi kemitraan yang saling menguntungkan antara dua negara, Thailand dan Indonesia, dalam berbagai bidang keunggulan industri.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved