Property

Laba Konsisten Tumbuh, ASLI Siap Garap Projek di IKN

Jembatan Andalan Pacongkang hasil karya ASLI. Ke depan, perusahaan akan turut membangun projek di IKN. (dok ASLI)

PT Asri Karya Lestari Tbk (ASLI) konsisten mencatatkan laba bersih dari tahun ke tahun. Perusahaan konstruksi swasta nasional yang baru saja mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia melalui penawaran umum perdana saham (IPO) pada tanggal 5 Januari 2024 kembali membukukan keuntungan bersih pada tahun buku 2023.

Di akhir tahun 2023, pendapatan perseroan meningkat dari Rp169 miliar tahun 2022 menjadi Rp173 miliar pada 2023. Laba bersih juga melonjak dari Rp18 miliar pada 2022 menjadi Rp 19 miliar tahun 2023.

Direktur Utama ASLI H. Sudjatmiko mengungkapkan bahwa konsistensi kinerja keuangan perseroan tak lepas dari portofolio projek perusahaan terutama dalam sektor infrastruktur. Tahun lalu, perusahaan berhasil dipercaya untuk menggarap pembangunan Flyover Boulevard Kota Deltamas, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dan Overpass KM 71+100 Jalan Tol Cipularang Kawasan Bukit Indah Purwakarta, Jawa Barat.

“Pengerjaan projek-projek tersebut secara tidak langsung berdampak pada peningkatan kinerja keuangan perusahaan. Ke depannya perusahaan akan turut aktif dalam pembangunan projek IKN (Ibu Kota Nusantara),” ujar Sudjatmiko dalam keterbukaan informasi, dikutip Jumat (05/04/2024).

Sudjatmiko mengaku, perusahaan yang dipimpinnya kini tengah mengantongi beberapa kontrak atas pembangunan projek IKN, antara lain pekerjaan struktur proyek pembangunan Jalan Bebas Hambatan IKN Segmen Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur, dan Pekerjaan Pemancangan Steel Sheet Pile Proyek Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang – KTT Karingau, Kalimantan Timur. Selain itu, melalui anak usaha, PT Bumi Prima Konstruksi (BPK), juga aktif berpartisipasi dalam projek infrastruktur pembangunan Jalan Tol Lintas Sumatera.

“Saat ini BPK tengah mengantongi kontrak pekerjaan Erection Halfslab Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 3, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Dengan diperolehnya kontrak-kontrak tersebut diharapkan akan berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan ke depannya,” kata Sudjatmiko.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved