Technology

Confluent Integrasikan Pemrosesan dan Analisis Data Secara Real Time

Rully Moulany, Area Vice President Confluent untuk Asia. (foto: Jeihan Kahfi/Swa)

Dalam era di mana data dihasilkan dalam volume yang sangat besar dan dengan kecepatan yang semakin meningkat, organisasi di seluruh dunia berusaha untuk memproses informasi secara real-time. Data streaming telah menjadi inti dari transformasi digital, memungkinkan bisnis untuk mengambil keputusan yang lebih cepat dan lebih tepat waktu, serta memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pengguna mereka.

Untuk mencapai potensi penuh dari pemrosesan data, Confluent hadir sebagai dalam penyediaan layanan data streaming yang menyediakan solusi untuk kebutuhan perusahaan. Confluent, perusahaan yang didirikan oleh para pencipta Apache Kafka, yang kini menjadi landasan teknologi data streaming menyediakan platform yang diperlukan untuk mengoptimalkan proses tersebut.

Area Vice President Confluent untuk Asia Rully Moulany menjelaskan bahwa data streaming memungkinkan organisasi untuk menganalisis dan bertindak atas data secara real-time, memungkinkan mereka untuk merespons perubahan, mendeteksi anomali, mempersonalisasi pengalaman pengguna, dan banyak lagi. “Dalam industri seperti perbankan, e-commerce, logistik, dan lainnya, kecepatan data streaming adalah kunci untuk mempertahankan keunggulan daya saing,” ujar Rully.

Pada Kuartal I-2024 ini, Confluent telah mengumumkan kapabilitas Confluent Cloud baru yang menarik yang memudahkan pelanggan untuk melakukan streaming, menghubungkan, mengatur dan memproses data untuk pengalaman yang lebih lancar dan wawasan yang tepat waktu dan menjaga data mereka tetap aman. Confluent Tableflow dengan mudah mengubah topik Apache Kafka dan skema terkait menjadi tabel Apache Iceberg dengan satu klik untuk memasok data lakes dan data warehouses dengan lebih baik.

Agar perusahaan dapat mengambil keputusan yang mengoptimalkan biaya, meningkatkan pendapatan dan mendorong inovasi, diperlukan penghubung antara data operasional dan analitik, yang biasanya secara tradisional terkotak-kotak dalam organisasi.

Ruang lingkup operasional mencakup aplikasi SaaS, aplikasi khusus dan basis data yang mendukung bisnis seperti Oracle, Salesforce, dan ServiceNow. Sedangkan ruang lingkup analitik mencakup data warehouses, data lakes, dan analytics engines yang mendukung analitik dan pengambilan keputusan, serta menggunakan aliran data dan tabel historis untuk menjalankan kueri dan fungsi analitik yang berbeda.

Tableflow, fitur baru di Confluent Cloud, mengubah topik dan skema menjadi tabel Iceberg dalam satu klik untuk memberi ke data warehouse, data lake, atau mesin analitik apa pun untuk kasus penggunaan pemrosesan real-time atau batch. Tableflow bekerja bersama dengan kemampuan yang ada pada platform streaming data Confluent, termasuk fitur Stream Governance dan pemrosesan streaming dengan Apache Flink, untuk menyatukan lanskap operasional dan analitik.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved