Trends

Rumah Cokelat Binaan MHU Hasilkan Produk Berkualitas dan Halal

Rumah Cokelat Binaan MHU Hasilkan Produk Berkualitas dan Halal

Rumah Cokelat Lung Anai sebagai binaan PT Multi Harapan Utama (MHU) di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur berhasil menjadi ikon industri lokal di Desa Lung Anai, Kecamatan Loa Kulu. Hal ini dibuktikan melalui produk cokelat berkualitas tinggi yang baru-baru ini menerima sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI.

Keberhasilan Rumah Cokelat ini tak lepas dari kegigihan warga Desa Lung Anai dalam mengembangkan dan memberdayakan tanaman kakao. Warga setempat yang mayoritas merupakan suku Dayak mengolah bahan mentah kakao menjadi cokelat batangan dan cokelat kemasan dengan cita rasa premium.

Manager External Relation & Community Developmen t MHU Yonathan Bagus menyampaikan bahwa pecinta cokelat kini dapat menikmati kelezatan cokelat khas Bumi Borneo dari Desa Lung Anai yang terjamin kualitas dan cita rasanya. “Cokelat hasil olahan mereka telah mendapatkan Sertifikat Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama,” ucapnya (02/04/2024).

Rumah Cokelat ini juga berkontribusi dalam pengembangan ekonomi masyarakat setempat. Program binaan yang diinisiasi oleh MHU ini membuka peluang kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar Lung Anai. Bantuan yang diberikan oleh MHU meliputi berbagai hal, seperti dukungan perbaikan fasilitas produksi. Bangunan rumah cokelat yang sebelumnya terkesan sederhana kini dikembangkan menjadi sebuah tempat produksi yang lebih modern dan fungsional, sesuai dengan standar keamanan dan sanitasi yang diperlukan.

MHU juga mengembangkan sumber daya manusia dengan menyelenggarakan berbagai pelatihan dan workshop bagi karyawan Rumah Cokelat. Mulai dari manajemen usaha hingga teknik pengolahan cokelat yang lebih baik. Hal ini diharapkan akan meningkatkan efisiensi produksi dan kualitas produk, serta membantu membuka peluang kerja baru bagi masyarakat desa. “Untuk mengembangkan pemasaran dan distribusi produk Rumah Cokelat, kami membantu memperluas pasar produk cokelat olahan Desa Lung Anai baik di tingkat lokal maupun nasional,” tegas Yonathan.

Dengan semangat gotong royong dan kerja sama yang erat antara MHU, masyarakat, pemerintah setempat dan beberapa pihak lain, Rumah Cokelat Lung Anai diharapkan akan terus menjadi sumber kebanggaan dan daya tarik bagi daerah ini, serta memberikan dampak positif yang nyata bagi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Potensi Rumah Cokelat di Desa Lung Anai sangatlah besar dan beragam, mencakup berbagai aspek, antara lain: pariwisata, karena telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan lokasinya yang unik di tepi Sungai Mahakam dan desainnya yang khas, Rumah Cokelat menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dan menarik.

Produksi dan penjualan produk cokelat di Rumah Cokelat menjadi sumber pendapatan utama bagi masyarakat Desa Lung Anai. Hal ini membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi lokal serta membuka peluang kerja bagi penduduk setempat.

Rumah Cokelat menjadi pusat pengembangan dan promosi produk-produk cokelat lokal. Melalui kerja sama antara penduduk setempat dan pihak terkait, berbagai inovasi dalam pembuatan produk cokelat dapat terus dikembangkan untuk meningkatkan daya saing pasar.

Dari sisi aspek pendidikan dan pelatihan, berperan sebagai pusat pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat sekitar maupun pengunjung yang tertarik untuk belajar tentang proses pembuatan cokelat. Ini menciptakan kesempatan untuk transfer pengetahuan dan keterampilan serta membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian tradisi lokal.

Selain sebagai tempat pembuatan dan penjualan produk cokelat, Rumah Cokelat juga menjadi wadah untuk mempromosikan budaya lokal, termasuk seni, kerajinan, dan tradisi masyarakat Desa Lung Anai. Ini membantu memperkuat identitas budaya mereka dan menjaga keberlanjutan warisan budaya yang berharga.

Dengan potensi yang dimilikinya, Rumah Cokelat Desa Lung Anai tidak hanya menjadi pusat kegiatan ekonomi, tetapi juga menjadi simbol penting bagi pembangunan berkelanjutan, pelestarian budaya, dan pengembangan pariwisata di daerah tersebut.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved