Marketing

Dapat THR, Orang Banyak Belanja Ini di E-Commerce Jelang Lebaran

Banyak orang membeli fesyen di Tokopedia dan Shop Tokopedia jelang lebaran. (dok Tokped)

Setelah Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran turun, animo belanja masyarakat dalam berbelanja cenderung meningkat. Barang-barang yang dibeli adalah barang-barang yang berkaitan dengan Lebaran.

Di Tokopedia, sejumlah kategori produk, seperti fashion Muslim, fashion wanita, fashion anak dan bayi, otomotif serta makanan dan minuman, mengalami kenaikan penjualan yang signifikan. Sedangkan pada platform Shop Tokopedia di aplikasi TikTok, beberapa kategori produk, yaitu kecantikan dan perawatan diri, elektronik, fashion wanita, fashion Muslim, serta fashion pria, juga mengalami peningkatan transaksi yang sangat tinggi (data 25-31 Maret 2024 dibandingkan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024).

“Kami melihat masyarakat mulai lebih banyak membeli produk-produk kebutuhan yang berkaitan erat dengan Lebaran, seperti untuk mudik dan berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat melalui Tokopedia maupun Shop Tokopedia di aplikasi TikTok,” kata Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan (05/04/2024).

Tren ini menjadi berkah bagi Little Palmerhaus, brand lokal yang bergerak di bidang fashion anak. Transaksi penjualan Little Palmerhaus melonjak lebih dari 11 kali lipat.

Perjalanan Little Palmerhaus dimulai pada tahun 2017. Mengetahui bahwa produknya akan digunakan oleh anak dan bayi, Little Palmerhaus memilih bahan dengan sangat hati-hati. Little Palmerhaus menggunakan kapas dari pabrik terbaik di Indonesia untuk memastikan produk nyaman digunakan.

“Kami mengandalkan kain berkualitas tinggi, termasuk katun bambu antibakteri yang sangat nyaman dipakai baik dalam cuaca panas maupun dingin. Platform teknologi, sangat membantu produk Little Palmerhaus menjadi lebih inklusif atau bisa diakses siapa pun. Orang tua dari Sabang sampai Merauke bisa menjangkau produk kami secara lebih mudah melalui platform teknologi,” kata Alexander Setiawan, Pemilik Little Palmerhaus.

Sementara Heaven Lights juga merupakan contoh brand lokal fesyen Muslim yang mengalami peningkatan transaksi paling signifikan yaitu lebih dari 66 kali lipat. Didirikan oleh Jihan Malik dan Nazmah Malik pada tahun 2013, Heaven Lights menyediakan produk fesyen Muslim yang berkualitas dan nyaman dengan harga terjangkau.

Heaven Lights memiliki komitmen untuk senantiasa menghasilkan inovasi, terutama dari sisi produk, agar dapat terus relevan dengan kebutuhan masyarakat. Brand ini awalnya hanya fokus berjualan lewat website sendiri, namun melihat perkembangan industri, akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Tokopedia dan Shop Tokopedia di aplikasi TikTok.

“Selain membantu kami memperluas eksposur, Tokopedia dan Shop Tokopedia membantu Heaven Lights meningkatkan penjualan secara signifikan. Bahkan Tokopedia juga membukakan peluang untuk kami bisa melebarkan sayap ke ajang internasional, seperti New York Fashion Week 2022 lalu,” kata Jihan Malik, Pemilik Heaven Lights.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved