Business Research

Ini Sejumlah Benefit yang Dapat Mendorong Produktivitas Karyawan

Semua pihak dituntut untuk bisa produktif dan bekerja dengan cepat, terlebih dengan adanya kemajuan teknologi yang dapat mendorong kinerja dan kontribusi positif karyawan bagi perusahaan. Namun, perlu diingat bahwa produktivitas yang tinggi harus dibarengi dengan perhatian dan dukungan yang memadai dari perusahaan, seperti penciptaan lingkungan kerja yang kondusif, ruang bagi karyawan untuk berkembang, hingga penyediaan berbagai benefit yang dapat membantu karyawan agar tetap prima secara fisik maupun mental.

Studi menunjukkan bahwa program kesehatan yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 60%, dan mengurangi tingkat ketidakhadiran hingga 19%. Medical check-up dan vaksinasi merupakan contoh program kesehatan preventif yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjaga kesehatan karyawan.

Temuan Grand View Research (2022) menunjukkan bahwa baru 26,65% dari total medical check-up yang dilakukan di Asia berasal dari segmen perusahaan. Ke depan, seiring dengan peningkatan produktivitas perusahaan pasca pandemi, diharapkan semakin banyak perusahaan yang memfasilitasi karyawan dalam terkait benefit kesehatan seperti medical check-up hingga vaksinasi.

Chief Operating Officer Halodoc Veronica Utami menjelaskan, melalui medical check-up secara rutin, perusahaan dapat mengelola kondisi kesehatan karyawan dengan optimal, termasuk mendeteksi dini penyakit atau potensi penyakit dari karyawan sehingga dapat diantisipasi dengan cepat. Demikian juga dengan vaksinasi, yang dapat menjadi langkah penting perusahaan untuk membantu karyawan mengurangi risiko keparahan berbagai penyakit.

“Dengan menggabungkan kedua tindakan ini, maka kesehatan karyawan dapat dijaga dan produktivitas baik bagi karyawan maupun perusahaan dapat ditingkatkan. Benefit kesehatan yang bersifat preventif semakin penting bagi karyawan masa kini,” kata Veronica dalam keterangan resmi (05/04/2024).

Sejalan dengan pentingnya menjaga kesehatan secara preventif, yang juga menjadi program pemerintah, Halodoc menyediakan layanan Home Lab & Vaksinasi yang dapat dimanfaatkan untuk individu maupun perusahaan. Layanan Home Lab & Vaksinasi di Halodoc dapat menjadi bagian dari solusi strategis perusahaan dalam menjaga kesehatan dan produktivitas SDM-nya.

“Layanan ini hadir untuk menjawab pain points masyarakat seperti sulitnya mencari waktu untuk melakukan tes lab/vaksin. Dengan teknologi, Halodoc memfasilitasi pencarian layanan kesehatan dengan petugas medis datang ke rumah atau kantor untuk melakukan pemeriksaan kesehatan maupun vaksinasi. Hasil dari pemeriksaan akan diuji di mitra laboratorium kami, dan dapat diakses langsung melalui aplikasi Halodoc,” ucapnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved