Technology

Pakai AI Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Ilustrasi Artificial Intelligence (Foto istimewa)

Perkembangan teknologi yang sangat pesat terutama di bidang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) memacu hampir seluruh industri untuk berlomba-lomba dalam pemanfaatannya. Melihat perkembangan ini, BRI juga menggunakan AI untuk terus bertransformasi digital.

Direktur Digital & Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha mengatakan bahwa BRI merupakan bank yang dekat dengan teknologi. Menggunakan AI menjadi strategi perseroan untuk menghumanisasi layanan, terutama layanan digital

Berdasarkan riset, perseroan menemukan fakta bahwa masyarakat lower economic segment adalah mereka yang sudah melek digital, tapi enggan bertransaksi dengan perbankan, finansial, dengan teknologi. Keengganan ini disebabkan karena cemas dan belum percaya diri.

“Mereka kenal dengan Instagram, dan media sosial lain, tapi ketika bertransaksi keuangan, mereka ada kecemasan. Ini yang dijembatani dengan teknologi, dan kami lihat AI bisa melengkapi teknologi ini supaya lebih humanis. Termasuk bagaimana mengenalkan ke perangkat chatbot AI kami, Sabrina misalnya. Ini cara-cara kami untuk menghumanisasi layanan-layanan digital,” ujar Arga, dikutip (06/04/2024).

Perseroan juga akan terus melakukan eksplorasi penggunaan AI sebagai upaya untuk mendorong kinerja. AI sama seperti banyak pihak lain, digunakan untuk mencari peluang peningkatan kinerja, dan mencari peluang menurunkan biaya, efisiensi, optimalisasi banyak hal.

“Dengan keahlian kami di bidang microfinance, kami melihat bahwa kami harus melayani masyarakat di segmen yang lebih bawah. Kami lihat AI adalah cara kami untuk menghumanisasi layanan-layanan kami, utamanya yang digital,” ujarnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved