Ramadhan

Aqua Bersama Masyarakat Tingkatkan Kepedulian bagi Sesama dan Lingkungan

Aqua Bersama Masyarakat Tingkatkan Kepedulian bagi Sesama dan Lingkungan

Memaknai bulan suci Ramadan 1445 H, Aqua bersama sejumlah mitra dan organisasi memeriahkan melalui serangkaian kegiatan yang penuh makna kebaikan bersama ribuan umat Muslim di berbagai kota di Indonesia. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan di antaranya, menyelenggarakan kajian mengenai pentingnya pemenuhan hidrasi sehat saat berpuasa, meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, mengirimkan doa serta donasi sebagai bentuk kepedulian bagi saudara-saudara korban agresi di Palestina.

Aqua juga menjadi mitra masjid-masjid di Indonesia dalam pemenuhan hidrasi melalui produk yang berkualitas, mengirimkan bantuan terkait keperluan Ramadan, Idulfitri, dan bencana alam, serta membangun sarana air bersih dan sanitasi di sembilan pesantren serta satu kantor pengurus cabang Nahdlatul Ulama. Kegiatan ini terselenggara sejak 16 Maret hingga 7 April 2024. Berbagai inisiatif ini diperkirakan melibat lebih dari 700.000 umat Muslim di Indonesia.

Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia mengatakan, Aqua berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya diwujudkan dengan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan dalam keberkahan Ramadan 2024. “Kami berharap berbagai kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi serta kolaborasi dengan komunitas dan umat Muslim di Indonesia dan tentunya menghadirkan kebaikan lebih luas bagi masyarakat Indonesia, khususnya di bulan suci Ramadan,’” ucapnya (05/04/2024).

Aqua bekerja sama dengan sejumlah komunitas Muslim di Indonesia menyelenggarakan kegiatan safari Ramadan Aqua di 50 masjid dan 69 pesantren yang tersebar di enam provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, dan Sumatera Utara. Adapun kegiatannya antara lain kajian Ramadan di sejumlah masjid di Indonesia seperti Masjid Istiqlal, Masjid Cut Meutia, Masjid Agung Sunda Kelapa, Masjid An Nahdlah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Lebih lanjut, Aqua menjadi mitra pemenuhan hidrasi masjid di berbagai acara buka puasa dan telah menyalurkan lebih dari 1 juta botol sepanjang Ramadan. Juga, berpartisipasi dalam pasar sembako murah untuk memenuhi kebutuhan pangan yang murah dan berkualitas bekerja sama dengan MCMI dan Yayasan Alma untuk menyalurkan lebih dari 17.000 paket sembako.

Dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan pada lingkup keagamaan, Aqua menyerahkan mobil pengangkut sampah kepada pengurus Masjid Istiqlal Jakarta.

Bukhori Sail Attahiri, Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal menyampaikan apresiasinya atas upaya kolaborasi pengelolaan sampah dengan Aqua. "Program ini sangat bermanfaat, karena kami menghasilkan jumlah sampah yang sangat besar, terutama selama Ramadan. Kami berharap program ini dapat menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di Indonesia untuk melakukan hal serupa," ujarnya. Menurutnya, program pengolahan sampah ini akan memperlancar proses pembuangan limbah, sehinga sampah dapat terkelola dengan baik, terlebih produksi sampah di Masjid Istiqlal bisa mencapai dua truk dalam sehari.

Wishnu Dewanto, Ketua Umum PB MCMI sekaligus Wakil Ketua Pengurus Yayasan Masjid Cut Meutia mengapresiasi berbagai kerja sama dan inisiatif yang dilakukan Aqua selama Ramadan. Pihaknya mengapresiasi kerja sama yang terjalin hari ini, termasuk dukungan dari sektor swasta seperti Aqua yang telah berkolaborasi dengan MCMI, Badan Pangan Nasional, Bulog dan masyarakat dalam acara Pasar Pangan Murah dan Ramadhan Jazz. “Dengan berbagai kegiatan yang menyasar sektor yang krusial dan menyentuh masyarakat secara langsung, kami berharap dapat memberi manfaat yang maksimal bagi masyarakat Indonesia,” jelas Wishnu.

Dalam kegiatan Safari Ramadan ini, Aqua juga memfasilitasi masyarakat Muslim untuk membantu meringankan penderitaan saudara-saudara di Palestina dengan menjadi sponsor utama kegiatan Ramadan Jazz Festival ke-13 yang diselenggarakan di Pelataran Masjid Cut Meutia Jakarta. Hasil keuntungan dari kegiatan ini nantinya akan disalurkan sebagai bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Mempertegas komitmennya dalam mendukung upaya kemanusiaan bagi korban agresi Israel di Palestina, Aqua bekerja sama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) untuk menyerahkan donasi kemanusiaan tahap kedua.

Terkait dengan komitmen untuk mendukung masyarakat Palestina, Aqua bersama sejumlah mitra di Sumatera Barat juga menyerahkan dukungan materi melalui Badan Amil Zakat Nasional, Sumatera Barat. Hingga saat ini, total donasi untuk Palestina dari Aqua sudah lebih dari Rp 4 miliar. Selain memberikan dukungan materi, Aqua pun memberikan dukungan moril yang diwujudkan melalui doa bersama para mitra dan umat Muslim untuk memohon keselamatan rakyat Palestina.

# Tag


    © 2023-2024 SWA Media Inc.

    All Right Reserved