Management

57 Tahun Grup Mind ID PTFI Aktif Berkiprah untuk Bangsa dan Negara

57 Tahun Grup Mind ID PTFI Aktif Berkiprah untuk Bangsa dan Negara

BUMN Holding Industri Tambang Indonesia (Mind ID) melalui anggota grupnya PT Freeport Indonesia (PTFI) telah genap berusia 57 tahun berinvestasi di Indonesia dan terus memberi manfaat, baik secara langsung dan tidak langsung, bagi Indonesia, khususnya masyarakat Papua.

Sekretaris Perusahaan Mind ID Heri Yusuf mengatakan, PTFI telah menjadi pionir pengembangan dan pengoperasian tambang bawah tanah block caving terbesar di dunia yang menjadi referensi tambang global lainnya. “PTFI telah memasuki babak baru dalam penguatan komitmen dedikasi untuk negeri dengan pengembangan kapasitas smelter baru di dalam negeri yang Insya Allah akan beroperasi di tahun 2024,” ujarnya dalam siaran pers (09/04/2024).

Adapun, total nilai investasi PTFI sepanjang tahun 1992-2021 mencapai US$53,1 miliar. Investasi yang berkelanjutan ini terus membawa manfaat bagi Indonesia, khususnya Kabupaten Mimika, Papua melalui pembangunan infrastruktur, penciptaan lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, serta munculnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitar area operasional perusahaan.

Selain itu, investasi ini turut membawa nilai manfaat berupa pembayaran pajak, royalti, dividen, biaya, dan lain-lain hingga US$26,7 miliar.

PTFI sebagai salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia juga membuka pintu bagi inovasi dan teknologi industri pertambangan nasional, sekaligus percepatan pengembangan industri hilir nasional.

Salah satu fokus investasi PTFI pada saat ini termasuk pembangunan smelter di Manyar, Gresik, Jawa Timur dan perluasan smelter lainnya, yakni PT Smelting di Gresik. Investasi PTFI pada kedua projek ini merupakan salah satu bentuk komitmen PTFI untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam dan mendukung kebijakan hilirisasi nasional.

Guna memperingati Hari Ulang Tahun ke-57 Freeport Indonesia mengadakan sejumlah rangkaian kegiatan peringatan. Mulai dari bakti sosial bersih kampung dan edukasi kebersihan lingkungan di Kampung Waa Banti, pada 28 Maret 2024. PTFI juga menyelenggarakan bakti sosial berupa layanan kesehatan gratis bekerja sama dengan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro bersama Media Group melalui PT Pangan Sari Utama pada 25-26 Maret 2024.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved