Capital Market & Investment

Rahasia WSBP Bisa Raih Kontrak Baru Rp1,03 Triliun, 40% dari Target 2024

Gunakan strategi pemasaran ke eksternal, WSBP sukses meriah proyek-proyek baru. (dok WSBP)

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mencatatkan perolehan Nilai Kontrak Baru (NKB) untuk Kuartal I/2024 sebesar Rp1,03 triliun. Perolehan ini meningkat lebih dari 2x lipat atau 137,57% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023.

Pertumbuhan NKB tersebut didominasi oleh segmen jasa konstruksi sebesar Rp432,28 miliar. Perolehan NKB pada kuartal I 2024 telah mencapai 40% dari NKB yang ditargetkan perseroan pada 2024 ini.

Vice President of Corporate Secretary WSBP Fandy Dewanto mengaku, perseroan berhasil meraih NKB tersebut berkat implementasi strategi pemasaran ke eksternal untuk mendapatkan proyek-proyek baru. Perseroan menyusun portofolio strategi produk, memperkuat posisi brand, mengembangkan kapabilitas sales dan marketing, serta meningkatkan penerapan teknologi dan inovasi terbaru.

“Strategi itu membuat porsi pasar eksternal meningkat 2 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kontrak baru proyek eksternal mendominasi dari total perolehan NKB WSBP pada tahun ini,” ujar,” ujar Fandy Dewanto dalam rilis resmi, Selasa (16/04/2024).

Fandy mengungkapkan, portofolio perseroan yang luas dan nilai kepuasan pelanggan yang baik menjadi salah satu faktor meningkatnya kepercayaan pelanggan eksternal kepada perseroan untuk menggarap projek-projek besar, di antaranya Pekerjaan Pembangunan Container Yard (CY) dan Infrastruktur Pendukung Terminal Peti Kemas (TPK) Batu Ampar Batam, Pekerjaan Pembangunan Tembok Penahan Jembatan Enim 1 - Jembatan Enim 2, Proyek Pembangunan Jalan Tol Serang - Panimbang Seksi III, Proyek Pembangunan Jalan Tol Probolinggo Banyuwangi Paket 3, Proyek Nusantara International Convention and Exhibition @District 18 PIK 2.

“Berkat kepuasan dan kepercayaan pemilik proyek pada salah satu lini bisnis WSBP, yaitu jasa konstruksi, perseroan mampu membangun projek-projek infrastruktur dengan kokoh untuk dapat digunakan oleh masyarakat luas. Kepuasan pelanggan membuat peningkatan drastis akan nilai kontrak baru lini bisnis ini sebesar 1174% dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Menurut Fandy, perseroan memiliki 5 sales area yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk mempermudah memperoleh projek-projek baru. Melalui Sales Area ini, perseroan mampu menjangkau pasar eksternal dan mendapatkan calon pelanggan baru.

Nilai kontrak baru ditopang oleh sektor precast sebesar Rp207,97 miliar atau 20,27% dan readymix sebesar Rp383,10 miliar atau 37,34%. Manajemen perseroan optimistis pada tahun 2024 kinerja perusahaan akan terus meningkat dengan kontribusi dari lini bisnis WSBP, terutama pada segmen konstruksi.

“Ke depan, perseroan akan terus mengimplementasikan program transformasi bisnis untuk memperkuat strategi perolehan kontrak baru pada pangsa pasar eksternal dan mulai menjajaki pasar luar negeri, khususnya di wilayah Asia Tenggara. Seluruh proses operasional ini didukung oleh komitmen WSBP dalam menerapkan tata kelola perusahaan dan manajemen risiko yang baik,” ungkapnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved