Technology

Peningkatan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 5.0: Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana Mengadakan Pelatihan Aplikasi AI Terkini

Oleh Editor

Para dosen dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi guru di era Revolusi Industri 5.0. Kegiatan ini dilakukan melalui program pelatihan yang mengenalkan penggunaan beberapa aplikasi teknologi pendidikan terkini. Pada acara yang bertemakan "Peningkatan Kompetensi Guru Di Era Revolusi Industri 5.0", para dosen membagikan pengetahuan dan keterampilan terbaru kepada guru-guru SMK Reformasi, untuk membantu mereka menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam pendidikan di era digital ini. Acara tersebut merupakan bagian dari kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam upaya pemerataan pengetahuan dan kompetensi khususnya di bidang teknologi informasi.

Para Dosen FASILKOM UMB dan Para Guru SMK Reformasi

Pelaksanaan yang dilaksanakan selama dua hari , memperkenalkan aplikasi AI terkini yang dapat dimanfaatkan oleh para guru SMK Reformasi untuk membantu proses pembelajaran. Diantaranya aplikasi Education Copilot, sebuah platform pendidikan digital yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk memanfaatkan teknologi dalam merencanakan proses rencana pembelajaran, handout akademik, PowerPoint, dan ulasan kinerja pelajar yang dapat disesuaikan dalam hitungan detik. Selain itu, aplikasi Conker juga menjadi sorotan dalam pelatihan ini. Conker adalah aplikasi AI yang membantu dalam pembuatan soal (pilihan ganda dan esai) sesua dengan materi yang telah dipersiapkan oleh para guru.

Tak hanya itu, para guru diberikan kompetensi pemahaman tentang analisis data juga ditingkatkan melalui pelatihan penggunaan Power BI. Para guru dilatih untuk memanfaatkan analisis data untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam kinerja siswa, membantu mereka memberikan intervensi yang tepat waktu. Pengenalan Generative AI Gemini, dalam sesi pelatihan ini, para dosen menjelaskan bagaimana teknologi generative AI dapat digunakan untuk menciptakan konten edukatif yang unik dan menginspirasi.

Muhammad Irvan, S.Kom.,MM Dosen FASILKOM UMB Memberikan Materi kepada para Guru SMK Reformasi

Abdi Wahab, S.Kom.,M.T salah satu dosen yang terlibat dalam kegiatan ini, menjelaskan pentingnya adopsi teknologi terkini dalam pendidikan. "Revolusi Industri 5.0 membutuhkan pendekatan baru dalam mengajar dan belajar. Kami berharap para guru dapat merasakan manfaat dari penggunaan aplikasi canggih ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan efektif," ujarnya.

Foto Bersama dengan Para Dosen , Mahasiswa/i FASILKOM dan para guru SMK REFORMASI

Para peserta pelatihan memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini, Syahrul Munir salah satu guru SMK Reformasi mengungkapkan “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat sekali untuk kami para guru, pelatihan-pelatihan untuk aplikasi yang dapat membantu dalam proses belajar mengajar membuat kami para guru dapat lebih produktif dan efisien dalam mengerjakan tugas”. Para guru merasa terinspirasi dan siap mengimplementasikan pengetahuan baru ini dalam kelas-kelas mereka, membuka jalan bagi transformasi pendidikan yang lebih baik di masa mendatang. Dengan upaya kolaboratif ini, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana akan terus ikut berperan dalam mempersiapkan pendidik masa depan untuk menghadapi tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh era digital dan Revolusi Industri 5.0.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved