CSR Corner

Pembayaran Zakat & Donasi Saat Ramadan 2024 via Tokopedia Tembus Rp7,8 Miliar

Pembayaran zakat dan donasi via Tokopedia selama Ramadan 2024 tembus Rp7,8 miliar. (dok Tokped)

Ramadan 2024, platform e-commerce Tokopedia menyediakan fitur pembayaran zakat dan donasi atau sedekah. Total dana zakat dan donasi dari masyarakat yang dibayarkan via Tokopedia mencapai Rp7,8 miliar.

“Tokopedia bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan–termasuk BAZNAS, LAZIS NU, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan masih banyak lainnya–telah menghadirkan berbagai pilihan fitur untuk mempermudah masyarakat dalam berbagi kebaikan, tidak terkecuali selama Ramadan 2024, mulai dari zakat fitrah, donasi, wakaf, fidyah, zakat maal dan lain-lainnya,” ujar External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz (18/04/2024).

Rizky mengungkapkan, secara keseluruhan, jumlah zakat dan donasi yang terkumpul di platform Tokopedia mencapai lebih dari Rp7,8 miliar sepanjang Ramadan 2024. Tokopedia juga mencatat antusiasme masyarakat dalam melakukan pembayaran zakat fitrah maupun zakat maal secara online melalui Tokopedia melonjak.

“Pembayaran zakat fitrah melalui Tokopedia naik lebih dari 3,5 kali lipat empat hari jelang Lebaran 2024 dibandingkan dengan periode seminggu sebelum Lebaran 2024. Sedangkan jumlah transaksi pada fitur Zakat Mal lewat Tokopedia melonjak hampir 1,5 kali lipat di periode yang sama,” ungkap Rizky.

Perlu diketahui bahwa bagi masyarakat yang telah membayar zakat melalui Tokopedia, akan mendapatkan bukti setor zakat yang sudah disahkan oleh pemerintah untuk mengurangi penghasilan kena pajak. Hal ini pun tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, termasuk peraturan di bawahnya seperti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2014 dan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2014 tentang zakat. Peraturan Dirjen Pajak Nomor 11 Tahun 2017 juga menegaskan zakat/sumbangan keagamaan yang bersifat wajib dapat dikurangkan dari penghasilan bruto sebagai penghitungan pajak.

“Selain zakat fitrah, Tokopedia juga mencatat minat masyarakat dalam berbagi kebaikan melalui donasi masih sangat tinggi. Hal ini terbukti dari jumlah transaksi pada fitur donasi melejit hampir 2 kali lipat sepanjang Ramadan tahun 2024 dibandingkan dengan periode Ramadan pada tahun 2023 lalu,” katanya.

Rizky menegaskan, hasil donasi pengguna disalurkan oleh mitra lembaga kemanusiaan terhubung untuk memenuhi kebutuhan Ramadan bagi masyarakat yang membutuhkan. Berkat donasi dari masyarakat melalui Tokopedia, para mitra lembaga kemanusiaan terhubung telah menyalurkan berbagai bantuan kepada masyarakat, mulai dari hidangan buka puasa untuk yatim dan dhuafa, parsel Lebaran, tunjangan hari raya, hingga perlengkapan ibadah.

“Melalui kolaborasi dengan para mitra lembaga kemanusiaan, donasi dari masyarakat secara berkala terus menjangkau berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh, Medan, DKI Jakarta, Bandung, Deli Serdang, Pekanbaru, Lombok Barat hingga Papua. Semoga donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan sekaligus menginspirasi lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama,” ucap Rizky.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved