Management

Tips Menjaga Produktivitas Karyawan dalam Bisnis UMKM

Setelah memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk karyawan, pelaku bisnis UMKM perlu menjaga cashflow bisnis agar tetap mendukung kestabilan arus keuangan bisnis. Di sisi lain, pelaku bisnis juga harus menjaga operasional bisnis berjalan dengan baik dan karyawan menjadi salah satu aset bagi perusahaan agar bisnis tetap berjalan.

Untuk menjaga produktivitas dan loyalitas mereka ada tantangan tersendiri dalam proses mewujudkannya. Data laporan survei Global Talent Trends 2024 dari Mercer, 48% karyawan memprioritaskan penawaran manfaat kesehatan dan kesejahteraan minimum bagi pekerja, namun baru 29% perusahaan atau organisasi di wilayah Asia yang fokus pada kesehatan dan kesejahteraan karyawan tersebut.

Tidak hanya itu, laporan Mercer menyatakan, prioritas kedua yaitu 42% karyawan menginginkan pilihan investasi berkelanjutan dalam merencanakan pensiun. Akan tetapi, baru 32% perusahaan atau organisasi di wilayah Asia yang fokus pada rencana pensiun karyawan tersebut.

Group Business and DPLK Group Head Astra Life Rina Novianti mengatakan salah satu aspek penting untuk mendukung produktivitas karyawan adalah memenuhi kebutuhan proteksi asuransi kesehatan dan dana pensiun. Tidak hanya itu, penyediaan fasilitas asuransi kesehatan dan dana pensiun yang diberikan oleh perusahaan memberikan nilai plus agar karyawan menjadi lebih loyal. “Namun, perlu disiasati juga agar fasilitas yang diberikan tidak mengganggu cashflow bisnis,” ucapnya dalam siaran pers di Jakarta.

Rina memberikan tips menjaga produktivitas karyawan dalam bisnis UMKM. Pertama melengkapi proteksi asuransi kesehatan swasta untuk karyawan. Selain program jaminan kesehatan dari pemerintah, pelaku bisnis UMKM bisa menambahkan asuransi kesehatan swasta agar ketika sakit, karyawan tidak perlu meminta rujukan dari fasilitas kesehatan pratama terlebih dahulu.

“Keuntungan asuransi swasta juga tidak perlu menunggu antrian kuota per hari yang merupakan syarat dari program jaminan kesehatan dari pemerintah. Sehingga karyawan dapat lebih efisien dan nyaman ketika berobat, sehingga harapannya dapat segera pulih dan tidak menghambat produktivitas dalam bekerja,” kata dia (18/04/2024).

Kedua, memberikan kompensasi benefit dana pensiun. Menyiapkan dana pensiun juga tak kalah penting agar menjadi daya tarik bagi karyawan agar dapat menikmati hari tua di masa depan dengan aman dan nyaman.

Ketiga, memberikan upah lembur yang sesuai. Setiap karyawan berhak mendapatkan upah lembur atas satuan waktu atau kuantitas pekerjaan yang sudah dilakukan. Upah lembur bagi karyawan juga tertuang dalam pasal 77 dan 78 Omnibus Law Cipta Kerja yang disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 30 Desember 2022 lalu.

Keempat, mengadakan kegiatan yang mendorong kesehatan fisik, selain kegiatan training yang biasa diberikan perusahaan untuk karyawan agar dapat meningkatkan kompetensi kerja, misalnya aktivitas olahraga yang bisa dilakukan bersama antar karyawan seperti fun run atau lari bersama, dan lain sebagainya. “Kegiatan olahraga bersama ini selain dapat meningkatkan kesehatan karyawan juga dapat menumbuhkan kebersamaan yang erat antar karyawan sehingga dapat lebih sehat dan produktif,” ungkapnya.

Kelima, memberikan literasi keuangan untuk karyawan. Untuk meningkatkan kesadaran akan keuangan masa depan, literasi keuangan untuk karyawan juga perlu dilakukan oleh pelaku bisnis UMKM agar karyawan memiliki tempat untuk diskusi terkait alokasi keuangan pribadinya guna memiliki rencana keuangan masa depan yang tepat guna.

Edukasi pensiun perlu didapat sedini mungkin agar karyawan dapat menjaga kesejahteraan di masa tua, mengatasi biaya hidup yang terus meningkat, dan memberikan kebebasan dan kemandirian finansial. Bagi karyawan yang sudah sibuk dengan urusan pribadinya biasanya akan berkonsultasi terkait keuangan pribadinya dengan financial planner.

“Apabila di kantor memiliki tempat untuk diskusi keuangan, maka akan menjadi nilai plus dan kesan tersendiri bagi karyawan, akhirnya bisa lebih produktif dalam bekerja,” kata Rina.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved