Marketing

Menggali Potensi dan Peluang Bisnis di Bangkok RHVAC dan E&E 2024

Menggali Potensi dan Peluang Bisnis di Bangkok RHVAC dan E&E 2024

Setelah diselenggarakan dua tahun yang lalu, Bangkok RHVAC 2024 dan Bangkok E&E 2024 kembali hadir tahun ini. Kedua event tersebut akan diselenggarakan di EH 98 – 100 BITEC, Bangkok, Thailand pada 4 -7 September 2024.

Acara ini mempertemukan produsen, pembeli, penjual, importir, eksportir dan mereka yang terlibat dalam industri AC, refrigerasi, kelistrikan, dan elektronik serta produk dan jasa dari hulu hingga hilir sebagai acara terbesar industri di Asia Tenggara.

Bangkok RHVAC, yang tahun ini memasuki tahun ke 13, adalah salah satu dari lima event pameran dan perdagangan penting di dunia untuk bidang refrigeration, heating, ventilation dan AC. RHVAC merupakan pameran dan perdagangan terbesar kedua di kawasan Asia Pasifik dan terbesar di Asia Tenggara.

Sementara The 9th Bangkok Electric & Electronics 2024 (Bangkok E&E) adalah pameran barang-barang listrik dan elektronik terbaru Thailand, yang akan menampilkan perkembangan terkini di bidang kelistrikan dan elektronika yang berkaitan dengan penghematan energi.

Bangkok E&E 2024 akan menampilkan inovasi dan teknologi terkini dari Thailand dan negara-negara produsen terkemuka lainnya termasuk Tiongkok, ASEAN, Korea, India, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Serikat. Kedua event tersebut boleh dikatakan sebagai one stop solutions, juga merupakan kesempatan emas untuk bertemu langsung dengan produsen terkemuka dari seluruh dunia.

Direktorat Promosi Dagang Internasional (DITP) Kementerian Perdagangan Thailand, unit penyelenggara event tersebut memperkenalkan solusi-solusi produksi yang akrab lingkungan dan teknologi penghemat listrik yang paling mutakhir, Bangkok RHVAC dan Bangkok E&E 2024 akan menghubungkan para produsen, eksportir, dan pelanggan di kawasan Asia Pasifik dan terbesar di Asia Tenggara dengan pedoman: solusi satu pintu - one stop solution.

Pameran Bangkok RHVAC dan Bangkok E&E, yang diadakan setiap dua tahun sekali, merupakan event yang menghimpun produk-produk yang paling sempurna di bidang ini, dari suku cadang dari plastik, logam, karet, pesawat sampai produk-produk jadi seperti bermacam jenis AC dan alat pendingin udara, alat elektronik yang paling mutakhir.

Menurut Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta, Thailand dianggap sebagai salah satu di antara basis-basis produksi terkenal tentang alat listrik dan elektronik di dunia. Thailand juga merupakan produsen cakram keras yang terbesar di dunia, produsen AC yang besarnya nomor dua di dunia, produsen kulkas yang besarnya nomor empat di dunia. Apalagi, banyak brand terkenal di dunia sudah dan sedang memilih Thailand sebagai tempat memproduksi barang mereka. “Oleh karena itu, target event tersebut ialah menyosialisasikan potensi dan produk, memperluas pasar dan menciptakan peluang bagi para mitra potensial di dunia untuk bertemu,” katanya.

Lebih lanjut Sivara mengatakan agar negara-negara ASEAN bersama-sama berkembang, maka perlu melakukan kerja sama dan berjalan seperjalanan. Kalau setiap negara mempunyai satu arah sendiri, akan sangat sulit untuk eksis. Oleh karena itu, ia ingin mengundang para wirausaha, para importir dan eksportir atau majikan pabrik yang bersangkutan dengan barang dagangan, AC, alat teknologi untuk menghadiri pameran yang diadakan Pemerintah Thailand. Pameran ini tidak hanya merupakan tempat menjual barang, melainkan juga tempat saling belajar dan bersama-sama untuk masa depan.

Siapa pun, yang berkepentingan dengan produk-produk yang dipamerkan, bisa datang ke event ini untuk mencari produsen, importir, pelanggan atau mitra bisnis. Selain itu, badan-badan usaha Thailand juga sangat fleksibel dalam bisnis, punya banyak pengalaman, ingin memperluas pasar, melakukan kerjasama bisnis dan pameran ini merupakan tempat berhimpun.

Pameran ini akan memperkenalkan produk-produk kreatif yang baru seperti teknologi drone yang digunakan di bidang pertanian, teknologi penghemat energi, teknologi yang akrab lingkungan dan sebagainya. Beberapa perusahaan asal negara-negara ASEAN, Republik Korea, Jepang, India, Tiongkok dan Eropa akan meramaikan.

Menurut Sivara, tidak ada negara yang memiliki keunggulan di semua segi, maka kita bisa saling membantu untuk berkembang karena kita berada di kawasan CLMV dan bersama-sama punya FTA.

Menurut Direktorat Promosi Dagang Internasional Thailand, sebagian besar produk listrik dan elektronik Thailand diekspor ke pasar Asia dan Timur Tengah. Oleh karena itu, badan-badan usaha negara-negara tetangga, misalnya, termasuk Indonesia, bisa memanfaatkan peluang yang diberikan pameran Bangkok RHVAC dan Bangkok E&E untuk memperkenalkan produk listrik dan elektronik ke dunia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved