Automotive

Agar Para Kartini Masa Kini Bisa Mengemudi Aman

Agar Para Kartini Masa Kini Bisa Mengemudi Aman

Tidak sedikit kaum Hawa yang memilih untuk mengemudi mobil sendiri dengan alasan kenyamanan dan lebih mendapatkan privasi. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan antara pengemudi pria ataupun wanita. Oleh karena itu, para perempuan masa kini juga perlu memahami cara berkendara yang baik untuk meningkatkan keamanan dan menghindari terjadinya kecelakaan.

H Ferry, Chief Operation Office Hyundai Gowa memberikan beberapa saran untuk para 'Kartini' agar tetap prima dan aman berkendara. Menurutnya, pengemudi wanita hendaknya selalu mengasah kemampuan berkendara seperti skill parkir, skill pengereman, perhatikan spion, atau darurat di kecepatan tinggi. “Ketika menggunakan jalan, pengemudi pria maupun wanita memiliki tanggung jawab yang sama dan wajib memiliki kemampuan mengemudi yang memadai,” katanya.

Sebelum mengemudikan kendaraan, pastikan mobil tidak memiliki kendala teknis seperti tekanan angin ban, oli mesin, dan komponen mobil lainnya untuk menghindari mogok. Perhatikan apakah ada suara aneh pada mesin dan semua lampu indikator saat mesin menyala. Sebaiknya, pengemudi mempelajari buku manual kendaraan yang berisi banyak informasi mesin seputar fitur mobil. Jika terjadi masalah, pengemudi wanita hendaknya bisa merespon secara mandiri sehingga tidak panik atau kerepotan.

Selain itu, sebelum memulai perjalanan, selalu pastikan kelengkapan surat-surat yang dibutuhkan dalam berkendara seperti SIM atau STNK masih dalam keadaan aktif. Jika SIM atau STNK mati, akan mengakibatkan masalah seperti kena tilang polisi. Selain itu, apabila surat-surat kendaraan sudah tidak berlaku, maka bisa menyulitkan klaim asuransi jika terjadi kecelakaan.

Lalu, menerapkan safety driving sebelum melakukan perjalanan. dan gunakan sabuk pengaman untuk perjalanan jauh maupun dekat. Dalam berkendara, wanita harus mengontrol emosi untuk menghindari kesalahan manuver saat mengemudi. "Jangan terpancing emosi ketika ada yang memotong jalan atau mudah panik ketika terjadi sesuatu ketika mobil mengalami masalah karena akan meningkatkan risiko kecelakaan. Hindari penggunaan ponsel atau melakukan make up wajah ketika sedang mengemudi mobil, serta selalu patuhi rambu lalu lintas," dia menyarankan.

Bila mengemudi jangan memakai septu hak tinggi. Bentuk sepatu high heels yang menekuk akan membatasi pergerakan kaki dan membuat mengurangi feeling mengemudi. High heels juga meningkatkan risiko kaki tergelincir saat menginjak pedal, sehingga membuat rawan kecelakaan. Sebaiknya, gunakan sepatu yang memiliki alas datar untuk kenyamanan berkendara.

Ferry melanjutkan, selain mengetahui tips aman berkendara, juga perlu mengetahui kondisi kendaraan. J “Kami berharap para Kartini masa kini juga memiliki kesetaraan dalam pengetahuan seputar kendaraannya. Tim kami siap mendampingi dan menjelaskan hal-hal yang ingin diketahui pelanggan agar semakin nyaman dan aman berkendara termasuk menjaga kondisi mobilnya agar selalu prima,” jelasnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved