Trends

Shehacks 2024 untuk Berdayakan Perempuan dalam Technopreneurship

Shehacks 2024 untuk Berdayakan Perempuan dalam Technopreneurship

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) pilar Pemberdayaan Masyarakat kembali menggelar Shehacks 2024 yang bertujuan menginspirasi perempuan Indonesia dalam technopreneurship.

Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan bahwa pihaknya menempatkan pemberdayaan perempuan sebagai salah satu program prioritas dalam mewujudkan tujuan besar memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan kapasitas ekonomi melalui pemanfaatan teknologi digital.

"Melalui SheHacks, kami ingin memberikan dampak lebih besar untuk perempuan di bidang technopreneurship. Kami optimis, kepemimpinan perempuan memegang peran penting dalam memperkuat kesetaraan digital untuk berkarya di kancah internasional,” kata dia.

Shehacks 2024 menghadirkan dua program yaitu Shehacks Ideation Lab, yang merupakan platform khusus untuk peserta pemula dan UMKM. Lewat platform tersebut, mereka bisa mendapatkan mentoring personal secara daring dengan pakar berpengalaman di bidangnya. Program ini juga akan diisi dengan serangkaian sesi workshop offline di lima kota, yakni Medan, Pekanbaru, Palangkaraya, Likupang, dan Sumbawa.

Program lainnya adalah Shehacks for Startup Program untuk mengasah kemampuan pelaku usaha melalui kegiatan seperti pitching battle, program akselerator dan juga akan melibatkan kolaborasi dengan ekosistem startup lokal di tiga kota berbeda yakni Batam, Malang, dan Bali. Agenda ini bertujuan mendukung perempuan mengembangkan bisnis berkelanjutan yang inovatif. Nantinya, peserta terpilih akan mengikuti program mentoring intensif selama 6 bulan.

Lima startups terpilih akan mendapatkan International Validation Trip berupa perjalanan ke Australia untuk melihat secara langsung ekosistem bisnis global seperti korporasi internasional, modal ventura, fintech, e-commerce, agritech, healthtech, biotechnology, dan cleantech. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengapresiasi peluncuran SheHacks 2024 yang akan memberikan edukasi pemberdayaan perempuan.

“Shehacks dapat menjadi wadah untuk membina generasi perempuan di masa depan yang lebih unggul dan setara dengan laki-laki, untuk berkontribusi dalam pertumbuhan perekonomian digital Indonesia,” ujar Menteri PPPA.

Bersamaan dengan peluncuran program Shehacks 2024, Indosat juga berkolaborasi dengan International Telecommunications Union (ITU) menyelenggarakan Girls in ICT Day untuk memberdayakan perempuan di seluruh dunia. Menghadirkan 50 perempuan generasi muda terpilih, Indosat dan ITU memberikan mereka kesempatan untuk secara langsung berbagi inspirasi dengan pemimpin perempuan dari berbagai kalangan mulai dari Angela Tanoesoedibjo sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Reski Damayanti selaku Chief Legal & Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Lisa Widodo sebagai COO & Co-founder Blibli, dan Tsabita Vera Cyavrilla selaku Chief Operating Officer Generation Girl.

“Dengan semangat kesetaraan, saya percaya ajang seperti SheHacks ini dapat menghasilkan lebih banyak perempuan-perempuan berdaya untuk masa depan,” ujar Tsabita di Jakarta (25/04/2024).


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved