Marketing

Tren Belanja Online Ramadan dan Lebaran Tahun 2024

Momen Ramadan hingga Lebaran tahun 2024 telah menghadirkan peluang bisnis online yang lebih baik untuk para pelaku usaha di Indonesia, termasuk para pelaku usaha tergabung di Tokopedia dan Shop Tokopedia di aplikasi Tiktok. Peluang momen ini dimanfaatkan oleh Tokopedia dan TikTok untuk berkolaborasi demi menghadirkan banyak inisiatif yang dapat mendukung lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan TikTok.

“Kolaborasi tersebut membawa dampak yang positif pada tren belanja online masyarakat. Produk groceries (produk-produk kebutuhan sehari-hari termasuk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan diri serta masih banyak lagi), rumah tangga dan fashion adalah beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama periode tersebut,” kata E-Commerce Communications Director Shop Tokopedia Nuraini Razak di Jakarta (25/04/2024).

Selain itu, Tokopedia mencatat beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama periode Ramadan hingga lebaran 2024 di pulau Sumatra dan Jawa adalah groceries, rumah tangga dan fashion. Sedangkan di Kalimantan, beberapa kategori yang terlaris adalah elektronik, groceries dan rumah tangga. Di sisi lain, di pulau Sulawesi, Tokopedia mencatat kategori yang laris manis adalah groceries, elektronik dan fashion. Di Papua, kategori elektronik, groceries serta olah raga dan hobi adalah beberapa kategori yang terlaris.

Sedangkan pada Shop Tokopedia dalam aplikasi TikTok, produk fashion Muslim perempuan, skincare dan makanan ringan adalah beberapa kategori produk yang paling diburu masyarakat pada periode yang sama. Tokopedia dan TikTok merekap secara lebih detail dampak serta tren belanja online masyarakat Indonesia dari deretan inisiatif yang telah dilakukan selama Ramadan hingga Lebaran 2024.

“Penjualan produk groceries dan elektronik masing-masing mengalami kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama kampanye Ramadan Ekstra Seru berlangsung di Tokopedia sepanjang 23 Februari-5 April 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan produk fesyen melonjak hampir 2,5 kali lipat,” ujar Nuraini.

TikTok melalui Shop Tokopedia juga mencatat penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.

Selain itu, Tokopedia bersama TikTok terus menggencarkan kampanye Beli Lokal untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand dan UMKM lokal, termasuk saat momen Ramadan-Lebaran 2024. Beli Lokal merupakan komitmen keberlanjutan dari Tokopedia dan TikTok untuk mendukung brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Di Shop Tokopedia pada aplikasi TikTok, tercatat juga bahwa volume pesanan yang terjadi di kampanye Beli Lokal meningkat 2,5 kali lipat pada Februari 2024 jika dibandingkan rata-rata volume pesanan pada September 2023.

“Kampanye tersebut membawa dampak positif bagi penjualan sejumlah pelaku usaha lokal di Tokopedia bahkan selama Ramadan 2024. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal, dengan rata-rata kenaikan 9 kali lipat khususnya sepanjang bulan Ramadan tahun 2024 jika dibandingkan bulan Ramadan tahun 2023 lalu,” ucap Nuraini.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved