Business Tips

Enam Tips agar Sukses Menjalankan Bisnis Sampingan

Enam Tips agar Sukses Menjalankan Bisnis Sampingan

Memiliki sumber pendapatan dari bisnis sampingan menjadi semakin penting dalam era modern yang penuh dengan ketidakpastian ekonomi seperti saat ini. Bisnis sampingan tidak hanya memberikan stabilitas finansial tambahan, tetapi juga dapat menjadi jaminan dalam menghadapi situasi tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan utama atau krisis keuangan mendadak.

Berdasarkan survei Asia Pacific Side Job Survey 2023, tiga dari lima (59%) responden memiliki pekerjaan sampingan. Alasan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari (61%). Alasan lainnya termasuk lonjakan biaya hidup (44%) dan tidak mengandalkan satu sumber penghasilan (43%).

Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengatakan, apabila saat ini ingin atau baru saja menghasilkan cuan dari bisnis sampingan tetapi memiliki pekerjaan utama, ada beberapa tips agar sukses menjalankan bisnis sampingan. Tips ini bisa dijalankan di sela-sela pekerjaan utama.

1. Pilih bisnis yang sesuai dengan minat

Untuk berhasil memulai bisnis sampingan, langkah pertama adalah memulai dari hal yang diminati. Misalnya, jika suka menulis, maka bisa menjadi freelance writer. Atau jika memiliki bakat dalam fotografi, maka bisa menjadi fotografer pernikahan, dan sebagainya.

2. Tentukan waktu yang jelas untuk bisnis sampingan

Menentukan waktu yang jelas bertujuan agar dapat membagi fokus dengan baik saat menjalankan bisnis sampingan, dengan pekerjaan utama. “Anda perlu menetapkan jumlah jam yang ingin Anda habiskan untuk bisnis tersebut dari awal. Hal ini akan membantu menjaga agar pekerjaan utama Anda saat ini tidak terganggu,” ujarnya beberapa waktu lalu.

3. Rencanakan bisnis sampingan dengan jelas

Meskipun bisnisnya hanya sebagai sampingan, namun untuk mempertahankan keberlangsungan dan fokus, adalah penting bagi Anda untuk membuat rencana bisnis. Ini akan membantu untuk mengetahui arah dan bentuk apa yang akan diambil oleh bisnis sampingan di masa mendatang.

4. Tentukan tujuan pendapatan

Meski bisnisnya hanya sampingan, menetapkan tujuan pendapatan membantu memberikan arah yang jelas dan fokus pada upaya pengembangan bisnis. “Pendapatan yang diperoleh mungkin tidak sebesar pekerjaan utama, memiliki tujuan pendapatan dapat mendorong motivasi dan tanggung jawab untuk mengembangkan bisnis dengan lebih serius,” ungkapnya.

5. Kenali persyaratan legal bisnis yang diperlukan

Selalu pastikan untuk mempelajari tentang legalitas bisnis. Mengingat sekarang telah menjadi pelaku usaha, penting untuk memahami segala aspek hukum dalam dunia bisnis. “Ini akan membantu Anda menghindari kesalahan dan kerugian di masa depan,” tegasnya.

6. Temukan partner bisnis yang tepat

Terakhir, pastikan memiliki partner bisnis untuk membantu agar bisnis sampingan bisa berkembang cepat seperti dalam hal pengiriman barang. Seperti memberikan real-time tracking hingga customer service yang siap membantu segala kendala dalam berbisnis.

“Dengan mengikuti tips-tips tersebut dan membangun bisnis sampingan secara cermat, Anda bisa dapat meraih kesuksesan finansial tambahan yang memberikan jaminan dan kebebasan dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi modern. Jadikanlah bisnis sampingan sebagai alat yang kuat dalam merencanakan masa depan finansial,” kata Andi mengakhiri penjelasannya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved