Marketing

Upaya Mitsubishi Electric Wujudkan Lingkungan Hijau

Jajaran general manager MEIN dan MJEE. (dok MEIN)

PT Mitsubishi Electric Indonesia (MEIN) dan PT Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator (MJEE), yang merupakan bagian dari perusahaan global Mitsubishi Electric, berkomitmen untuk mendukung kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat melalui inovasi teknologi yang berkelanjutan sesuai dengan ‘Visi Lingkungan 2050’. Setiap produk yang dihasilkan hemat energi dan memiliki dampak minimal terhadap lingkungan.

“Di Indonesia, Mitsubishi Electric menjual berbagai produk di antaranya pendingin ruangan AC dan kipas angin, jet towel, produk otomasi seperti PLC, inverter, HMI, perangkat pendukung penghematan energi, software SCADA Genesis64, juga produk elevator dan escalator,” ujar General Manager Sales Department Living Environment Division MEIN Martin Simanjaya, Jumat (26/04/2024).

Dalam mengusung prinsip green building, air conditioning system Mitsubishi Electric yaitu CITY Multi VRF System, baik tipe cooling only ataupun heat recovery memiliki inverter system yang dapat mengurangi konsumsi energi secara drastis dalam sebuah bangunan yang ber AC. Dilengkapi dengan centralize controller dengan berbagai fitur yang dimiliki, tentunya hal ini akan memberikan kenyamanan udara yang maksimal dengan konsumsi energi yang minimal.

“Serta salah satu keunggulan utama CITY Multi VRF adalah kemampuannya untuk tetap beroperasi secara normal, ketika ada unit indoor AC yang sedang dalam proses pemeliharaan maupun perbaikan. Pada sistem AC central konvensional jika salah satu indoor AC dalam pemeliharaan atau perbaikan, seluruh AC harus dimatikan,” ucap Martin.

Martin menjelaskan, untuk mengetahui penggunaan energi pada sebuah gedung maka perlu dihitung. Setelahnya, dengan menggunakan konsep digitalization, perlu memvisualisasikan penggunaan energi sehingga dapat mengetahui jumlah energi yang digunakan secara periodik.

“Dengan mengukur dan memvisualisasikan penggunaan energi tersebut maka nanti dapat mengelola konsumsi jumlah energi untuk mengoptimalkan penggunaan energi agar menjadi lebih efisien. Penggunaan energi terbesar pada sebuah gedung terdapat pada sistem HVAC control & operation, dan lighting control & operation sehingga perlu melakukan pengendalian sistem tersebut untuk menjadi lebih efisien,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Sales & Marketing Department MJEE Ferdinand Djajasoekarsa mengatakan, selain terus meningkatkan upaya ramah lingkungan, perusahaannya juga terus meningkatkan nilai TKDN. “Pabrik Mitsubishi di Indonesia secara bertahap berubah menjadi Pabrik yang ramah lingkungan dan terus meningkatkan TKDN,” ungkapnya.

"Kami terus mengembangkan produk yang komponennya bisa diproduksi di dalam negeri. TKDN produk elevator dan eskalator kami sekarang sudah mencapai 31,2% hingga 41,2%. Targetnya produk-produk tersebut memiliki TKDN minimal 40%," katanya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved