Entrepreneur

Perjalanan Mie Mapan dengan 26 Gerai di Tangan Generasi Kedua

Perjalanan Mie Mapan dengan 26 Gerai di Tangan Generasi Kedua

Setelah sukses sejak tahun 1992 membuka 25 cabang secara bertahap dan tersebar di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bali hingga Jakarta, Mie Mapan membuka gerai terbaru ke-26 Plaza Festival Jakarta. Meski brand yang diusung Mie Mapan, namun menu yang disajikan bukan hanya mi, tapi juga penyetan asli Surabaya.

Langkah ekspansi ke wilayah lain di DKI Jakarta ini boleh dibilang menjadi salah satu jurus menuju go national Mie Mapan agar terbuka lebih lebar kepak sayap bisnisnya. Sebelumnya, Mie Mapan telah membuka dua cabang Jakarta, yakni di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Pesanggrahan, Jakarta Barat.

Meskipun terbilang pemain baru di Jakarta, yaitu sejak tahun 2022, tapi Mie Mapan bisa menyajikan pilihan kuliner mi dan penyet otentik ‘Wong Suroboyo’ yang juga digemari banyak warga Jakarta. Menu yang ditawarkan mulai dari mi babat sapi, mi otot, mi rendang, hingga mi katsu. Sedangkan untuk penyetan, ada iga penyet, otot penyet, empal penyet, ayam penyet hingga penyet keroyokan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp15.000 hingga Rp102.000 per porsi.

Mengapa pilih lokasi Plaza Festival sebagai cabang ke-3 di Jakarta? “Karena lokasinya strategis bagi para pekerja kantoran sekitar dan berada di dalam pusat perbelanjaan, sehingga orang-orang tidak hanya berbelanja, namun juga bisa sekaligus mampir mencicipi masakan mi dan penyet asli Surabaya kami,” ungkap Steven (25/04/2024).

Kehadiran Mie Mapan di Pasar Festival mulai beroperasi pada 22 April 2024. “Dalam masa pembukaan, kami memberikan berbagai promo di antaranya gratis menu Penyet Keroyokan yang berisi banyak variasi penyet ayam, bakwan, udang, empal yang bisa dinikmati berempat, Mie Katsu Asam Manis atau Mie Yamin Karaage favorit warga Jakarta juga bisa dinikmati mulai tanggal 22-24 April 2024. Jika bergabung dengan Member Keluarga Mapan pada 25 April 2024, berkesempatan mendapatkan gratis Pangsit Mie Ayam dan sebagainya,” jelas Steven lagi.

“Untuk ekspansi di Jakarta ini, kami targetkan akan buka 20 outlet Mie Mapan baru hingga akhir tahun 2024,” kata Steven dengan nada optimistis. Dengan demikian, total gerai yang ditargetkan pada akhir tahun 2024 sebanyak 46 outlet. Rinciannya 22 outlet di Jawa Timur, 2 outlet di Jabodetabek, dan 1 outlet di Bali.

Jika ditelusuri jejak perjalanan Mie Mapan di kancah industri kuliner, sejatinya bisnis keluarga ini sudah menginjak usia 32 tahun dan telah dijalankan oleh generasi kedua.

Bisnis keluarga ini berada di bawah kelolaan Mapan Group. Ada empat bersaudara yang mengelola dan salah satunya adalah Jang Steven Sanjaya.

Steven mengungkapkan sebelum menjadi besar, awalnya Mie Mapan adalah usaha rumahan yang dibesut oleh suami istri, Ting Yek Sin dan Jang Hwa Heng. Pertimbangan pilih sajian mi lantaran dianggap kuliner favorit orang Indonesia dan makanan berat kedua setelah nasi.

Waktu itu, buka kedai Mie Mapan diawali di garasi rumah keluarga mereka yang berlokasi di Perumahan Bio Mapan Sentosa, Surabaya Timur. Nama Mapan diambil dengan harapan membawah pengaruh positif dari arti kata mapan itu sendiri. Pada tahun 2007, menu mulai ada tambahan penyetan. Sebut saja . Bakwan Udang Penyet, Empal Udang Penyet, Udang Penyet, Ayam Penyet, Empal Penyet dan Bakwan Penyet. Lalu juga ada pilihan modifikasi lauk.

Kiprah bisnis Mie Mapan tidak selalu mulus, apalagi dalam masa transisi pergantian generasi pengelolanya. Hingga akhirnya pada tahun 2015 mulai mempekerjakan para profesional dan karyawan sekitar 300-an karyawan. “Kami juga memiliki pabrik mi sendiri di Surabaya untuk memproduksi dan menampung kebutuhan mi bagi puluhan outlet.

Mie Mapan juga memperbanyak pilihan menu dengan menghadirkan aneka nasi penyetan mulai 2007.Antara lain Bakwan Udang Penyet, Empal Udang Penyet, Udang Penyet, Ayam Penyet, Empal Penyet dan Bakwan Penyet. Lalu juga ada pilihan modifikasi lauk.

Apa rahasia sukses bisnisnya? “Orang tua kami memberikan wejangan bahwa kita harus telaten dan sabar dalam berbisnis,” ucap Steven seraya menggarisbawahi manajemen Mapan Group dipimpin oleh Steven bersaudara. Pihaknya belum sempat berpikir membuat sistem franchise karena banyak regulasi yang harus disiapkan.

Visi Mie Mapan adalah menjadi restoran mi dan penyet terbaik yang tersebar di Asia. Mapan Group juga membuka peluang bagi para investor bergabung guna mengakselerasi pengembangan bisnis. Salah satu caranya dengan menawarkkan pola partnership. Strategi tersebut terbukti membuat perusahaan ini berkembang pesat dan berkontribusi membuka lapangan pekerjaan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved