Trends

Tingkatkan TKDN, LG Kian Fokus Garap Segmen Komersial

Untuk mendukung industri dalam negeri, Pemerintah mendorong industri untuk meningkatkan persentase Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam suatu produk, salah satunya di Industri elektronik. Untuk mendukung program tersebut, PT LG Electronics Indonesia (LG) baru saja mengumumkan pencapaian TKDN bagi dua kategori produknya dari lini bisnis Digital Display untuk menunjang kebutuhan bisnis dan pendidikan, yaitu Commercial Smart TV dan CreateBoard yang menjadi inovasi LG pada papan tulis digital.

Menurut Agustian Yusetia, Business Head of Information Display LG, peningkatan TKDN menunjukan konsistensi LG untuk terus mengembangkan solusi kebutuhan layar untuk kepentingan konsumen bisnis. Selain itu untuk menegaskan komitmen LG dalam mengembangkan perekonomian dalam negeri lewat upaya semakin melokalkan produk melalui kebijakan TKDN.

Produk terbaru LG yang berhasil mendapatkan nilai TKDN meliputi besar ini diantaranya berasal dari model Commercial Smart TV terbaru LG yaitu UR801C0SB yang hadir dalam tiga pilihan bentang layar. Untuk bentang layar 65 inci, nilai TKDN mencapai 39,62% dan bagi bentang layar 75 inci memiliki nilai TKDN mencapai 36,64%.

Sementara untuk bentang layar terbesarnya yang mencapai 86 inci, memiliki total nilai TKDN mencapai 28,87%. Untuk tipe UR751C0SB dengan ukuran 55 inci mendapatkan nilai TKDN tertinggi mencapai 43,45%. Dalam waktu dekat, LG juga akan mengumumkan untuk nilai TKDN Commercial Smart TV seri UR751C0SB ukuran 50 inci.

Ronny Ardi, Business Development Manager for Commercial TV LG menambahkan pihaknya akan terus meningkatkan line produk untuk mendapat sertifikat TKDN agar harganya semakin bersaing. “Kami sedang mengincar TKDN sekitar 50%, agar bisa masuk daftar wajib beli instansi pemerintah," kata Ronny.

Selain itu , LG juga mengumumkan nilai TKDN untuk dua LG CreateBoard yang menjadi inovasi LG bagi papan tulis digital dengan peruntukan utama bagi fasilitas pendidikan maupun kebutuhan ruang pertemuan kantor. Tipe 65TR3DK yang memiliki bentang layar 65 inci memperoleh TKDN sebesar 37,31%. Sementara pilihan pada bentang layar lebih besar yaitu 86 inci dengan tipe 86TR3DK, nilai total TKDN sebesar 36,78%.

Ronny menegaskan produk-produk Commercial Smart TV dan CreateBoard yang ditingkatkan TKDN hanya untuk segmen komersial saja seperti hotel, resto, sekolah, universitas dan sektor pemerintahan, bukan untuk segmen ritel. “Karena untuk mendapatkan sertifikat TKDN tidak mudah, jadi tidak mungkin kita sertifikasi semua, karena harus per produk, per ukuran dan per seri,” katanya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved