Iptechpreneur

Mandiri Capital Indonesia Siap Jajaki Pasar Regional dan Global

Mandiri Capital Indonesia Siap Jajaki Pasar Regional dan Global

Mandiri Capital Indonesia (MCI), perusahaan modal ventura korporat yang didukung oleh lembaga keuangan terbesar Indonesia, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menggelar program Xponent pertamanya di Bangkok. Money 20/20 Asia merupakan acara global untuk ekosistem digital yang mempertemukan para pemimpin industri dan startup berpengaruh dari berbagai belahan dunia.

Sejalan dengan visi MCI untuk being global, kehadiran Xponent di Money 20/20 pada 23 - 25 April 2024 menandai langkah strategis MCI untuk mengintegrasikan startups dan perusahaan global ke dalam ekosistem Mandiri Group,” jelas Ronald Simorangkir, Chief Executive Officer Mandiri Capital Indonesia dalam keterangan resmi (27/04/2024).

Dengan menekankan pendekatan kolaboratif yang dilakukan oleh MCI, Ronald menyebut pihaknya berfokus untuk mengidentifikasi kebutuhan unit bisnis Bank Mandiri dan berupaya menghadirkan value proposition yang selaras dengan tujuan strategis Mandiri Group. “Melalui acara Money 20/20 kami berharap dapat menemukan startup yang memiliki solusi inovatif dan terobosan baru,” ungkapnya.

Mengukuhkan posisinya sebagai investor strategis, MCI telah meluncurkan program XYZ yang mencakup beberapa inisiatif, di antaranya: pertama, Xponent. Inisiatif ini membantu ekspansi startup dengan memfasilitasi akses pasar dan memperkuat keselarasan bisnis antara startup dan unit bisnis Bank Mandiri. Program ini telah melibatkan 95 startup pada 3 batch, menandatangani 12 MoU, dan melibatkan 25 unit bisnis dalam Bank Mandiri dan anak perusahaannya.

Kedua, Xchange.Inisiatif ini melakukan studi banding dengan mengunjungi lab inovasi internasional. Ketiga, Y-Axis. Inisiatif ini membangun platform jaringan bagi startup dengan investor, komunitas teknologi, BUMN, dan korporasi. Keempat, Zenith. Program akselerasi ini selama empat bulan yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan bisnis melalui mentoring, lokakarya, dan integrasi ekosistem dengan Mandiri Group.

Pada acara Money 20/20 Asia, MCI menggandeng sembilan startup portofolio dan finalis Zenith untuk memperkenalkan produk dan menyampaikan gagasan bisnis mereka. Sembilan startup tersebut adalah Mekari, KoinWorks, AyoConnect, Delos, iSeller, Kecilin, Fishlog, Imajin, dan AI Rudder.

"Kehadiran MCI di Money 20/20 Asia adalah momen penting dalam perjalanan kami menuju ekspansi regional dan global. Xponent lebih dari sekadar program, namun menjadi langkah penting untuk mengintegrasikan startup dan perusahaan global ke dalam jaringan kami. Ke depannya, MCI akan berkomitmen untuk terus memberikan dampak bisnis yang positif bagi Bank Mandiri sekaligus membangun ekosistem startup Indonesia," kata Dennis Pratistha, Chief Investment Officer Mandiri Capital Indonesia.

Dengan mengukuhkan posisi sebagai penggerak utama dalam membangun jembatan sinergi internasional, MCI mendukung ekspansi ekosistem startup Indonesia. Hal ini dilakukan dengan memfasilitasi akses bagi startup global ke pasar Indonesia yang berkembang pesat, dan berbagi ekosistem dan pengetahuan.

Fokus utama MCI adalah untuk memupuk penciptaan value creation dan peluang investasi melalui kemitraan kolaboratif di panggung global. Money 20/20 Asia menjadi platform bagi MCI untuk terhubung dengan berbagai pelopor industri, mengeksplorasi tren yang muncul, dan mengembangkan jangkauannya ke pasar internasional, hingga akhirnya dapat mempercepat pertumbuhan usaha inovatif di pasar global. Saat ini, MCI memiliki beberapa portofolio, dengan jumlah lebih dari 20 startup dari 14 jenis sektor industri, termasuk pemberian pinjaman, B2B value chain dan penyedia pembayaran.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved