Technology

Kominfo Luncurkan Kampanye Makin Cakap Digital 2024

Kominfo Luncurkan Kampanye Makin Cakap Digital 2024

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis kampanye Makin Cakap Digital 2024 #MakinHepii. Kampanye literasi digital yang menyasar generasi milenial dan Z ini bertujuan untuk mengajak netizen Indonesia agar bijak berinternet dan berkarya positif di dunia maya sehingga bisa #MakinHepii.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo RI Slamet Santoso mengungkapkan berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terdapat lebih dari 215 juta jiwa atau 78% penduduk Indonesia telah mengakses internet. Penetrasi internet yang tinggi di Indonesia telah mengakibatkan meningkatnya aktivitas media sosial dan derasnya arus informasi.

Menurutnya, tanpa pemahaman yang baik, hal ini dapat menimbulkan berbagai risiko, seperti penyebaran informasi palsu (hoax), pencurian data pribadi melalui phising, pelanggaran undang-undang ITE, gangguan kesehatan mental, dan masih banyak lagi. Karena itu, edukasi literasi digital perlu terus dilakukan oleh Pemerintah bersama dengan dukungan dari berbagai pihak.

Oleh karenanya kampanye ini tak hanya bertujuan untuk mengedukasi publik agar bisa memanfaatkan internet dengan positif, tahun ini, kampanye Makin Cakap Digital yang mengusung tagline #MakinHepii diharapkan juga bisa semakin meningkatkan literasi masyarakat terhadap bahaya kejahatan digital. Banyak masyarakat yang tergoda keuntungan instan lantas terjebak dalam judi online, investasi palsu, atau penipuan lainnya. Padahal jika dimanfaatkan dengan tepat, internet bisa menjadi sumber pendapatan yang tidak melanggar hukum.

“Nanti jika diperlukan, kami siap bekerjasama dengan berbagai pihak, misalnya OJK, untuk turut turut mengedukasi masyarakat agar terhindar dari berbagai modus kejahatan dan penipuan di dunia maya,” ujarnya dalam siaran pers (27/04/2024).

Adapun Kominfo menargetakan ada 4 pilar yang ingin dicapai melalui kampanye Makin Cakap Digital, yaitu Digital Skill, Digital Ethic, Digital Safety, dan Digital Culture, sehingga generasi muda bisa memanfaatkan internet atau sosial media untuk semakin memberi dampak positif baik bagi dirinya sendiri maupun bagi lingkungannya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved