Technology

HolidAI Singapura Mudahkan Turis Indonesia Melancong

HolidAI Singapura Mudahkan Turis Indonesia Melancong

Sepanjang tahun 2022 Singapura mencatat kedatangan wisatawan global sebanyak 6,3 juta orang dengan nilai Sin$13,8 miliar hingga Sin$ 14,3 miliar. Adapun jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura pada tahun tersebut sebanyak 1,1 juta orang dengan total nilai Sin$ 1,1 miliar.

Sementara itu, tahun 2023 Pemerintah Singapura merilis data kunjungan turisnya total 13,6 juta orang. Jumlah ini melonjak 200% dibandingkan capaian tahun 2022 sebanyak 6,3 juta turis. Angka ini sesuai dengan perkiraan dan target pariwisata Singapura. Dari jumlah turis di 2023 itu, 2,3 juta di antaranya merupakan pendatang dari Indonesia.

Di Kuartal I tahun 2024, lebih dari 664.000 wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura. Jumlah ini meningkat 33,8% dibandingkan periode yang sama tahun 2023. Wisatawan Indonesia menyumbang lebih dari 45% dari total turis Singapura yang berasal dari Asia Tenggara.

Kendati sudah berhasil menyedot banyak wisatawan asal Indonesia, Pemerintah Negeri Singa itu tidak lekas berpuas diri. Melalui Singapore Tourism Board (STB) Indonesia, negeri jiran itu agresif menarik turis Indonesia. Salah satunya dengan kerja sama GDP Venture. Keberhasilan kolaborasi ini dilanjutkan dengan memperpanjang kemitraannya dengan GDP Venture melalui Memorandum of Cooperation satu tahun yang diteken kedua pihak di Jakarta. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Terrence Voon selaku Executive Director, Southeast Asia STB, dan Danny Wirianto, Chief Business Officer GDP Venture.

Kemitraan bisnis ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture dalam meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan pengunjung asal Indonesia ke Singapura. Menariknya, kerja sama selama setahun terakhir ini menghasilkan terlaksananya kampanye inovatif yang menampilkan selebriti dan influencer ternama Indonesia melalui perusahaan media portofolio GDP Venture seperti Kumparan, Kincir, dan Narasi. Selain itu, meliputi promosi akomodasi dan tiket penerbangan Singapura di perusahaan terafiliasi GDP Venture lainnya, yakni Tiket.com.

“Melalui pengalaman berwisata yang mendalam dan narasi yang menarik, kolaborasi ini telah menginspirasi wisatawan Indonesia untuk melakukan eksplorasi lebih lanjut dan menemukan hidden gems di Singapura,” ungkap Terrence. Dan perpanjangan kerja sama tersebut bakla menghadirkan elemen-elemen inovatif baru, termasuk pengenalan perencana perjalanan berbahasa Indonesia pertama yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI), yakni HolidAI Singapura.

Melalui platform AI ini, wisatawan Indonesia akan mendapatkan akses ke rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan durasi perjalanan mereka dan jumlah anggota keluarga yang ikut berwisata.Juga, rekomendasi yang tepat bagi wisatawan Muslim yang memiliki kebutuhan atas makanan dan minuman halal.

Sebagai platform AI berbasis Bahasa Indonesia, HolidAI Singapura juga bertujuan untuk meningkatkan inklusivitas serta menfasilitasi pengalaman Singapura yang dapat diakses oleh populasi Indonesia yang lebih luas.

Kemitraan ini juga memanfaatkan saluran media GDP Venture untuk menjangkau berbagai segmen sasaran di Indonesia, serta mendorong mereka untuk membeli paket liburan ke Singapura melalui Tiket.com.

"Kami antusias bisa melanjutkan kerja sama dengan GDP Venture, yang telah menjadi mitra berharga dalam memperkuat daya tarik Singapura sebagai tujuan wisata pilihan bagi wisatawan Indonesia. Kehadiran platform pembuat rencana perjalanan yang didukung AI adalah contoh bagaimana kami berinovasi untuk membuatkan rekomendasi perjalanan yang disesuaikan dengan kebutuhan unik masing-masing wisatawan Indonesia, menyederhanakan proses perencanaan perjalanan mereka, dan meningkatkan visibilitas beragam atraksi di Singapura," kata Terrence.

Dalam kesempatan yang sama, Danny berujar, kelanjutan kemitraan dengan STB pada tahun kedua merupakan bukti komitmen bersama terhadap inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan. Upaya kolaboratif ini telah mencapai keberhasilan dalam memperkuat posisi Singapura di pasar Indonesia. Pembuat rencana perjalanan yang didukung AI juga mencerminkan upaya GDP Venture dalam memanfaatkan teknologi dan strategi pemasaran terpersonalisasi untuk meningkatkan pengalaman bagi konsumen Indonesia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved