Strategy

Strategi Bisnis Astragraphia Dorong Pertumbuhan Pendapatan di 2024

PT Astragraphia Tbk (ASGR) berusaha untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dari tahun ke tahun. Perseroan optimistis dapat meraih pertumbuhan pendapatan melalui fundamental bisnis yang kuat dan secara efektif melakukan eksekusi inovasi bisnis.

“Kami melihat potensi bisnis yang semakin luas seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Dalam menjaga kelangsungan bisnis dalam jangka panjang, perusahaan berfokus dalam penguatan fundamental bisnis yang disertai dengan pemberian ruang eksplorasi yang cukup bagi pertumbuhan bisnis baru,” kata Direktur Uaram ASGR Hendrix Pramana dalam public expose RUPST, akhir pekan lalu.

Hendrix mengungkapkan, perseroan telah menetapkan beberapa langkah-langkah inisiatif strategis yang akan dilakukan selama tahun buku 2024, antara lain mengoptimalkan keuntungan melalui penguatan bisnis inti, khususnya di area solusi dokumen dan layanan teknologi informasi. Selanjutnya perseroan akan memperkuat kapabilitas layanan dan daya saing di bidang percetakan & teknologi digital.

“Kami juga terus mendorong pertumbuhan dengan mengembangkan inisiatif-inisiatif baru di bidang solusi percetakan, teknologi & transformasi digital yang sesuai dengan permintaan dan kondisi pasar, lalu akan memperkuat kompetensi sumber daya manusia untuk tetap relevan dengan kebutuhan bisnis dan meningkatkan produktivitas. Terakhir akan memperkuat kontribusi sosial yang fokus pada empat pilar yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan,” ungkapnya.

Secara garis besar, pengembangan inisiatif bisnis dibagi menjadi tiga yakni industri percetakan atau document solution, solusi teknologi informasi dan entitas anak. Pada industri percetakan perseroan masih terus mempercepat penjualan produk dan solusi yang terkait dengan color machines untuk dapat mencapai profitabilitas yang lebih baik, mempertajam end-to-end document solution sesuai kebutuhan menyasar pada segmen perkantoran di berbagai industri melalui pendekatan vertikal dan horizontal.

“Pada lini ini kami akan mengembangkan layanan seperti workflow solution dan digital document automation, serta complimentary product & services. Selain itu, kami juga mengembangkan produk dan solusi pre-press, press, hingga post press pada industri percetakan graphic art dengan berbagai media aplikasi. Melalui penetrasi pasar yang konsisten, kami mampu mempertahankan posisi pemimpin pasar di segmen perangkat multifungsi berwarna A3 dan printer produksi,” ucap Hendrix.

Pada unit usaha solusi teknologi informasi, AGIT berfokus pada IT services (managed services, operation services, dan business application services), dan pengembangan standar, proses, metodologi serta kompetensi di area IT Services. Peningkatan dalam management resource serta peningkatan resource productivity juga menjadi fokus AGIT ke depan.

“Lalu dari entitas anak AXI yang menjalankan unit usaha solusi perkantoran akan fokus untuk meningkatkan kontribusi dari sektor B2B melalui layanan di bidang percetakan, dan 3D printing untuk segmen industrial,” ungkap Hendrix menutup penjelasannya.

Sementara itu, alokasi capital expenditure atau belanja modal yang dianggarkan pada tahun 2024 adalah sekitar Rp270 miliar. Sebagian besar akan digunakan untuk mesin mesin yang akan disewakan dan juga untuk kebutuhan internal seperti maintenance, IT development, dan lain-lain.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved