Trends

Agen BRILink Tatang Sutardi Pada 2024 Berikan Referral Kredit BRI Untuk 4 Pedagang Cilik

Tatang Sutardi, Agen BRILink merekomendasikan kredit modal usaha untuk UMKM. Tatang menunjukkan mesin EDC dan QRIS di gerainya di Depok, Jawa Barat, pada Selasa, 23 April 2024. (Foto : Vicky Rachman/SWA).

Tatang Sutardi, Agen BRILink di Jalan Proklamasi, Depok, Jawa Barat, pada awal tahun ini membukukan rekomendasi (referral) untuk 4 orang memperoleh kredit dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Setiap bulan, Tatang menargetkan 1-3 kali referral Kupedes (Kredit Umum Pedesaan) dan Kupedes Extra Cepat (KeCe). “Jumlah referral di Januari hingga Maret 2024 di tempat saya sebanyak 2 kali untuk KeCe dan Kupedes 2 kali. Total ada 4 orang yang diberikan referral dari saya kepada mantri BRI,” ujar Tatang saat berbincang dengan SWAonline di Depok pada Selasa (23/4/2024).

Tatang menyampaikan mantri BRI bekerjasama dengan Agen BRILink untuk referral kredit modal usaha kepada masyarakat atau calon debitur. Tatang hanya bertugas memberikan rekomendasi kepada BRI. Calon debitur dinilai kelayakannya oleh BRI untuk menyalurkan Kupedes dan KeCe. Tatang memperoleh informasi lisan dari mantri (petugas ultra mikro) Kantor BRI Unit Depok Timur, Azwar Jupri, perihal penyaluran Kupedes dan KeCe itu telah disetujui dan disalurkan kepada empat orang tersebut. “Target pengajuan referral Kupedes dan KeCe minimal sekali dalam sebulan,” ujar Tatang.

Mayoritas pemohon kredit Kupedes dan KeCe yang direkomendasikan Tatang itu adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mereka ada yang berprofesi sebagai pedagang tahu bulat dan bakso. Tatang menekuni usaha Agen BRILink sejak 2018. Lokasi Agen BRILink Tatang ini persis di depan Kantor BRI Unit Depok Timur di Jalan Proklamasi. Walau demikian, masyarakat banyak yang meminati layanan di Agen BRILink-nya.

Dia menyampaikan sebagian besar pelanggannya tidak mengetahui fasilitas kredit BRI bisa diakses masyarakat di Agen BRILink. “Bagi saya, tugas referral adalah pengabdian dan memberikan inklusi keuangan untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan modal usaha. Saya mempelajari produk kredit BRI untuk diinformasikan kepada para pelanggan,” tutur Tatang.

Persyaratan Kupedes

Sumber : BRI

Pada 2023, Tatang memberikan referral kredit ke BRI sebanyak 5 kali per bulan. “Rata-rata jumlah referral KeCe sebanyak 3 kali dan Kupedes 2 kali dalam sebulan,” ungkapnya. Berdasarkan data ini, Tatang merekomendasikan 60 kali referral kredit BRI di sepanjang tahun lalu. Untuk mencegah risiko kredit macet, Tatang melakukan pendekatan persuasif kepada debitur walau penagihan bukan tugasnya Tatang. Nasabah yang seperti demikian hanya hitungan jari.

Guna mencegah risiko seperti demikian, Tatang rutin menjalin komunikasi, mengecek latar belakang, dan melakukan verifikasi data dan identitas para pemohon kredit. Masyarakat banyak yang mendatangi Tatang lantaran informasi dari mulut ke mulut mengenai fasilitas referral tersebut. Pada Januari hingga 24 April 2024 belum ada pelanggan Tatang yang mengajukan Kupedes dan KeCe.

Ihwal layanan Agen BRILink, Sunarso, Direktur Utama BRI, menjabarkan Agen BRILink itu tersebar di seluruh Indonesia dan berperan mendorong inklusi keuangan. “Alhamdulillah, kita sekarang telah memiliki 796 ribu agen di seluruh Indonesia, di 75.000 desa. Jadi, jumlah agen lebih banyak daripada jumlah desa," tutur Sunarso pada siaran pers di Jakarta pada Rabu, 10 April 2024.

Agen BRILink mempraktikkan economy sharing juga secara konsisten terus dilakukan oleh BRI melalui keberadaan AgenBRILink. Hingga akhir Desember 2023 tercatat BRI telah memiliki lebih dari 740 ribu AgenBRILink. Nilai transaksi Agen BRILink pada 2023 sebesar Rp 1.427 triliun dan memberikan fee based income kepada BRI senilai Rp 1,5 triliun di sepanjang tahun lalu. Bagi para Agen BRILink, nilai pendapatan yang mereka terima bisa mencapai 2-3 kali lipat dari yang diterima oleh BRI. Keberadaan BRI melalui Agen BRILink ini membuka lapangan pekerjaan dan pendapatan kepada masyarakat.

Agen BRILink melayani kebutuhan masyarakat lantaran menyediakan beragam layanan, antara lain pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan dan pinjaman, transaksi tarik tunai, transfer uang dengan cepat, mudah dan aman. Agen BRILink juga bisa melayani penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucher games, serta melayanai kebutuhan perjalanan dengan layanan pembelian tiket bus, shuttle dan ferry.

Ketersediaan Agen BRILink diapresiasi pada tingkat global karena diganjar penghargaan internasional kategori Transformation Project dari The Banker dalam penghargaan Innovation in Digital Banking Awards 2023. Kemudian, Prof. Jay K Rosengard, Adjunct Lecturer Harvard Kennedy School pernah menyampaikan kehadiran AgenBRILink menjadi salah satu bukti BRI mampu mengelaborasi digitalisasi dan personal touch. Melalui proses transaksi yang terdigitalsiasi di agen, masyarakat dapat terlayani secara dekat serta tidak terbatas pada waktu. Hal tersebut sangat dibutuhkan utamanya bagi masyarakat di wilayah yang jauh dari jangkauan kantor cabang atau branch unit bank.

Sunarso mengatakan Agen BRILink merupakan salah satu langkah perseroan untuk membangun pertumbuhan bisnis dengan operational cost yang relatif lebih rendah dan dapat efektif menjangkau nasabah di wilayah 3T. Tidak hanya memberikan layanan transaksi keuangan layaknya kantor bank, AgenBRILink juga dapat melakukan referral kredit. “Perseroan kembangkan menjadi referral kredit, sehingga BRI tidak perlu membuka cabang untuk menyalurkan kredit,” ujar Sunarso. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved