Property

Ammaia Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

Ammaia Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

Ammaia Ecoforest dikembangkan oleh Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerja sama dua developer properti, yaitu Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif dengan konsep hunian berkelanjutan dan gaya hidup ramah lingkungan di Cikupa, Tangerang.

Setelah mengukuhkan projek residensial tersebut dalam groundbreaking yang digelar pada Juli 2023 lalu, ALI menegaskan kembali konsep keberlanjutan Ammaia Ecoforest dengan Sertifikasi Greenship Neighborhood peringkat gold yang dianugerahi oleh Green Building Council Indonesia (GBCI).

Mengusung tema ‘Uncovering Sustainable Living Journey’, acara Ammaia Ecoforest Media Tour dihelat dalam rangka memperingati Hari Bumi atau Earth Day yang merupakan bagian dari kampanye Environmental, Social & Governance (ESG) dari Astra Property, Earth Life Matters. Kampanye ini merupakan wujud komitmen dalam meningkatkan kualitas hidup para pelanggan, dengan menerapkan nilai-nilai ESG yang menciptakan ekosistem berkelanjutan di seluruh projek Astra Property, sejalan dengan Ammaia Ecoforest yang menghadirkan pengalaman hunian yang berkualitas dengan nilai berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Bukan tanpa alasan, konsep keberlanjutan pada hunian telah menjadi incaran properti konsumen di tahun 2024. Menurut DPP Realestate Indonesia (REI), memiliki rumah yang memperhatikan aspek keindahan, kenyamanan, keamanan, kesehatan hingga keberlanjutan adalah impian saat ini. Hal tersebut, salah satunya, juga merupakan dampak dari pandemi yang meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan di lingkungan rumah.

Tony Soetanto, Project Director Ammaia A Ecoforest mengatakan, Ammaia Ecoforest merupakan wujud nyata dari komitmen Astra Land Indonesia terhadap pembangunan hunian yang berkelanjutan. Meliputi 50 hektare lahan hijau yang subur dengan 30% dari area publik yang didedikasikan untuk area hijau, projek ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum, memperbarui keanekaragaman ekosistem alami, dan mendorong pendekatan yang menyeluruh untuk menjaga dan memulihkan keseimbangan ekologi serta keberlanjutan lingkungan.

Greenship Neighborhood yang dicanangkan oleh Green Building Council Indonesia memiliki peran penting dalam membentuk komunitas menjadi tempat tinggal yang berkelanjutan, mengutamakan harmoni antara arsitektur, alam, dan penghuninya.

“Green Building Council Indonesia dari World Green Building Council berkomitmen Net Zero Carbon Building yang berupaya mengatasi emisi karbon operasional dan emisi karbon dari sektor bangunan dan konstruksi. Melalui sertifikasi Greenship, kami mengapresiasi konsep hunian berkelanjutan dari Ammaia Ecoforest yang sejalan dengan misi kami tersebut, “ ujar Iwan Prijanto, Chairman Green Building Council Indonesia dalam siaran pers (26/04/2024).

Iwan menambahkan, Ammaia Ecoforest telah memenuhi enam kriteria dari sertifikasi Greenship, yaitu pengembangan lokasi tepat guna, efisiensi dan konservasi energi, konservasi air, sumber daya dan siklus material, kesehatan dan kenyamanan dalam ruangan, serta pengelolaan lingkungan bangunan.

Untuk mencapai sertifikasi Greenship, Ammaia Ecoforest mempertimbangkan banyak manfaat bagi masyarakat umum dan penghuni di masa depan. Kehadiran ruang terbuka hijau (RTH) sekitar 30% dari luas lahan, termasuk taman seluas 5,4 hektare yang disebut “ecoforest” dapat 1 DPP Realestate Indonesia di Urban Forum Gathering and Tree Planting 2023 menjaga keserasian dan keseimbangan ekosistem lingkungan, yang menciptakan suasana sejuk serta meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih sehat. Selain itu, tersedia 2,38 km jalur pedestrian/jogging track asri yang tersambung dengan setiap kluster memberikan kenyamanan dalam menikmati waktu berkualitas bersama keluarga.

ALI menargetkan 128 unit akan dibangun untuk cluster pertamanya yang dinamakan Lavatera. Membentang seluas 2 hektare, Lavatera akan membawa tema ecoforest yang dipenuhi berbagai tanaman dan bunga menarik yang akan menambah semangat bagi penghuninya.

Demmy Indranugroho, Head of Corporate Communications Astra Land Indonesia menuturkan harapannya agar konsep hunian Ammaia Ecoforest dapat menunjang kehidupan yang dekat dengan alam, aktif, dan sehat dalam pemenuhan visi untuk menjadikan hunian sebagai tempat yang tepat untuk membangun keluarga, merayakan kehidupan, dan untuk menjalin cerita.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved