Trends

Kick-off Fase Bootcamp AKI 2024 Dimulai di Bekasi dan Serang

Kick-off Fase Bootcamp AKI 2024 Dimulai di Bekasi dan Serang

Direktorat Kuliner Kriya Desain dan Fesyen, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memulai rangkaian Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024. Fase Bootcamp sendiri adalah lanjutan dari Fase Pendaftaran (Februari-Maret 2024) dan Fase Kurasi dan Temu Sapa Peserta (Maret 2024).

Nantinya Fase Bootcamp akan digelar selama 3 hari, di tiap 12 kota / kabupaten (Bekasi, Singkawang, Blitar, Palu, Magelang, Serang, Toba, Tanjung Pinang, Ternate, Labuan Bajo, Denpasar dan Merauke). Fase Bootcamp berlangsung dari tanggal 23 April hingga akhir Mei 2024. Dari 6680 ribu pendaftar yang sudah masuk di Fase Pendaftaran untuk 7 Subsektor (Kuliner, Kriya, Fesyen, Aplikasi, Gim, Musik dan Film) hanya 410 Jenama yang lolos tahapan Kurasi yang akan ikut Fase Bootcamp.

Kegiatan ini untuk mengembangkan kapasitas pelaku usaha kreatif dan memfasilitasi perluasan akses pasar produk kreatif, para peserta Fase Bootcamp akan mendapat materi, diantaranya pada hari pertama, hak kekayaan intelektual, pitching & presentasi, dan pengelolaan keuangan. lalu pada hari kedua akan disampaikan materi-materi; produk review & branding, marketplace & promosi digital, design thinking & business model, legalitas & standarisasi usaha. Sebagai penutup di hari terakhir peserta akan mendapatkan materi Slaosialisasi E-katalog dan coaching clinic & mentoring.

Kota Bekasi dan Serang menjadi 2 kota pertama yang menggelar Fase Bootcamp AKI 2024, yang berlangsung pada tanggal 23 April hingga 25 April 2024. Dari Kota Bekasi dan Serang sama-sama ada 38 Jenama / Brand yang lolos mengikuti Fase Bootcamp. Beberapa diantaranya ada Beema Honey (kuliner), Nu’kieu (kriya), Lace Dream (kriya), Tracco (aplikasi), Muslim Raya (gim), Khana Sultan (musik), dan Ngobong (film).

Para mentor yang terlibat dalam Fase Bootcamp AKI 2024 adalah para profesional dan praktisi di bidang ekonomi kreatif. Beberapa nama diantaranya seperti; Deryansha (CEO Kasisolusi), Wignyo Rahadi SE (Founder dan CEO Tenun Gaya), Fauzy Prasetya Kamal (Co-Founder Kandura Studio), Franke Soeria (Dewan Mode Muslim, Founder Benang Project), Hari Sungkari (Pakar Bidang Aplikasi dan Gim), Nilam Sari (Owner Kebab Baba Rafi), Freddy Chriswantra (Ketua Umum Aliansi Desainer Produk Indusgri Indonesia), Andandika Surasetje (Direktur Kreatif Jakarta Fashion Week), Rachmant Anggara (Co Founder Qasir.id), Suci Sandi (Dosen, Peneliti, Trainer Manajemen, Pariwisata dan Hospitality) dan Iman Setiobudy (Anggota Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia dan Himpunan Desainer Mebel Indonesia).

Tergerak oleh misi Kemenparekraf dalam mengakselerasi kemajuan ekonomi kreatif para mentor yang dipilih di Fase Bootcamp sudah siap memberikan ilmu-ilmu 'daging'nya.

"Kalau kita bicara optimasi UMKM, salah satu Kementerian terkait yang sangat serius membantu UMKM agar naik kelas, ber eskalasi, tumbuh dan berkembang itu adalah Kemenparekraf. Salah satu upayanya adalah Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024. Ilmu-ilmu marketing, branding, selling saya akan buka semua di Bootcamp, karena seperti yang diminta oleh Pak Sandiaga Uno, ekonomi kreatif ini bergerak pesat," ujar Deryansha, CEO Kasisolusi.

Wignyo Rahadi SE, Pendiri dan CEO Tenun Gaya, target output dari materi yang berikan dalam Bootcamp sebagai penguatan dalam membuat busana siap pakai, dan bagaimana menyiapkan koleksi untuk peragaan fashion show. Setelah mengikuti Bootcamp, tahapan berikutnya bagi para peserta adalah mengikuti pameran yang akan berlangsung di masing-masing Kota dan kabupaten di bulan Mei – Agustus 2024. Kemudian ditutup dengan tahapan akhir dar rangkaian kegiatan AKI 2024, dengan Malam Puncak yang akan diadakan di Jakarta pada bulan September 2024.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved