Capital Market & Investment

BRI Group Perkokoh Sinergi Anak Usaha, Perkokoh Ekosistem Layanan Finansial

(ketiga dari kanan) Laksono Widodo, Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan pada Kamis, 25 April 2024. (Foto : Vicky Rachman/SWA).

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Group, memperkokoh sinergi dan kolaborasi bisnis untuk mengkreasikan layanan keuangan terintegrasi (one stop financial solution). BRI Group, melalui anak perusahaanya, PT BRI Danareksa Sekuritas, meningkatkan cross selling itu menerapkan beberapa strategi, diantaranya pelaksanaan program pemasaran bersama (joint marketing program) antara BRIDS dan BRI Group, penyelarasan pipeline bisnis untuk nasabah korporasi hingga memperkokoh layanan digital meningkatkan layanan terhadap nasabah individu. Sinergi dan kolaborasi mulai dilakukan sejak BRIDS bergabung bersama BRI Group di tahun 2018.

Laksono Widodo, Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS), menyampaikan Peluang bisnis yang dihasilkan melalui sinergi antara BRIDS dan BRI Group itu cukup banyak, terutama cross selling produk dan layanan pasar modal. Penguatan layanan digital melalui kolaborasi antara aplikasi BRIGHTS dan aplikasi super apps BRImo guna meningkatkan layanan terhadap nasabah individu. Sinergi dan kolaborasi ini berdampak positif karena BRI Group menawarkan one stop financial solution kepada seluruh nasabah sehingga mereka dapat memenuhi seluruh kebutuhan jasa keuangan melalui ekosistem terintegrasi yang ditawarkan oleh BRI Group,” tutur Laksono saat dijumpai SWAonline di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan pada Kamis (25/4/2024).

Pembukaan rekening dana nasabah (RDN) yang dapat dilakukan via aplikasi BRImo. BRIDS juga menjalankan program Employee Stock Ownership Program (ESOP) atau program kepemilikan saham oleh karyawan, bersama anak perusahaan BRI lainnya. Selain itu, kerja sama dalam akselerasi pertumbuhan investor pasar modal juga masih menjadi fokus utama sebagai salah satu strategi dalam penguatan bisnis ritel di BRIDS maupun anak usaha BRI Group. Salah satu fitur terbaru adalah penarikan dividen dipercepat yang merupakan hasil sinergi antara BRIDS dan Bank Raya di awal tahun 2024 ini,” ujar Laksono.

Bank Raya juga terus mempererat sinergi dengan ekosistem BRI Group melalui produk Pinang Dana Talangan, seperti kolaborasi dengan BRI Danareksa Sekuritas untuk program Pencairan Dividen Dipercepat khusus bagi seluruh nasabah pengguna aplikasi online trading BRIGHTS yang juga merupakan pemegang saham BRI melalui Pinang Dana Talangan, serta berkolaborasi dengan PT Pegadaian untuk mengakses dana talangan kepada para agen gadai seluruh Indonesia.

Pinang Dana Talangan, sebagai salah satu produk andalan Bank Raya yang telah dimanfaatkan di ekosistem BRI Group seperti Agen BRILink. Pada Pinang Dana Talangan, akses pembiayaan untuk produktivitas harian Agen BRILink dapat terfasilitasi. Bank Raya menyediakan fasilitas pinjaman jangka pendek yang dapat digunakan agen untuk memenuhi permintaan transaksi pelanggan.

Ida Bagus Ketut Subagia, Direktur Utama Bank Raya, menyampaikan Bank Raya berinovasi dengan membangun distinctiveness product agar dapat menjadi competitive advantage. Disamping itu, sebagai bagian dari BRI Group, Bank Raya memiliki dukungan induk usaha agarBank Raya memperluas akses pasar dan berekspansi.

Fokus Bank Raya terus berinvestasi pada pertumbuhan jangka panjang dan berkelanjutan yang akan meningkatkan resiliensi bisnis di tengah kondisi pasar yang semakin dinamis. “Perkuatan sinergi dengan ekosistem induk kami, yaitu BRI Group, memungkinkan kami untuk menjangkau lebih banyak nasabah guna mendukung langkah kami menuju pertumbuhan digital yang berkelanjutan,” tutur Bagus dalam siaran pers di Jakarta pada Jumat, 26 April 2024.

Perihal kolaborasi BRI Group, Handayani, Direktur Konsumer BRI, mencontohkan sinergi BRI dengan Pegadaian untuk mendorong minat masyarakat terhadap aset emas dan barang mewah (luxury brand). Kerja sama ini, nasabah dapat melakukan investasi melalui kepemilikan emas. Selain itu, terdapat fasilitas gadai efek lantaran nasabah dapat memperoleh pinjaman dengan jaminan berbentuk saham dan atau obligasi tanpa warkat (scriptless) yang tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

Nasabah yang memiliki minat mengoleksi barang branded, juga terdapat fasilitas gadai luxury. Fasilitas ini merupakan fasilitas pinjaman yang diberikan Pegadaian atas dasar hukum gadai untuk jangka waktu tertentu. Nantinya, objek jaminan dan penguasaannya diserahkan oleh nasabah atau kuasanya kepada Pegadaian. Kemudian fasilitas G-Lab sebagai salah satu layanan Pegadaian yang meliputi gemstone identification report, diamond grading, jewelry report, tailored service (gabungan layanan yang dapat menyesuaikan kebutuhan nasabah).

Tabungan Emas, Cicil Emas, Gadai Efek, Gadai Luxury, dan G-Lab sangat mudah didapatkan. Nasabah dapat berkomunikasi secara online atau dapat datang langsung ke Sentra Layanan Prioritas BRI dan BRI Private Signature Outlet terdekat untuk bertemu dengan Relationship Manager Prioritas dan Private Banker. Nasabah akan mendapatkan informasi terkait produk dan layanan yang dibutuhkan nasabah. Dengan adanya sinergi antara BRI dengan Pegadaian tersebut, diharapkan dapat menjadi inovasi baru dan alternatif solusi untuk penambahan fasilitas dan layanan baik bagi para nasabah BRI Private, maupun BRI Prioritas. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved