Corporate Transformation

Corsec Pertamina International Shipping, Menopang Kesuksesan Transformasi Perusahaan

Corsec Pertamina International Shipping, Menopang Kesuksesan Transformasi Perusahaan
Muhammad Aryomekka Firdaus, Corporate Secretary PT Pertamina International Shipping.

Tak salah bila disebut bahwa peran Tim Corporate Secretary PT Pertamina International Shipping (PIS) dalam tiga tahun terakhir sangat krusial. Maklum, perusahaan subholding di Pertamina Group ini memang sangat sibuk melakukan transformasi pada multilini bisnisnya. Sehingga, banyak inisiatif yang dijalankan perusahaan yang menuntut kehadiran dan peran Tim Corsec.

Terlebih, sebagai subholding, PIS membawahkan beberapa anak usaha dengan skala bisnis yang cukup besar. Antara lain, PT Pertamina Trans Kontinental, Pertamina Port & Logistics, dan Pertamina Energy Terminal.

Tim Corsec PIS yang dikomandani Muhammad Aryomekka Firdaus sejauh ini sudah melakukan hal-hal strategis dalam menjalankan fungsinya. Baik itu di bidang komunikasi, GCG compliance, CSR, maupun courtesy.

Di bidang compliance GCG, misalnya, Tim CS PIS berusaha menjalankan berbagai improvement di bidang GCG: mengimplementasi Conflict of Interest Policy, Company Code of Ethics Policy, LHKPN Submission Policy, Gratuity Policy, Whistle Blowing System Policy, dan atribut lain yang dibutuhkan dalam implementasi GCG. Tak mengherankan, berdasarkan asesmen terakhir yang dilakukan, skor GCG PIS sudah di level 89,953.

Di bidang komunikasi, Tim Corsec PIS telah melakukan hal yang signifikan dalam membangun sinergi antardirektorat untuk memperkuat brand identity-nya dan membangun kepercayaan dari stakeholders. Penguatan bidang komunikasi dilakukan secara internal dan eksternal. Dari sisi internal, hal itu untuk membangun soliditas internal dalam mendukung transformasi perusahaan dan penguatan kinerja grup.

Adapun dari aspek eksternal, Tim Corsec banyak melakukan kegiatan. Di antaranya, meeting dengan investor, goes to campus, dan kegiatan media relations untuk memperkuat reputasi dan citra positif perusahaan. PIS melakukan survei Corporate Reputation melalui konsultan independen untuk melihat posisi dan citra perusahaan di mata stakeholders, shareholders, serta masyarakat umum.

Salah satu karya Tim Corsec PIS yang menonjol tampak dalam mengembangkan program CSR. PIS punya program andalan yang menjadi flagship, yakni BerSEAnergi untuk Laut. PIS memiliki visi untuk melindungi laut dan membantu membangun kehidupan yang berkelanjutan bagi komunitas pesisir.

PIS sangat concern untuk mendukung program-program keberlanjutan pada ekosistem laut. Termasuk mengembangkan whaleshark conservation center, mangrove and coral restoration, serta coastal clean-up. PIS juga menggalakkan program literasi kelautan dengan mengadopsi program The Ocean Literacy dari UNESCO yang disasarkan pada kaum pelajar.

Yang juga tak kalah penting, Tim Corsec PIS mampu menjadi jembatan komunikasi perusahaan untuk menggaungkan program-program dan visi utamanya, seperti program Road to IPO Campaign, program transformasi, dan PIS Go International, serta melalukan berbagai kegiatan pameran dan konferensi internasional. Tim ini pun aktif membangun komunikasi ke publik bisnis melalui media dalam dan luar negeri yang dikoordinasikan dari integrated newsroom yang dikembangkan. (*)

Sudarmadi


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved