Trends

Jurus BRI Mengakselerasi Inklusi Keuangan Melalui Agen BRILink

Tatang Sutardi, Agen BRILink di Depok, Jawa Barat. (Vicky Rachman/SWA).

PT Bank Rakyat (Persero) Tbk atau BRI memacu peran Agen BRILink sebagai garda terdepan untuk meningkatkan inklusi keuangan di berbagai daerah, termasuk di kawasan Depok, Jawa Barat. Para agen BRILink berperan memberikan referral (rekomendasi) kepada masyarakat untuk mengakses layanan keuangan, seperti kredit ultra mikro (UMi) dan mikro. BRI Regional Office Jakarta 2 merancang berbagai program untuk mengembangkan Agen BRILink dalam memberikan referral kredit modal usaha, seperti Kupedes Extra Cepat (KeCe)

Wahyu Juwita, Head of Department Micro Ecosystem BRI Regional Office Jakarta 2, menyampaikan program pengembangan untuk meningkatkan referral oleh Agen BRILink itu diantaranya program yang meningkatkan keterikatan BRI dengan mitra UMi untuk penyaluran KeCE terbanyak di wilayah kerja ini. “Kami ada booster program untuk meningkatkan engagement antara BRI dan mitra UMi untuk penyaluran KeCe terbanyak di BRI Regional Office Jakarta 2 pada bulan Januari hingga Maret 2024,” ujar Juwita kepada SWAonline di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Kemudian, lanjut Juwita, ada pula program nasional yang memberikan insentif untuk Agen BRILink. Program ini berlaku untuk seluruh Agen Brilink yang tercatat sebagai mitra UMi di seluruh Indonesia. “Insentifnya adalah tunjangan kinerja setiap bulan, reward untuk penagihan nasabah sampai dengan program dana pensiun,” tutur Juwita.

​Berbicara peran agen BRILink, Sunarso, Direktur Utama BRI, menyampaikan Agen BRILink juga dapat melakukan referral kredit. “BRI kembangkan menjadi referral kredit, sehingga BRI tidak perlu membuka cabang untuk menyalurkan kredit,” ujar Sunarso pada siaran persnya di Jakarta, 10 April 2024.

Tatang Sutardi, misalnya, memberikan rekomendasi (referral) untuk 4 orang memperoleh kredit dari Kupedes (Kredit Umum Pedesaan) dan Kupedes Extra Cepat (KeCe) dari BRI. “Jumlah referral di Januari hingga Maret 2024 di tempat saya sebanyak 2 kali untuk KeCe dan Kupedes 2 kali. Total ada 4 orang yang diberikan referral dari saya kepada mantri BRI,” ujar Tatang saat berbincang dengan SWAonline di kios Agen BRILink miliknya di Jalan Proklamasi, Depok, Jawa Barat pada Selasa (23/4/2024).

Mayoritas pemohon kredit Kupedes dan KeCe yang direkomendasikan Tatang itu adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mereka ada yang berprofesi sebagai pedagang tahu bulat dan bakso. Pada 2023, Tatang memberikan referral kredit ke BRI sebanyak 5 kali per bulan. “Rata-rata jumlah referral KeCe sebanyak 3 kali dan Kupedes 2 kali dalam sebulan,” ucap Tatang.

Lebih lanjut, Sunarso menyampaikan Agen BRILink itu berperan mendorong inklusi keuangan dan ketersediaan agen ini tersebar di seluruh Indonesia. “Alhamdulillah, BRI memiliki 796 ribu Agen BRIlink di seluruh Indonesia, ada di 75.000 desa. Jadi, jumlahnya lebih banyak daripada jumlah desa," tutur Sunarso.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan inklusi keuangan mencapai 90% pada 2024. Berdasarkan data OJK pada Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) di 2022, indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68% atau naik jika dibandingkan tahun 2019 yang sebesar 38,03%. Pada periode ini, indeks inklusi keuangan sebesar 85,10% atau naik dari 76,19%. Hal tersebut menunjukkan selisih antara tingkat literasi dan inklusi semakin menurun, yakni menjadi 35,42% dari 38,16% di 2019.

Sumber : OJK

Indeks literasi dan inklusi keuangan wilayah perkotaan masing-masing sebesar 50,52% dan 86,73%, lebih tinggi dibandingkan di wilayah perdesaan yakni sebesar 48,43% dan 82,69%. Namun demikian kesenjangan (gap) indeks literasi keuangan semakin mengecil dari 6,88% di 2019 menjadi 2,10%pada 2022. Selisih indeks inklusi keuangan juga semakin mengecil dari 15,11% menjadi 4,04%. Hal ini sejalan dengan strategi pelaksanaan edukasi keuangan yaitu meningkatkan kuantitas pelaksanaan edukasi keuangan di wilayah perdesaan.

Sumber : OJK.

Adapun, Agen BRILink melayani kebutuhan masyarakat lantaran menyediakan beragam layanan jasa keuangan, antara lain pembayaran tagihan listrik dan air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan dan pinjaman, transaksi tarik tunai, serta transfer uang dengan cepat, mudah dan aman. Agen BRILink juga bisa melayani penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucher games, serta melayanai kebutuhan perjalanan dengan layanan pembelian tiket bus, shuttle dan ferry. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved