Trends

Transaksi Agen BRILink di BRI Regional Office Jakarta 2 Mencapai Rp 3 Triliun di 2023

(kanan & kiri) Agus Salim dan isterinya, Suharti , pemilik Agen BRILink di Jalan Nangka, Tapos, Depok, Jawa Barat, pada Rabu, 24 April 2024. (Foto : Vicky Rachman/SWA),

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mencatat nilai transaksi Agen BRILink di 2023 sebesar Rp 1.427 triliun atau melonjak sebesar 10% dari Rp 1.297 triliun pada tahun 2022. Nilai transaksi Agen BRILink di wilayah kerja BRI Regional Office (RO) Jakarta 2 berkontribusi sebesar 0,22% dari nilai total transaksi Agen BRILink se-Indonesia di 2023 itu.

Wahyu Juwita, Head of Department Micro Ecosystem BRI Regional Office (RO) Jakarta 2, menjabarkan jumlah Agen BRILink di RO Jakarta 2 di tahun lalu itu sebanyak 20.265 Agen BRIlink. “Sedangkan, frekuensi transaksi 30,42 juta kali dan nilai transaksi sebesar Rp 3,2 triliun,” ujar Juwita kepada SWAonline pada Selasa (30/4/2024). RO atau Kantor Wilayah Jakarta 2 ini mencakup Jakarta Selatan, Jakarta Timur, serta Depok, Karawang, Bogor, dan Bekasi di Provinsi Jawa Barat.

Tak hanya berkontribusi terhadap nilai transaksi, Agen BRILink di area kerja RO Jakarta 2 juga berperan meningkatkan inklusi keuangan seiring dengan program referral (merekomendasikan) kredit ultra mikro (UMi) dan mikro kepada masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Juwita menyampaikan pihaknya merancang berbagai program untuk mengembangkan Agen BRILink dalam memberikan referral kredit modal usaha, seperti Kupedes Extra Cepat (KeCe).

Beberapa Agen BRILink di Depok, Jawa Barat, membukukan referral di tahun ini. Agus Salim (52 tahun), pemilik Agen BRILink di Jalan Nangka, Sukamaju Baru di Tapos, Depok, Jawa Barat, merekomendasikan (referral) untuk 25 penggiat UMKM untuk memperoleh kredit ultra mikro dan mikro dari BRI di tahun 2023 . Kredit itu berupa Kupedes (Kredit Umum Pedesaan) dan KeCe. “Umumnya, mereka adalah pedagang keliling, ada yang berjualan siomay dan bakso,” ujar Agus saat dijumpai SWAonline di rumahnya sekaligus lokasi Agen BRILink-nya di Tapos, Depok.

Fitur & Layanan Agen BRILink

Sumber : BRI

Untuk tahun ini, Agus belum ada referral terbaru untuk Kupedes dan KeCe. “Tetapi, ada yang referral untuk top up Kupedes sebanyak 3 orang di Maret tahun ini,” ungkap Agus.

Performa dan kontribusi Agen BRILink terus berlanjut pada Januari-Maret 2024. Jumlah transaksi para Agen BRILink di kuartal I/2024 sebanyak 285 juta transaksi dengan volume transaksi mencapai Rp 370 triliun serta menyumbangkan fee based income untuk BRI senilai Rp 395 miliar. Jumlah Agen BRILink per Maret 2024 sebanyak 796.836 unit yang tersebar di 61.122 desa di seluruh pelosok Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved